Tuesday, February 27, 2024
HomeKata Bijak Islami35 Kata Mutiara Islami untuk Suami Istri Penuh Cinta

35 Kata Mutiara Islami untuk Suami Istri Penuh Cinta

Hubungan suami istri merupakan landasan utama dalam membentuk keluarga yang bahagia dan harmonis. Dalam Islam, terdapat banyak petuah dan kata-kata bijak yang dapat menjadi pedoman bagi pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Dalam artikel ini, kami akan mengulas kumpulan kata Islami untuk mempererat hubungan suami istri.

Salah satu kunci utama dalam membangun hubungan suami istri yang bahagia adalah dengan menjaga kekompakan dan keharmonisan. Kata-kata Islami dapat menjadi sumber inspirasi dalam menguatkan ikatan kasih sayang dan saling pengertian antara suami dan istri.

Komunikasi yang baik menjadi pondasi penting dalam hubungan suami istri. Kata-kata Islami seringkali mengingatkan betapa pentingnya berbicara dengan lembut, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan saling memahami dalam setiap perbincangan.

Ibadah bersama sebagai pasangan suami istri dapat mempererat hubungan spiritual dan emosional. Kata-kata Islami mengajarkan betapa pentingnya menjalankan ibadah bersama, seperti shalat, dzikir, dan membaca Al-Qur’an, sebagai bentuk memperkuat hubungan dengan Allah dan satu sama lain.

Kasih sayang dan pengorbanan merupakan pilar utama dalam hubungan suami istri yang harmonis. Kata-kata Islami seringkali menekankan pentingnya saling mencintai, menghormati, dan mengorbankan diri untuk kebaikan pasangan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hubungan pasti menghadapi konflik. Namun, yang membedakan adalah bagaimana cara pasangan suami istri mengatasinya. Kata-kata Islami mengajarkan kesabaran, toleransi, dan sikap bijak dalam menyelesaikan konflik dengan pasangan.

Kata Bijak Islami untuk Suami Istri

kata bijak islami untuk suami istri

Yang terpenting dari semua hal adalah menjadi pasangan yang senantiasa berbakti kepada Allah. Kata-kata Islami mengingatkan bahwa kebahagiaan sejati dalam hubungan suami istri hanya akan diraih dengan menjalani kehidupan berumah tangga sesuai dengan ajaran agama dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Dengan menjadikan kumpulan kata Islami sebagai pedoman dalam membina hubungan suami istri, diharapkan pasangan dapat menjalani kehidupan berumah tangga yang penuh keberkahan dan kebahagiaan.

  1. Ridha suami

Whoever among women dies while her husband is pleased with her, then she will enter Paradise. – Hadits

Wanita mana saja yang meninggal dunia, sementara suaminya merasa ridho terhadapnya, maka ia akan masuk surga. – Hadis

  1. Kembali denganmu

Our love the best love, because you make my imaan rise, you help me in the dunya, and for that reason i want to meet you again in jannah.

Cinta kita adalah cinta yang terbaik, karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga.

  1. Saya terima

When a man says I accept at a marriage ceremony he is saying I accept the responsibility of providing for my wife, loving her and Protecting her.

Saat seorang pria mengatakan “saya terima” dalam sebuah akad pernikahan, maka itu berarti ia mengatakan “bahwa saya menerima tanggung jawab untuk melayani, mencintai dan melindunginya”.

  1. Bahu sang suami
Baca juga:  23+ Kata Bijak Imam Syafi’i, Sang Pembela Sunnah

No matter how expensive the pillow is, it could never be as comfortable as my husband’s shoulder.

Semahal apapun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami utk bersandar.

  1. Saling menyempurnakan

A man dreams of a perfect wife. A woman dreams of a perfect husband. But they don’t realize that Allah created them to complete one another.

Seorang pria mendambakan sosok isteri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yg sempurna. Namun keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan.

  1. Tatapan kasih sayang

When a husband and wife look at each other with love, Allah looks at both with Mercy. – Hadits

Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang. – Hadis

  1. Sempurna di mataku

My husband may not be perfect, but he is perfect for me.

Suamiku mungkin tidak sempurna, tapi dia sangat sempurna di mataku.

  1. Suami yang baik

A good husband wipes her tears, but a great husband listens to the story of why shes crying.

Seorang suami yang baik akan menyeka air mata istrinya, tapi suami yang hebat akan mendengarkan dengan baik cerita istrinya yang membuatnya menangis.

  1. Surga untukmu

A Husband said to his wife: ‘If Jannah was a flower, I would pick it for you. If Jannah was a bird, I would catch it for you. If Jannah was a house, I’d build it for you. But since Jannah is a place no eye has ever seen, I’ll make dua to Allah to reserve it for you’.

Seorang suami berkata kepada istrinya, “Jika surga itu setangkai bunga, aku akan memetiknya untukmu. Jika surga itu seekor burung, aku akan menangkapnya untukmu. Jika surga itu sebuah rumah, aku akan membangunnya untukmu. Tapi karena surga adalah tempat yang belum pernah dilihat oleh siapapun, maka aku akan berdoa kepada Allah supaya menyiapkan surga itu untukmu”.

  1. Sebaik-baik kalian

The best of you are they who behave best to their wives. – Hadits

Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya. – Hadis

Kata mutiara islami suami istri

  1. Pernikahan yang sukses

The successful marriage is not when you can live in peace with your wife, but when you can’t live in peace without her.

Pernikahan yang sukses bukanlah saat kamu bisa menjalani hidup dengan damai bersama istrimu, melainkan saat kamu tidak dapat menjalani hidup dengan damai tanpanya.

  1. Itu sunnah

Laugh, play and joke with your wife. Its Sunnah.

Tertawa, bermain dan bercandalah dengan istrimu. Karena itu adalah Sunnah.

  1. Pendidikan agama di keluarga
Baca juga:  100+ Kata Nasehat Islami untuk Suami Istri

It is the duty of the Muslim husband to be religiously educated and to see that his wife also receive a religious education. – Dr. Bilal Philips

Bagi muslim, adalah kewajiban suami untuk berpendidikan agama yang baik dan memastikan bahwa istrinya juga menerima pendidikan agama dengan baik. – Dr. Bilal Philips

  1. Berdoa bersama

When married couple pray together, they share an intimacy that cannot be created by any other means. That feeling is amazing.

Saat pasangan suami istri berdoa bersama-sama, mereka sesungguhnya sedang berbagi keintiman yang tidak dapat diciptakan dengan cara apapun. Itu adalah perasaan yang luar biasa.

  1. Jangan pernah

Don’t talk bad about your husband. To anyone. Ever

Jangan pernah menceritakan hal buruk tentang suamimu kepada siapapun.

  1. Jalan terindah

One of the beautiful ways we worship Allah is through Marriage. – Dr. Bilal Philips

Salah satu jalan terindah untuk beribadah kepada Allah adalah melalui pernikahan. – Dr. Bilal Philips

  1. Ibarat bunga

Women are like flowers. They should be treated gently, kindly, and with affection. – Ali bin Abi Thalib

Wanita itu ibarat bunga, mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan penuh kasih sayang. – Ali bin Abi Thalib

  1. Sebaik-baik perhiasan dunia

The world is full of treasures, and among them the best treasure is a righteous wife. – Hadits

Sesungguhnya dunia itu penuh dengan perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang shalihah. – Hadis

  1. Seperti dua sayap

A husband and wife must function like two wings on the same bird. They work together or the marriage never gets off the ground.

Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerjasama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan.

  1. Istri shalihah

A pious wife treats her husband like a king, loves him like a prince, but she keeps reminding him that he’s a slave of Allah.

Seorang istri yang shalihah akan memperlakukan suaminya layaknya seorang raja, mencintainya seperti seorang pangeran, namun ia juga tidak lupa untuk terus mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah hamba Allah.

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang cinta dan pernikahan)

Kata kata islami suami istri

kata kata islami untuk suami istri
  1. Pesan untuk suami

Suamiku, bertakwalah kepada Allah. Janganlah engkau memberi makan kami kecuali yang halal. Sungguh, kami bisa bersabar atas makanan yang sedikit, tetapi kami tidak bisa bersabar atas panasnya api neraka di akhirat.

  1. Kenyamanan

Semahal apapun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami untuk bersandar.

  1. Tanggung jawab dunia akhirat

Seorang laki-laki tak hanya bertanggung jawab untuk menghidupi keluarganya di dunia. Sebagai suami, seorang laki-laki harus bisa mempertanggung jawabkan masa depan keluarganya di akhirat nanti.

  1. Doa untuk suami
Baca juga:  31+ Kata Mutiara Islami Tentang Tolong Menolong

Suamiku.. semoga seluruh peluh dan tetesan keringat yang kau keluarkan dalam perjuanganmu mencari nafkah untuk keluarga, senantiasa berkah dan dibalas dengan surga. Amiin.

  1. Istri shalihah

Seorang istri yang shalihah akan memperlakukan suaminya layaknya seorang raja, mencintainya seperti seorang pangeran. Namun ia juga tidak lupa untuk terus mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah hamba Allah.

  1. Istri yang beruntung

Istri yang paling beruntung adalah dia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong dan berhati tulus. Jika dia pergi, istri merindukan. Jika dia ada, istri ingin terus berdekatan. – (Dr. Abdul Malik Al-Qasim)

  1. Hanya untuk suami

Istri shalihah adalah dia yang tak pernah menunjukkan kecantikan dan keindahan tubuhnya selain di depan suaminya sendiri.

  1. Suami paling beruntung

Suami yang paling beruntung adalah dia yang memiliki istri yang baik, menyenangkan dan perhatian, iman memenuhi hatinya, kelembutan menghiasi tutur katanya, dan berbuat kebaikan menjadi motto hidupnya. Apabila suami datang dia segera menyambutnya. Dan apabila suami bepergian, dia senantiasa menjaga rumah tangganya. – (Dr. Abdul Malik Al-Qasim)

  1. Suami istri yang shalih shalihah

Istri shalihah adalah istri yang taat kepada suaminya dan melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Suami shalih adalah suami yang dapat membimbing istrinya ke jalan yang diridhai Allah dan Rasul-Nya.

  1. Menghargai istri

Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu. Sebab, istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu.

  1. Jantung rumah tangga

Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia maka seisi rumah akan tampak seperti neraka (tidak ada canda tawa, manja, perhatian). Maka sayangi istrimu agar dia bahagia dan kau akan merasa seperti di surga.

  1. Romantisnya

Romantis itu.. ketika suami berangkat kerja, sang istri menciumnya sambil membisik mesra, “Hati-hati di jalan, baik-baik di tempat kerja sayang. Kami lebih siap menahan lapar daripada mendapatkan nafkah yang tidak halal.”

  1. Doa suami istri

Ya Allah.. jadikanlah kami pasangan yang pandai bersyukur atas apa yang Engkau berikan. Jadikanlah kami suami istri yang saling mencintai di kala dekat, saling menjaga kehormatan di kala jauh, dan saling menghibur di kala duka.

  1. Sandaran hidup

Seorang istri lebih memilih suami yang bisa menjadi sandaran dalam hidupnya daripada berlimpah harta namun menyakiti hatinya.

  1. Istrimu

Istrimu adalah rezekimu. Istrimu adalah pilihanmu. Istrimu adalah takdirmu. Maka jangan memandang kepada selain milikmu, dan jangan membanding-bandingkannya dengan wanita yang bukan milikmu.

(Baca juga: Kata mutiara islam tentang cinta paling romantis)

Itulah beberapa kumpulan kata mutiara islam untuk suami istri yang semoga bisa menjadi nasehat bagi suami istri dalam membina kehidupan rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular