Wednesday, February 28, 2024
HomeKata Bijak Islami36 Kata Motivasi Islami Tentang Putus Asa dan Pesimisme

36 Kata Motivasi Islami Tentang Putus Asa dan Pesimisme

Putus asa adalah perasaan yang sering kali menghampiri manusia dalam menghadapi tantangan dan ujian hidup. Namun, sebagai umat Islam, kita diberikan panduan dan dukungan dari ajaran agama untuk mengatasi rasa putus asa. Dalam artikel ini, kami akan membahas kumpulan kata Islami tentang putus asa, memberikan pandangan dan motivasi untuk mengatasi perasaan negatif tersebut dan mendapatkan kekuatan dari iman.

Putus asa sering kali muncul akibat dari rasa kecewa, putus harapan, atau merasa tidak mampu menghadapi masalah. Kata-kata Islami tentang putus asa membantu kita untuk memahami akar permasalahan tersebut dan mencari solusi yang sesuai dengan ajaran agama.

Dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu mengingat bahwa Allah adalah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Kata-kata Islami tentang putus asa mengingatkan kita bahwa setiap cobaan yang kita hadapi adalah ujian dari Allah, dan Dia pasti memberikan jalan keluar yang terbaik bagi hamba-Nya yang bertawakal.

Kisah-kisah para nabi dan orang saleh dalam Al-Qur’an memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita untuk tidak putus asa dalam menghadapi cobaan. Kata-kata Islami yang mengisahkan perjuangan dan keteguhan hati mereka dalam menghadapi kesulitan menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk tetap bertahan dan berusaha.

Kata-kata Islami tentang putus asa juga menawarkan pandangan positif tentang keberhasilan dan kegagalan. Dalam Islam, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tetapi merupakan kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. Dengan memandang kegagalan sebagai bagian dari proses menuju kesuksesan, kita dapat mengatasi rasa putus asa.

Tawakal dan doa kepada Allah adalah kunci dalam mengatasi rasa putus asa. Kata-kata Islami tentang putus asa mengajak kita untuk selalu bertawakal kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya dalam setiap langkah yang kita ambil.

(Baca juga: Kata Motivasi Islam Tentang Kesedihan)

Kata bijak islami tentang putus asa

kata bijak islami tentang putus asa dan pesimisme

Kata-kata Islami tentang putus asa meneguhkan keimanan dan keteguhan hati kita. Dengan memperkuat iman dan menguatkan hati, kita dapat melewati setiap cobaan dan ujian hidup dengan penuh keyakinan dan optimisme.

Dengan mengikuti panduan dan motivasi dari kumpulan kata Islami tentang putus asa, kita dapat mengatasi perasaan negatif tersebut dan memperoleh kekuatan serta ketenangan dari iman. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan.

  1. Jangan putus asa

وَلَا تَا۟یۡـَٔسُوا۟ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِ

Do not despair of the mercy of God. – (Q.S Yusuf: 87)

Jangan berputus asa dari rahmat Allah. – (Q.S Yusuf: 87)

  1. Allah tahu

Allah knows the words you cannot say, the sorrows no one sees, and the pain that no one knows.

Allah tahu kata-kata yang tak bisa kau ucapkan, duka yang kau rasakan yang tak seorang pun melihat, dan rasa sakit yang kau alami yang tak seorang pun tahu.

  1. Optimis
Baca juga:  19+ Kata Mutiara Islami Tentang IMAN

A hopeless person sees difficulties in every chance, but a hopeful person sees chances in every difficulty. – Ali bin Abi Thalib

Orang yang pesimis melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan. – Ali bin Abi Thalib

  1. Lebih buruk dari dosa

It is worse to be hopeless about the forgiveness of Allah than to sin. – Saalih al-Fawzaan

Putus asa terhadap ampunan Allah itu jauh lebih buruk daripada dosa. – Saalih al-Fawzaan

  1. Bersama Allah

Without Allah I’m hopeless, with Allah I’m fearless.

Tanpa Allah aku kehilangan harapan, bersama Allah aku tak kenal rasa takut.

  1. Allah di sisimu

Don’t despair and never lose hope, Cause Allah is always by your side.

Jangan putus asa dan jangan pernah kehilangan harapan, karena Allah selalu berada di sisimu.

  1. Teguh dalam iman

You’ll be disappointed repeatedly. That’s the nature of this world. Don’t feel hopeless and let Satan mess with your mind. Stay firm in faith. – Mufti menk

Kamu pasti akan merasakan kekecewaan berulang kali. Begitulah keadaannya kehidupan di dunia ini. Jangan pernah merasa putus asa dan membiarkan setan mengacaukan pikiranmu. Tetaplah berpendirian teguh dalam keimanan. – Mufti menk

  1. Beri kami keberanian

Ya Allah, Grant us the courage not to give up even though it may feel hopeless.

Ya Allah, beri kami keberanian untuk tidak menyerah meski mungkin merasa putus asa.

  1. Boleh jadi

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

And it may be that you dislike a thing which is good for you, and that you like a thing which is bad for you. Allah knows but you do not know. – (Q.S AI-Baqarah: 216)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ituamat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. – (Q.S AI-Baqarah: 216)

  1. Hidup bahagia

Be happy with what you have, while working for what you want. Remember, A happy and successful life, begins with ALLAH and ends for ALLAH.

Berbahagialah dengan apa yang telah kamu miliki saat ini sambil mengusahakan apa yang kamu inginkan. Ingatlah, hidup bahagia dan sukses itu dimulai dengan Allah dan berakhir untuk Allah.

  1. Kamu tidak pernah tahu

Before getting frustrated at a situation, remember that you never know what Allah has placed goodness in.

Sebelum merasa frustrasi dengan situasi yang sedang kamu hadapi, ingatlah selalu bahwa kamu tidak pernah tahu kebaikan apa yang sedang Allah rencanakan untukmu.

Kata mutiara islami tentang putus asa

  1. Harapan tiada akhir
Baca juga:  40+ Kata Ucapan Selamat Idul Fitri Terbaik 2023/1444 H

Your journey with Allah is filled with endless hope. Your journey without Him is hopeless end.

Perjalanan yang kamu tempuh bersama Allah akan dipenuhi dengan harapan yang tiada akhir. Sementara perjalananmu tanpa Allah akan berakhir tanpa harapan.

  1. Jawaban

Allah is the answer to emptiness, struggles, hopelessness, and fear.

Allah adalah jawaban atas segala kehampaan, perjuangan, keputusasaan, dan ketakutan.

  1. Allah mampu

Allah can change the most hopeless situation into the best moment in your life.

Allah mampu mengubah situasi yang paling terpuruk menjadi momen terbaik dalam hidupmu.

  1. Hanya kepada Allah

إِنَّمَاۤ أَشۡكُوا۟ بَثِّی وَحُزۡنِیۤ إِلَى ٱللَّهِ

I only complain of my suffering and my grief to Allah. – (Q.S Yusuf: 86)

Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. – (Q.S Yusuf: 86)

  1. Biar Allah

Be kind to your heart and stop worrying about the things which is out of your control. Let Allah handle them.

Bersikap baiklah terhadap hatimu dan berhentilah mencemaskan hal-hal yang berada di luar kendalimu. Biarkan Allah yang menangani itu semua.

  1. Semuanya mungkin

Nothing is impossible with ALLAH

Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

  1. Jaga Iman

Never stop praying, no matter how dark and hopeless it may seem. Keep your faith. – Dr. Bilal Philips

Jangan pernah berhenti berdoa, tak peduli seberapa suram dan terpuruknya hidupmu. Jagalah selalu imanmu. – Dr. Bilal Philips

  1. Overthinking

Don’t overthink. It was the Qadr of Allah and it was best for you, that’s all you need to know. Overthinking is from Syaitan.

Jangan overthinking (memikirkan sesuatu secara berlebihan). Semua itu sudah menjadi ketetapan Allah dan itulah yang terbaik untukmu, hanya itu yang perlu kamu ketahui. Karena overthinking itu berasal dari Setan.

  1. Pilihan Allah

Allah’s choices for us are always more beautiful than our wishes.

Pilihan Allah untuk kita itu selalu lebih indah daripada keinginan-keinginan yang kita harapkan.

  1. Allah paling tahu

The only One who knows you and your problems more than yourself is Allah. The only One who knows what’s truly best for you is Allah.

Satu-satunya yang mengenal dirimu dan masalahmu lebih dari dirimu sendiri adalah Allah. Hanya Allah satu-satunya yang tahu apa yang terbaik untukmu.

Kata kata islami tentang putus asa dan pesimis

kata kata islami tentang putus asa dan pesimisme
  1. Cara setan

Berhati-hatilah dalam bersedih, karena bisa jadi itu cara setan agar kita putus asa dari rahmat Allah.

  1. Jangan pesimis

Suatu urusan yang menurutmu teramat sulit, hingga kau tak tahu lagi harus berbuat apa, hingga kau tak tahu lagi harus menempuh jalan yang mana, hingga kau dibuat hampir saja menyerah karenanya, semua itu bagi Allah sangatlah mudah.

  1. Optimis dalam doa

Janganlah berputus asa dalam mengulang-ulang doa saat Allah menunda terkabulnya doa itu. Dia lah yang menjamin terkabulnya doa itu menurut-Nya kepadamu, bukan menurut pilihan seleramu. – Ibnu Athaillah

  1. Kabar baik dan kabar buruk
Baca juga:  100+ Kata Inspirasi Islami untuk Pengantin Baru

Kabar buruknya: hidup itu tidak mudah!, kabar baiknya: kamu tidak harus berjuang sendiri. Ada Allah kan?

  1. Luasnya ampunan Allah

Dosa-dosa seorang hamba walaupun besar, maka sungguh pemaafan dan ampunan Allah masih lebih besar. Sehingga dosa-dosa itu tampak lebih kecil di sisi pemaafan Allah dan ampunan-Nya. – Ibnu Rajab

  1. Tegar

Jangan putus asa, karena tak ada ujian yang bersifat kekal selamanya. Jangan lelah mengadu, karena hanya Allah yang mampu menenangkanmu.

  1. Tersenyumlah

Tersenyumlah dan jangan putus asa. Setiap masalah yang terjadi, ada campur tangan Allah di dalamnya. Kuatkan iman dan sungguhkan doa. Bersabarlah, ada rencana indah untukmu yang disiapkan oleh-Nya.

  1. Jangan putus asa

قُلۡ یَـٰعِبَادِیَ ٱلَّذِینَ أَسۡرَفُوا۟ عَلَىٰۤ أَنفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوا۟ مِن رَّحۡمَةِ ٱللَّهِۚ إِنَّ ٱللَّهَ یَغۡفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِیعًاۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلۡغَفُورُ ٱلرَّحِیمُ

Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.
[Surah Az-Zumar 53]

  1. Mana mungkin?

Bagaimana mungkin orang-orang yang beriman putus asa, sedang mereka tahu Rabb nya takkan pernah membuatnya kecewa.

  1. Bukan ditunda

Allah tidak menunda bahagiamu, Dia hanya ingin engkau tak putus asa dalam berharap kepada-Nya.

  1. Aku tidak putus asa

Dan aku mendatangi-Mu, ku keluhkan kepedihan jiwaku. Ku telah lelah karena dosa-dosaku. Seandainya dosaku sepenuh seluruh alam ini, aku tetap berdiri di hadapan pintu-Mu, aku tidak putus asa.

  1. Terus optimis

Sepantasnyalah bagi seseorang untuk optimis dan gembira menunggu datangnya kebaikan. Dan janganlah dia memandang dunia yang ada di hadapannya sebagai sesuatu yang suram dan gelap, sehingga menyebabkan dia merasa kecewa dan putus asa. (Ibnu Utsaimin: Syarah Riyadhus Shalihin, 4/115)

  1. Optimis di segala urusan

Optimislah saat segala urusan terasa sulit bagimu, karena Allah telah bersumpah dua kali dalam QS. Al-Insyirah, “Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

  1. Ada bahagia menantimu

Jangan bersedih, apalagi sampai putus asa. Segala masalah yang kau hadapi pasti akan ada akhirnya. Percaya saja, Allah sudah sediakan bahagia di akhir sedihmu.

  1. Ingatkan aku

Ya Allah, saat aku kehilangan harapan dan rencana, tolong ingatkan aku bahwa cinta-Mu jauh lebih besar daripada kekecewaanku, dan rencana yang Engkau siapkan untuk hidupku jauh lebih baik daripada impianku. – (Ali bin Abi Thalib)

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang kehidupan penuh motivasi)

Semoga beberapa kata mutiara islam tentang putus asa di atas bisa menjadi nasehat dan menularkan semangat untuk tidak mudah menyerah serta membuat kita selalu berprasangka baik kepada Allah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular