Wednesday, April 24, 2024
HomeKata Bijak Islami59 Kata Mutiara Islami Tentang Shalat, Pengingat dan Nasehat untuk Lebih Giat...

59 Kata Mutiara Islami Tentang Shalat, Pengingat dan Nasehat untuk Lebih Giat Beribadah

Shalat, sebagai salah satu rukun Islam, memiliki peran penting dalam kehidupan umat Muslim. Selain sebagai kewajiban ibadah, shalat juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, mencari ketenangan hati, dan memperoleh petunjuk hidup yang benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas kumpulan kata Islami tentang shalat, mengulas makna, keutamaan, dan manfaat yang terkandung dalam ibadah yang mulia ini, dengan harapan agar artikel ini dapat menempati peringkat atas pada hasil pencarian dan memberikan inspirasi kepada pembaca.

Shalat bukan sekadar kewajiban ibadah, tetapi juga merupakan sarana untuk memperoleh rahmat dan keberkahan dari Allah. Kata-kata Islami tentang shalat mengajarkan kita untuk memahami makna dan keutamaan shalat sebagai pintu menuju kedekatan dengan Sang Pencipta.

Shalat yang dilakukan dengan kehadiran hati dan khusyu merupakan kunci utama untuk mencapai manfaat spiritual yang sebenarnya. Kata-kata Islami tentang shalat mengingatkan kita akan pentingnya fokus dan konsentrasi dalam setiap gerakan dan bacaan dalam shalat.

Shalat bukan hanya sekedar rutinitas ibadah, tetapi juga panggilan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan ketaqwaan. Kata-kata Islami tentang shalat mengajarkan kita untuk menjadikan shalat sebagai momen introspeksi diri, refleksi, dan peningkatan spiritual.

Shalat juga memiliki manfaat psikologis dan kesehatan yang signifikan bagi individu. Kata-kata Islami tentang shalat memperkuat keyakinan akan manfaat shalat dalam menjaga keseimbangan mental, emosional, dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

Shalat adalah sarana untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Allah. Kata-kata Islami tentang shalat mengajarkan kita untuk menyambut shalat sebagai kesempatan untuk berbicara kepada Allah, memohon ampunan, dan memperoleh petunjuk-Nya dalam menjalani kehidupan.

Penting bagi kita untuk menerapkan kedalaman makna shalat dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata Islami tentang shalat mengajarkan kita untuk menjadikan shalat sebagai pilar utama dalam menjalani kehidupan, serta memperoleh keberkahan, ketenangan, dan kebahagiaan yang hakiki.

Kata bijak islami tentang shalat

kata bijak islami tentang shalat

Dengan memahami makna, keutamaan, dan manfaat shalat yang terkandung dalam kumpulan kata Islami, semoga kita dapat lebih mendalami ibadah shalat dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan, serta meraih kedamaian hati dan keberkahan hidup dari Allah SWT.

  1. Jangan anggap beban

Don’t take salah as a burden. Allah gifted us salah as a relief from burden. – Dr. Bilal Philips

Jangan menganggap shalat sebagai beban. Karena Allah jutru menjadikan shalat bagi kita untuk meringankan beban. – Dr. Bilal Philips

  1. Pembeda

Between disbelief and faith is abandoning the Salat.

Yang membedakan antara orang beriman dengan tidak beriman adalah meninggalkan shalat.

  1. Lebih baik

Prayer is better than sleep.

Shalat lebih baik daripada tidur.

  1. Dahsyatnya sujud

If you knew how powerful the sujood is, you would never lift your head off of the ground.

Seandainya kamu tahu betapa dahsyatnya sujud, kamu pasti tidak akan pernah mengangkat kepalamu dari tanah.

  1. Jangan tinggalkan shalat

Never skip a prayer. There are millions in their graves wishing to come back to life, only to prostrate to Allah just one more time.

Jangan pernah melewatkan shalat. Karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi.

  1. Obat galau

Worries end when Salah begins.

Kegelisahan hilang saat shalat dimulai.

  1. Amalan paling baik

A man asked prophet Muhammad SAW, “What kinds of deeds are best in the sight of God” he replied, “To pray on Time”.

Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Amalan apa yang paling baik di sisi Allah wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ialah shalat tepat pada waktunya.”

  1. Sebagai penolong

Seek help through patience and prayer. – (Q.S Al-Baqarah: 45)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. – (Q.S Al-Baqarah: 45)

  1. Bukti keislaman

There can be no Islam in the person who does not perform salah. – Umar bin Khattab

Baca juga:  32+ Kata Mutiara Islami Tentang Hujan, Berkah Allah dari Langit

Tidak ada islam bagi orang yang tidak melaksanakan shalat. – Umar bin Khattab

  1. Mengutamakan shalat

If your job is the reason you miss Salah, there will be no blessing in your income and that job is not worth having. Salah comes first.

Jika pekerjaan adalah alasan kenapa kamu melewatkan shalat, maka tidak akan ada keberkahan dari penghasilan yang kamu peroleh dan pekerjaan itu tidak layak bagimu. Karena shalat tetap harus diutamakan.

  1. Renungkanlah

If your legs can’t take you to prayer, then how do you expect them to carry you to Jannah?. – Dr. Bilal Philips

Jika kaki yang kamu miliki saja tidak bisa membawamu mendatangi shalat, lalu bagaimana kamu mengharapkan kakimu itu akan membawamu ke surga?. – Dr. Bilal Philips

Kata mutiara islami tentang shalat

  1. Sungguh aneh

Strange how sensitive our ears are to the beep of our phones, yet deaf to the call of Salāh. – Dr. Bilal Philips

Sungguh aneh, telinga kita begitu sensitif saat mendengar bunyi nada dering hp, tapi seolah tuli saat mendengar panggilan untuk shalat. – Dr. Bilal Philips

  1. Kamu itu apa?

Praying five times a day does not make you pious, it makes you a Muslim. If you don’t pray then ask yourself, what are you?

Menegakkan shalat lima kali sehari tidak serta merta menjadikanmu orang yang saleh, itu baru menjadikanmu seorang Muslim. Jika kamu tidak mengerjakan shalat maka coba tanyakan pada dirimu sendiri, kamu itu apa?

  1. Shalat adalah obat

Prayer is the cure for a lost soul, confused mind, and broken heart.

Shalat adalah obat bagi jiwa yang hampa, pikiran yang bimbang, dan hati yang terluka.

  1. Kita yang butuh Allah

Prayer isn’t for Allah, its for you. He doesn’t need us but we need Him.

Shalat bukanlah untuk Allah, tapi untuk dirimu sendiri. Allah tidak membutuhkan kita, tapi kitalah yang membutuhkan Allah.

  1. Shalat itu..

Salah is NOT a Part Time, a Sometime, a No Time. It should be a Full Time, an On Time. And if you could do. Do Overtime, because Death is Anytime.

Shalat itu bukanlah ‘part time’, ‘sometime’, apalagi ‘no time’. Shalat itu seharusnya ‘full time’ yang dikerjakan ‘on time’. Dan kalau perlu kerjakanlah shalat ‘overtime’, karena datangnya kematian itu ‘anytime’.

  1. Yang pertama kali dihisab

On the day of judgement, the first thing for which a person will be judged will be his prayer. If he performed it properly, he will be successful. But if he did not do so, he will be destroyed. – Hadits

Amalan yang akan dihisab pertama kali pada hari kiamat nanti adalah shalat. Apabila shalatnya baik, maka dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, maka dia akan menyesal dan merugi.

  1. Mengabaikan shalat

Expecting Jannah, whilst neglecting Salah, is like waiting for a train to arrive at the airport.

Mengharapkan surga tapi mengabaikan shalat, itu ibarat menunggu kereta api tiba di bandara.

  1. Jagalah shalat

Hold on to your salah. because if you lose that, you will lose everything else. – Umar bin Khattab

Jagalah shalatmu. Karena ketika kamu kehilangannya, kamu akan kehilangan yang lainnya. – Umar bin Khattab

  1. Terbangun di kubur

Imagine sleeping without praying Isha, and then waking up in your grave. – Dr. Bilal Philips

Bayangkan apabila kamu tertidur tanpa mengerjakan shalat isya’, dan kemudian terbangun di kuburmu. – Dr. Bilal Philips

  1. Hati yang mati

One way to test your heart on whether it’s dead or alive is by response to the call of Salah and how quick you respond.

Baca juga:  Kumpulan Ayat-Ayat Alquran Tentang Shalat dan Zakat

Salah satu cara untuk menguji apakah hatimu mati ataukah hidup adalah dengan cara menanggapi panggilan shalat dan seberapa cepat kamu meresponsnya.

Kata mutiara islami tentang shalat

  1. Mengetuk pintu Allah

As long as your performing prayer, you are knocking at the door of Allah, and whoever is knocking at the door of Allah, Allah will open it for him. – Ibnu Qayyim

Mengerjakan shalat itu ibarat kamu mengetuk pintu Allah, dan siapapun yang mengetuk pintu Allah, maka Allah akan membukakan pintu itu untuknya. – Ibnu Qayyim

  1. Perlindungan Allah

It is by performing Salah that a person secures Allah’s protection on earth. – Abu Bakar As-Shiddiq

Dengan melaksanakan shalat seseorang akan mendapatkan perlindungan Allah di Bumi. – Abu Bakar As-Shiddiq

  1. Jangan terburu-buru

Don’t rush your salah for anything, because you’re standing in front of the One who is in charge of whatever you’re rushing for. – Dr. Bilal Philips

Jangan terburu-buru dalam mengerjakan shalat demi urusan lain, karena kamu sedang menghadap Allah yang berkuasa atas urusan apapun itu yang membuat kamu terburu-buru. – Dr. Bilal Philips

  1. Jadikan shalat prioritas

Salah is the first thing you will be questioned about, so do not make it the last thing on your mind. – Dr. Bilal Philips

Shalat adalah perkara pertama yang akan dimintai pertanggung jawaban kelak, maka jangan jadikan shalat sebagai hal terakhir yang kamu pikirkan. – Dr. Bilal Philips

  1. Penyebab jauh dari Allah

Sins take you away from Allah, Salah takes you back to Allah.

Dosa akan menjauhkanmu dari Allah, sementara shalat akan membawamu kembali kepada Allah.

  1. Sebuah pertukaran

Pray is an amazing exchange. You handover your worries to Allah and Allah handsover his blessings to you.

Shalat adalah sebuah pertukaran yang menakjubkan. Kamu menyerahkan segala kegelisahan kepada Allah, dan Allah menyerahkan berkah-Nya kepadamu.

  1. Shalat dan membaca al-Qur’an

If you want to talk to Allah, perform Salah. If you want Allah to talk to you, read the Quran.

Jika kamu ingin berkomunikasi dengan Allah, kerjakanlah shalat. Jika kamu ingin Allah berkomunikasi kepadamu, bacalah alquran.

(Baca juga: Kumpulan Ayat Alquran Tentang Shalat)

Kata kata islami tentang shalat

kata kata islami tentang shalat
  1. Menghapus atau dihapus?

Kalau hidupmu tidak jadikan shalat sebagai penghapus dosa, maka dosa akan menghapus shalat dalam hidupmu.

  1. Kisah tragis

Dia jarang pergi shalat ke Masjid, suatu hari dia pergi shalat ke Masjid, shafnya paling depan, lebih depan daripada imam, karena dia ke Masjid bukan untuk shalat, tapi sebagai jenazah yang dishalatkan.

  1. Setan bahagia

Jangan biarkan setan tertawa karena kita; subuh kesiangan, dhuhur kerepotan, ashar di perjalanan, maghrib kecapean, isya ketiduran.

  1. Penilaian

Ingin menilai seseorang? Lihatlah shalatnya dan apa yang keluar dari lisannya.

  1. Jadikan shalat berharga

Apa yang berharga dari agamamu jika shalatmu saja tidak berharga bagimu? Padahal yang akan ditanyakan pertama kali padamu di hari kiamat nanti adalah tentang shalat. – Hasan Al-Bashri

  1. Didoakan malaikat

Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para malaikat akan mendoakannya, “Ya Allah.. ampunilah ia, Ya Allah.. sayangilah ia.” – (HR. Muslim)

  1. Shalat = sukses

Ketika shalat menjadi kebiasaan, maka sukses akan menjadi kepastian, dengan izin Allah.

  1. Celaka

Celaka itu ketika meninggalkan shalat sudah menjadi kebiasaan.

  1. Kau anggap apa?

Bila engkau anggap shalat itu hanya sebagai penggugur kewajiban, maka kau akan terburu-buru mengerjakannya. Bila engkau anggap shalat hanya sebagai sebuah kewajiban, maka kau tak akan menikmati hadirnya Allah saat kau mengerjakannya. Anggaplah shalat itu pertemuan yang kau nanti dengan Tuhanmu.

  1. On time
Baca juga:  28+ Kata Mutiara Islami Tentang Sujud, Posisi Terdekat dengan Sang Pencipta

Sesibuk apapun anda hari ini, shalatnya harus tepat waktu. Ingat, adzan itu panggilan Allah, bersegeralah menghadap-Nya.

  1. Menggapai kemenangan

Mengapa lelah? sementara Allah selalu menyemangati dengan Hayya ‘alas shalah (marilah shalat), Hayya ‘alal falah (marilah menuju kemenangan). Bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah.

  1. Shalat tepat waktu

Semua orang ingin doa dan keinginannya dijawab tepat waktu, tetapi berapa banyak dari kita yang benar-benar shalat tepat waktu?

  1. Terlambat

Banyak dari kita takut terlambat kerja, tapi tidak takut terlambat shalat.

  1. Ingat mati

Kerja dibelain lembur, shalat dibiarin mundur, apa gak ingat bakal dikubur?

  1. Harta paling berharga

Harta yang paling berharga bagi seorang muslim adalah kesempatan melaksanakan shalat.

  1. Kemunafikan

Kemunafikan dalam shalat adalah malas ketika bangkit untuk mengerjakannya, riya’ agar dilihat oleh orang ketika mengerjakannya, menunda-nundanya, terlalu cepat gerakannya, sedikit menyebut atau mengingat Allah di dalamnya, dan tidak mengerjakannya secara berjamaah. – Ibnu Qayyim

  1. Kesuksesan

Sukses itu ketika bisa shalat tepat waktu di saat kita disibukkan dengan urusan duniawi.

  1. Bukan beban

Jangan pernah merasa shalat itu beban, karena hakikatnya shalatlah yang meringankan beban.

  1. Dua hal

Ada dua hal yang jika keduanya baik pada diri seorang hamba, akan baik pula selainnya. Dua hal tersebut adalah shalatnya dan lisannya. – Yunus bin Ubaid

Kata mutiara islami tentang shalat

  1. Menjadi baik

Jagalah shalat walaupun kita bukan orang baik. Kelak, shalat itulah yang akan membuat kita menjadi baik.

  1. Penghapus dosa

“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dengan air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “tidak akan tersisa sedikitpun kotorannya” beliau berkata, “maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa”. – (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Menjaga shalat

Siapa yang menjaga shalat maka ia akan mendapatkan cahaya, petunjuk, keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya maka ia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan kelak. Nantinya di hari kiamat, ia akan dikumpulkan bersama qarun, haman, ubay bin khalaf. – (HR. Ahmad)

  1. Lihat shalatmu

Jika kamu merasa hidupmu tidak baik, maka ketahuilah sesungguhnya shalatmu tidak baik.

  1. Indah

Yang indah itu shalat, dan yang dekat itu mati. – Imam Ghazali

  1. Harusnya malu

Malu itu kalau kerja giat, tapi shalat telat, minta hajat maunya kilat.

  1. Menunda-nunda

Jika kita suka menunda-nunda shalat, berarti kita menunda keperluan kita sendiri. Karena Allah juga akan menunda rezeki kita, menunda terkabulnya doa-doa kita, menunda datangnya jodoh kita. Tapi Dia tidak akan menunda datangnya kematian.

  1. Ketenangan hati

Shalatlah agar hatimu tenang. Istighfarlah agar kecewamu hilang. Dan berdoalah agar bahagiamu segera datang.

  1. Pertolongan terbesar

Shalat merupakan pertolongan terbesar untuk mendapatkan maslahat dunia dan akhirat serta menyingkirkan keburukan dunia dan akhirat. – (Ibnu Qayyim, Zaadul Ma’ad: 4/209)

  1. Jangan pernah

Sesibuk apapun, jangan tinggalkan shalat. Shalat itu penting, bukan yang penting shalat.

  1. Dua hal

خصلتان إذا صلحتا من العبد صلح ما سواهما: صلاته ولسانه

Dua hal dari seorang hamba yang apabila keduanya baik, baik pula hal-hal lainnya, shalatnya dan lisannya. (Yunus bin Ubaid: Siyar A’lamin Nubala, 6/293)

  1. Jangan anggap remeh

إذا هانت عليك صلاتك فما الذي يعز عليك

Jika shalatmu saja sudah kau anggap urusan sepele, lalu apa sebenarnya yang kau anggap penting?

(Baca juga: Kata mutiara islam tentang sujud kepada Sang Pencipta)

Itulah beberapa kata mutiara islam tentang shalat yang banyak memuat nasehat bijak dan motivasi untuk semakin giat dalam menjalankan ibadah shalat. Semoga Allah senantiasa membimbing kita semua untuk tetap istiqamah menjalankan perintah-Nya. Amin.

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular