Kata Bijak IslamiKata Motivasi IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

26+ Kata Islami Malam Hari Menjelang Tidur, Indah dan Menggugah

Menemani waktu istirahatmu, kumpulan kata islami malam menjelang tidur ini sangat bagus disimak sebagai bahan renungan agar kita tidur dalam keadaan yang baik dan insyaallah Allah bangunkan dalam keadaan yang baik pula.

Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan bumi sebagai tempat tinggal yang layak bagi manusia dan makhluk lainnya. Dengan kuasa-Nya, Allah menjadikan bumi berotasi setiap waktu mengelilingi porosnya. Rotasi bumi menjadikan sebagian tubuh bumi menghadap matahari dan sebagian lainnya membelakangi matahari, sehingga terciptalah siang dan malam.

Malam dan siang merupakan salah satu dari sekian banyak sunnatullah yang membuktikan bahwa alam semesta ini diatur oleh suatu zat yang amat luar bisa, yakni Allah Subhanahu wa ta’ala. Keduanya berjalan silih berganti secara teratur dan sistematis, saling melengkapi satu sama lain dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan Allah.

Kumpulan kata islami malam menjelang tidur ini banyak memuat nasehat bijak yang mengajak kita semakin mendekatkan diri kepada Sang Penguasa waktu siang dan malam, yakni Allah subhanahu wa ta’ala.

Kata siang dan malam seringkali disebut beriringan secara berulang-ulang dalam alquran. Di antaranya Allah berfirman dalam surat Al-Furqan ayat 47, “Dialah yang menjadikan untukmu malam sebagai pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (Q.S Al-Furqan: 47).

Dalam ayat tersebut, Allah menegaskan bahwa siang dan malam memiliki aktifitasnya masing-masing, malam untuk beristirahat dan siang untuk bekerja. Itulah sunnatullah yang telah Allah gariskan. Jika kita langgar, tentu akan berakibat buruk bagi diri sendiri.

Beberapa nasehat pada kata islami malam menjelang tidur ini juga mengajak kita untuk menggunakan waktu malam sesuai yang Allah gariskan, yaitu untuk beristirahat, agar keesokan harinya kita bisa beraktifitas kembali secara maksimal dalam kondisi yang sehat.

Malam dan beristirahat untuk tidur merupakan satu paket yang dirasakan oleh semua orang. Islam sendiri mengajarkan doa khusus menjelang tidur yang menampilkan kepasrahan diri kita kepada Allah sebelum beranjak tidur, “Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu, aku mati dan hidup”.

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang fajar, subuh dan mengawali pagi)

Kata Bijak Islami Tentang Malam dan Tidur

kata bijak islami tentang malam

Berikut ini beberapa kata islami malam hari yang sangat bagus sebagai ucapan selamat malam serta bekal menjelang tidur. Memuat banyak nasehat islami mengenai apa yang perlu dilakukan oleh seorang muslim menjelang tidur.

Sebelum tidur

kata islami malam - bersih hati

Before going to sleep every night, forgive everyone, and sleep with a clean heart.

Sebelum beranjak tidur di setiap malamnya, maafkanlah semua orang dan tidurlah dengan hati yang bersih.

Baca juga:  37+ Kata Mutiara Islami Tentang Cinta Kepada Allah, Mahabbah Kepada Sang Pencipta

Pertanyaan malam

kata islami malam - pantaskah aku

Every night before you sleep, Ask yourself, “What did i do today to deserve jannah?”.

Setiap malam sebelum beranjak tidur, tanyakanlah pada diri sendiri, “Apa yang sudah saya lakukan hari ini sehingga saya pantas untuk mendapatkan balasan surga?”.

Bersuci sebelum tidur

kata islami malam - bersuci sebelum tidur

“Whoever spends the night in a state of purity, spends the night with an angel close to him. He does not wake up without the angel saying to him, ‘Oh Allah forgive Your slave so-and-so, he has spent the night in a state of purity.'” – (HR. Ibnu Hibban)

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan senantiasa bersamanya sepanjang malam. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan ini karena tidur dalam keadaan suci.'” – (HR. Ibnu Hibban)

Orang kaya

kata islami malam - orang kaya

“A rich person is he who can sleep at night knowing that he has not wronged a soul.” – Mufti Islamil Menk

“Orang kaya adalah dia yang bisa tidur di malam hari karena mengetahui bahwa dia tidak melukai seseorang di hari itu.” – Mufti Islamil Menk

Doa sebelum tidur

kata islami malam - doa sebelum tidur

Du’a Before Sleeping. O Allah, With your name I die and I live. “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa”.

Doa sebelum tidur. Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup. “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa”.

Malam untuk istirahat

kata islami malam - waktunya istirahat

ٱللَّهُ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ لِتَسْكُنُوا۟ فِيهِ وَٱلنَّهَارَ مُبْصِرًا

“Allah, it is He Who has made the night for you that you may rest therein and the day for you to see.” – (Q.S Ghafir: 61)

“Allah lah yang telah menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya, dan menjadikan siang terang benderang.” – (Q.S Ghafir: 61)

Mendoakan mereka

kata islami malam - mereka yang kurang beruntung

“Tonight before we get into bed, say a prayer for those without a bed, a roof above their head, clothing or a morsel with which to be fed.” – Mufti Islamil Menk

“Malam ini sebelum kita tidur, berdoalah untuk mereka yang malam ini mungkin tidur tanpa tempat tidur, tanpa atap di atas kepala mereka, tanpa pakaian atau dalam keadaan perut mereka lapar tanpa sesuatu pun yang bisa dimakan.” – Mufti Islamil Menk

Berwudhu sebelum tidur

kata islami malam - berwudhu sebelum tidur

Imagine an angel staying very close to you all night long. And not only that, imagine that angel begging Allah ‘azza wajal to forgive you. This is what happens when you make wudoo before you go to sleep.

Baca juga:  28+ Kata Mutiara Islami Ibnu Taimiyah Penuh Nasehat, Inspirasi & Motivasi

Bayangkan seorang malaikat berada sangat dekat denganmu sepanjang malam. Dan tidak hanya itu, bayangkan malaikat itu memohonkan ampunan kepada Allah azza wajal untuk memaafkanmu. Inilah yang terjadi ketika kamu berwudhu sebelum beranjak untuk tidur.

Sementara waktu

kata islami malam - tidur itu nikmat

Sleeping is nice. You forget about everything for a little while.

Tidur itu nikmat. Kamu melupakan segalanya untuk sementara waktu.

Bersyukur

kata islami malam - alhamdulillah

Alhamdulillah . for being able to sleep at night in a safe place.

Segala puji bagi Allah atas nikmat bisa tidur malam ini di tempat yang nyaman.

Seolah malam terakhir

kata islami malam - seolah malam terakhir

Capture the night’s with silence in your heart, with sincere faith to your creator, and pray as if it’s your last.

Tangkaplah malam dengan keheningan di hatimu, dengan iman yang tulus kepada Penciptamu, dan berdoalah seolah ini adalah malam terakhirmu.

Kita perlu bicara

kata islami malam - tak bisa tidur

When you cannot sleep at night, have you ever thought maybe it’s God saying, “We need to talk and you NOW have time.”

Ketika kamu tidak bisa tidur di malam hari, pernahkah kamu berpikir bahwa mungkin Tuhan berkata, “Kita perlu bicara dan sekarang kamu punya waktu.”

Pertanyaan malaikat

kata islami malam - dalam genggamannya

“Every single night our soul is taken, and every single night the Angel asks before bringing it back, ‘Ya Allah what about this one?’ ‘Do You want to send it back? Do You want to pull the plug or should we keep the Ruh (soul)?’ And every night Allah gives permission to the Angel to let us live one more time.” – Nouman Ali Khan

“Setiap malam nyawa kita diambil, dan setiap malam Malaikat bertanya sebelum mengembalikannya, ‘Ya Allah bagaimana dengan yang ini?’ ‘Apakah Engkau ingin mengembalikannya? Apakah Engkau ingin mencabut nyawanya atau haruskah kita tetap menjaga Ruh nya?’ Dan setiap malam, Allah memberi izin kepada Malaikat untuk membiarkan kita menjalani hidup sekali lagi.” – Nouman Ali Khan

Tanyakan pada dirimu

kata islami malam - selangkah

Every night ask yourself, have you taken a step closer to Allah or a step further away?

Setiap malam.. coba bertanyalah pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah selangkah lebih dekat kepada Allah ataukah justru selangkah lebih jauh?.

Menghitung nikmat

kata islami malam - bersyukur

Before I sleep, I count my blessings instead of problems. I make sure I sleep happy and grateful.

Sebelum tidur, aku menghitung semua nikmat yang aku terima hari ini dan bukannya menghitung masalah. Aku ingin memastikan tidur dengan nyenyak dan penuh rasa syukur.

Baca juga:  50+ Kata Mutiara Islami Tentang Sedekah, Berbagi Kepada yang Membutuhkan

Kata Kata Islami Tentang Malam dan Tidur

kata kata islami tentang malam

Pejamkan mata dan berdoa

kata islami malam - pejamkan mata

Pejamkan mata sebelum larut menyapa, ucapkan doa jika jiwamu masih percaya akan kuasa-Nya, semoga pagi akan menyapa.

Satu momen tiap malam

kata islami malam - waktu mustajab

dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Sesungguhnya pada malam hari itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan Allah pasti memberikannya kepadanya. Dan waktu itu ada pada setiap malam.” – (HR. Muslim)

Begadang yang dilarang

kata islami malam - begadang yang dilarang

“Tidak boleh bagi seorang muslim untuk begadang yang mengakibatkan menelantarkan shalat subuh secara berjamaah atau mengerjakannya tidak tepat pada waktunya. Walaupun dia begadang untuk membaca Al-Qur’an atau menuntut ilmu.” – Abdullah bin Baz

Tidur yang bernilai ibadah

kata islami malam - tidur ibadah

Ya Allah, jadikanlah tidur kami sebagai ibadah kepadamu. Bangunkanlah kami dalam keadaan iman dan kesehatan yang baik dalam rahmat-Mu.

Jangan lupa berdoa

kata islami malam - jangan lupa berdoa

Jangan pernah lupa untuk berdoa malam ini sebelum engkau tertidur, karena Tuhan tidak pernah lupa untuk membangunkanmu esok paginya.

Menjelang tidur

kata islami malam - kesempatan malam

Setiap menjelang tidur, kita selalu diberikan kesempatan untuk mengevaluasi diri, dan dibangunkan di pagi hari untuk memperbaiki diri.

Kesempatan indah

kata islami malam - kesempatan indah

Malam adalah kesempatan indah untuk berdoa, beristirahat, memaafkan, melupakan, dan memulai hari esok yang lebih baik.

Peduli sesama

kata islami malam - kenyang sendirian

Jangan sampai di malam hari ini perutmu kenyang dan kamu bisa tidur pulas namun keluarga, saudara, atau tetanggamu masih ada yang kelaparan.

Senjata sebelum tidur

kata islami malam - senjata sebelum tidur

Persiapkanlah senjatamu saat kau akan tidur dengan doa, agar saat tidur engkau tidak diserang oleh bala tentara setan.

Bertaubat sebelum tidur

kata islami malam - bertaubat

Jangan lupa, mohonlah ampunan setiap malam sebelum tidur. Karena ketika kita tertidur jiwa meninggalkan tubuh, dan kembali atau tidak kita tidak pernah bisa mengetahuinya.

Tidur yang berlimpah pahala

“Barangsiapa yang naik ke atas ranjangnya sedang ia telah berniat untuk bangun melakukan shalat di malam hari, namun ia tertidur hingga subuh, maka dituliskan baginya pahala apa yang ia niatkan dan tidurnya itu adalah sedekah dari Rabbnya.” – (HR. An-Nasa’i)

(Rekomendasi: Kata mutiara islami terbaik, penuh motivasi dan inspirasi)

Semoga beberapa kata islami malam menjelang tidur di atas bisa menjadi bekal yang baik sebagai pengantar waktu tidur kita. Sehingga, keesokan harinya kita bisa kembali bangun sebagai seorang muslim yang lebih baik lagi.

2 Comments

  1. Mohon maaf terkait dalil al mukmin
    Itu tuh qs. Al mu’minun? Tpi ko beda yah
    #mhonpenjelasannya

    1. Fathurrohim says:

      oh iya.. terimakasih atas koreksiannya, yg benar adalah surat Ghafir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button