Kata Bijak IslamiKata Motivasi IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

15+ Kata Mutiara Islami Tentang Janji, Antara Keimanan dan Kemunafikan

Kumpulan kata mutiara islami tentang janji ini bagus sekali untuk disimak agar kita mendapat pemahaman yang baik terkait bagaimana islam memandang janji.

Janji adalah sesuatu yang harus ditepati. Ibarat utang, janji juga harus ditunaikan kepada pihak yang dijanjikan. Islam bahkan memandang janji sebagai salah satu tolak ukur keimanan seseorang (QS. Al-Mu’minun: 8). Banyak sekali perintah, baik dari ayat alquran maupun hadis, yang mendorong kita untuk menepati janji.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam secara tegas menyebutkan bahwa salah satu karakter orang munafik ialah kebiasaannya mengumbar janji kemudian mengingkari. Berbeda dengan seorang mukmin yang memandang janji sebagai masalah besar yang berpengaruh pada kebaikan atau keburukan seseorang, baik di dunia maupun di akhirat.

Menyimak kumpulan kata mutiara islami tentang janji ini membuat kita sadar bahwa janji bukanlah persoalan remeh yang bisa dipermainkan begitu saja.

Pada masa sekarang, kita melihat betapa mudahnya janji diucapkan dengan beragam motifnya. Janji seorang politisi kepada rakyat, janji antar rekan bisnis, hingga janji orangtua kepada anaknya. Ada yang bertekad kuat dan berusaha mewujudkan janjinya. Namun, tak sedikit yang ingkar dan menganggap remeh apa yang dijanjikannya itu.

Banyak manfaat berharga bagi seseorang yang selalu menepati janji, baik di kehidupan dunia maupun di akhirat. Di dunia, hubungan sosial dengan sesama manusia menjadi lebih baik dan akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap dirinya. Sedang di akhirat, Allah subhanahu wa ta’ala akan memasukkannya ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa.

Pesan-pesan nasihat yang termuat dalam kata kata mutiara islami tentang janji ini mengajak kita untuk menjadi pribadi yang teguh memegang janji.

Oleh karena itu, hendaknya kita berhati-hati dalam menjanjikan sesuatu. Jika memang sesuatu itu berat untuk kita wujudkan dan di luar kapasitas kita, selayaknya kita tidak menjanjikannya kepada orang lain. Karena sungguh setiap janji, sekecil apapun itu, kelak akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Baca juga:  61+ Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dari Hadis Nabi (Bag. 2)

Kata Mutiara Islami Tentang Janji

kata bijak islami tentang janji

Tanda kebaikan seseorang di antaranya adalah keteguhannya dalam memegang janji. Berikut ini kami sajikan beberapa kata mutiara islami tentang janji yang memuat banyak nasihat bijak. Di

Janji Allah pasti

At the end, you will come to realize that it is only Allah who kept His promise.

Pada akhirnya, kamu akan menyadari bahwa hanya Allah yang menepati janji-Nya.

Ciri orang munafik

آية المنافق ثلاث‏:‏ إذا حدث كذب، وإذا وعد أخلف، وإذا أؤتمن خان

“There are three signs of a hypocrite: When he speaks, he lies; when he makes a promise, he breaks it; and when he is trusted, he betrays his trust.” – (HR. Bukhari Muslim)

“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga: jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat.” – (HR. Bukhari dan Muslim)

Pertanggungjawaban janjj

وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ ۖ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُولًا

“And be true to every promise for, verily you will be called to account for every promise which you have made.” – [QS. Al-Isra: 34]

“dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya.” – [QS. Al-Isra: 34]

Utang

الْعِدَةُ دَيْنٌ

Promise is also a kind of debt (which is to be fulfilled).

Janji adalah utang.

Janji harus ditepati

لا تقطع وعدا لا تستطيع الوفاء به

Do not make a promise, unless you can keep it.

Jangan membuat janji, kecuali jika kamu mampu menepatinya.

Jangan!

لا تتخذ قرارات وأنت في قمة الغضب، ولا تعطي وعودا وأنت في قمة السعادة

Don’t make decisions when you’re angry, don’t make promises when you’re happy.

Jangan ambil keputusan saat marah, dan jangan mengumbar janji saat bergembira.

Baca juga:  83+ Kata Mutiara Islami Ali bin Abi Thalib, Sang Gerbangnya Ilmu

Ciri munafik

Mengobral janji adalah mudah, menepati janji adalah amanah. Janganlah mudah berjanji. Dan ingatlah, ingkar janji adalah ciri orang munafik. – Abdullah Gymmastiar

Tak sempurna

لاَ إِيمَانَ لِمَنْ لاَ أَمَانَةَ لَهُ، وَلاَ دِينَ لِمَنْ لاَ عَهْدَ لَهُ

“He who is not trustworthy has no faith, and he who does not keep his covenant has no religion.” – (HR. Ahmad)

“Tidak sempurna iman seseorang yang tidak amanah, dan tidak sempurna agama orang yang tidak menepati janji.” – (HR. Ahmad)

Utang

Janji adalah utang. Lebih baik berusaha untuk tidak berjanji daripada berusaha mencari-cari alasan atas janji yang tidak dipenuhi.

Ada yang salah

Janji Allah tak pernah mengecewakan. Dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu.

Termasuk bentuk kemunafikan

Imam Al-Auza’i rahimahullah berkata,

الوعد بقول “إن شاء الله” مع اضمار عدم الفعل نفاق

“Termasuk kemunafikan, seseorang berjanji dengan mengucapkan insyaallah padahal di balik ucapan itu dia sendiri tidak mau memenuhinya.” – (Jami’ul Ulum wal Hikam, 2/482)

Mati kehausan

Al-Mutsanna bin Haritsah rahimahullah berkata,

لأن أموتَ عطشاً أحبُّ إليَّ مِن أن أخلف موعداً

“Sungguh aku lebih menyukai mati karena kehausan daripada aku menyelisihi janji.” (Bahjatul Majalis, 2/494)

Pasti

Hidup terkadang tak seindah yang diinginkan, tetapi janji Allah adalah pasti.

Janji setia pernikahan

Dan bila syahadat adalah janji setia pada Allah Tuhan Semesta, maka pernikahan adalah janji setia pada istri sang buah mata.

Pendusta

قيل لأحمد بن حنبل: كَيْفَ تَعْرِفُ الْكَذَّابِينَ قَالَ: “بِمَوَاعِيدِهِمْ”.

Imam Ahmad pernah ditanya, “Bagaimana cara engkau mengetahui para pendusta?” Imam Ahmad menjawab, “Dengan melihat janji-janji mereka.” – (Adabul Imla wal Istimla, hal. 40)

Baca juga:  47+ Kata Mutiara Islami Tentang Hijab dan Menutup Aurat Bagi Wanita Muslimah

Beberapa kata mutiara islami tentang janji di atas semoga bisa menjadi pengingat bagi kita untuk tidak menganggap remeh persoalan janji. Karena janji adalah salah satu indikator yang menjadi pembeda antara orang beriman dan orang munafik. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala jauhkan kita dari segala bentuk kemunafikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button