Kata Bijak IslamiKata Motivasi IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

13+ Kata Mutiara Islami Tentang Akhirat, Tujuan yang Sesungguhnya

Kumpulan kata mutiara islami tentang akhirat ini mengajak kita untuk jangan melupakan kehidupan akhirat dan memotivasi kita untuk menyiapkan bekal sebaik-baiknya selama kita hidup di dunia.

Menjalani kehidupan di dunia jangan sampai membuat kita terlena hingga lupa dengan urusan akhirat. Karena dunia bukanlah tujuan, akan tetapi akhiratlah tujuan akhir kita yang sesungguhnya. Di sanalah kelak masing-masing kita harus mempertanggung jawabkan seluruh amal perbuatan baik buruk selama di dunia.

Yakin terhadap kehidupan akhirat merupakan salah satu pilar keimanan yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Keyakinan ini akan mendorong seorang mukmin untuk senantiasa menjalani aktifitas kesehariannya dengan penuh kehati-hatian agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan bermaksiat kepada Allah. Karena ia sadar di kehidupan akhirat kelak semua dimintai pertanggungjawaban.

Menyimak nasihat demi nasihat pada kata mutiara islami tentang akhirat ini akan melembutkan hati dan mendorong kita untuk menjalani kehidupan ini dengan penuh ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Keimanan terhadap akhirat juga akan membuat seorang muslim menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi berbagai ujian hidup. Segala kesusahan dan kepahitan hidup tidak akan membuatnya goyah dan berpaling dari ketaatan kepada-Nya. Karena ia sadar bahwa semua cobaan yang menimpanya hanya bersifat sementara.

Allah subhanahu wa ta’ala beberapa kali menyebutkan dalam alquran bahwa kehidupan akhirat jauh lebih baik dan kekal. Seolah-olah Allah ingin menyampaikan kepada kita untuk tidak salah dalam mengejar tujuan. Oleh karena itu, seluruh aktifitas kita selama di dunia hendaknya orientasinya ditujukan untuk akhirat.

Kata Mutiara Islami Tentang Akhirat

kata bijak islami tentang akhirat

Bekal apa yang sudah kita siapkan sejauh ini untuk menuju alam akhirat? beberapa kata mutiara islami tentang akhirat ini mengajak kita untuk menjadikan akhirat sebagai orientasi utama dalam seluruh aspek kehidupan kita sehari-hari. Disarikan dari ayat-ayat alquran, hadis dan juga perkataan para ulama.

Baca juga:  100+ Koleksi Kata Kata Mutiara Islam Terbaik dan Inspiratif (Part 1)

Kenikmatan dunia hanya sedikit

أَرَضِيتُمْ بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا مِنَ الْآخِرَةِ ۚ فَمَا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فِي الْآخِرَةِ إِلَّا قَلِيلٌ

“Are you satisfied with the life of this world rather than the Hereafter? But what is the enjoyment of worldly life compared to the Hereafter except a [very] little.” – [QS. At-Taubah: 38]

“Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan di dunia daripada kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalah sedikit.” – [QS. At-Taubah: 38]

Akhirat lebih baik

بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا (١٦) وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ (١٧)

“But you prefer the worldly life, (16) While the Hereafter is better and more enduring. (17)” – [QS. Al-A’la: 16-17]

“Sedangkan kamu memilih kehidupan dunia, (16) Padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. (17)” – [QS. Al-A’la: 16-17]

Pahitnya dunia

“Sometimes Allah gives you bitterness in this life so that you can further enjoy the sweetness of the hereafter.” – (Omar Suleiman)

“Terkadang Allah memberimu kepahitan dalam hidup ini agar kamu bisa lebih menikmati manisnya akhirat.” – (Omar Sulaiman)

Tujuan sesungguhnya

The hereafter is our destination. The world is the journey. So get ready before your arrival.

Akhirat adalah tujuan kita. Dunia adalah perjalanan. Jadi bersiaplah sebelum kedatanganmu.

Ambisi terhadap dunia

Yahya bin Muadz rahimahullah berkata,

يا ابن آدم، طلبت الدنيا طلب من لا بد له منها، وطلبت الآخرة طلب من لا حاجة له إليها، والدنيا قد كفيتها وإن لم تطلبها، والآخرة بالطلب منك تنالها فاعقل شأنك

“Wahai manusia, engkau mencari dunia dalam keadaan engkau bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Dan engkau mencari akhirat dalam keadaan seperti orang yang tidak membutuhkannya (malas-malasan). Padahal dunia sudah mencukupimu walaupun engkau tidak mencarinya. Sedangkan akhirat hanya didapatkan dengan usaha yang sungguh-sungguh dalam mencarinya. Maka pahamilah keadaanmu.” (Ad-Dunya Zhillun Zail, hal.31)

Baca juga:  23+ Kata Mutiara Islami Tentang Senyum, Ibadah Murah dan Mudah

Dunia dan akhirat

Remember, Dunya is like a drop of water. Akhirah is like an ocean.

Ingatlah, Dunia hanyalah seperti setetes air. Sedang akhirat bagaikan lautan.

Terlalu cinta dunia

“When love of this world enters the heart, the fear of the hereafter exits form it.” – (Hasan Al-Bashri)

“Ketika cinta dunia telah merasuk ke dalam hati, ketakutan akan akhirat keluar darinya.” – (Hasan Al-Bashri)

Bagai timbangan

“The life of this world and the hereafter, in the heart of a person are like the two scales of a balance, when one becomes heavier, the other becomes lighter.” – (Abdullah bin Amr bin Ash)

“Dunia dan akhirat, di dalam hati seseorang ibarat dua piring timbangan, ketika yang satu lebih berat, yang lain menjadi lebih ringan.” – (Abdullah bin Amr bin Ash)

Pilih mana?

“When you seek the dunya, you lose tha akhira. When you seek the hereafter, you gain both the dunya anda the hereafter. Which is the wiser transaction?.” – (Dr. Bilal Phillips)

“Ketika engkau mencari dunia, engkau akan kehilangan akhirat. Ketika engkau mencari akhirat, engkau akan mendapatkan keduanya dunia dan akhirat. Mana transaksi yang lebih bijaksana?.” – (Dr. Bilal Phillips)

Mengaku pintar

“Whoever claims to be smart, but does not concentrate on the Hereafter, is lying.” – (Wahb ibn Munabbih)

“Barangsiapa yang mengaku pintar, tetapi tidak fokus pada tujuan akhirat, maka ia berbohong.” – (Wahb bin Munabbih)

Mengejar akhirat

“When you run after the hereafter, the dunya will pursue you because you are pursuing Allah.” – (Nouman Ali Khan)

“Ketika kamu mengejar akhirat, dunia akan mengejarmu karena kamu mengejar Allah.” – (Nouman Ali Khan)

Baca juga:  53+ Kata Mutiara Islami Tentang Kematian yang Menggugah Kesadaran

Benar-benar ingin

When you really want the hereafter more than the dunya, you will forgive those who wronged you, and those who made you angry.

Ketika kamu benar-benar menginginkan akhirat lebih dari dunia, kamu akan memaafkan orang-orang yang yang berbuat aniaya terhadapmu, dan orang-orang yang membuatmu marah.

Untuk apa diciptakan?

The Dunya was made for you, but you were made for the Hereafter.

Dunia memang diciptakan untukmu, tapi kamu diciptakan untuk akhirat.

Itulah beberapa kata mutiara islami tentang akhirat yang semoga bermanfaat dan semakin meningkatkan iman takwa kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan memahami hakikat akhirat, semoga mendorong kita untuk senantiasa mengisi keseharian kita dengan hal-hal yang bermanfaat dan diridhai oleh-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button