33+ Kata Mutiara Islam Tentang Ujian Hidup, Cobaan, dan Musibah

Kata mutiara islam tentang ujian hidup – Dunia ini bukan tempat tinggal yang kekal. Dunia ini sejatinya adalah tempat bagi manusia untuk melalui berbagai macam ujian dan cobaan hidup dari Allah SWT. Cobaan yang Allah berikan bisa berupa sesuatu yang menyakitkan dan terasa berat, namun juga bisa dalam bentuk kenikmatan dan kebaikan yang menyenangkan. Sebagaimana firman Allah SWT, “Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan,” (Q.S Al-Anbiya: 35). Sebagai orang yang beriman kepada-Nya, Allah memerintahkan kepada kita untuk senantiasa bersabar dan tawakkal dalam menjalani ujian dan cobaan tersebut.

Berbagai cobaan hidup yang Allah berikan kepada manusia tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang pandai bersyukur dan siapa saja yang kufur (mengingkari nikmat), siapa saja di antara mereka yang bisa bersabar dan siapa saja di antara mereka yang justru menyikapinya dengan cepat berputus asa.

Masih banyak manusia yang beranggapan bahwa ujian hidup hanya berupa kesulitan, padahal kenikmatan yang Allah berikan juga merupakan ujian. Cobaan hidup yang berupa keburukan dan kesulitan misalnya seperti sakit, kehilangan seseorang, kekurangan harta, dan lain sebagainya. Sedangkan cobaan hidup yang berupa kenikmatan dan kesenangan misalnya seperti kekuasaan, jabatan, harta kekayaan melimpah, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

(Baca juga: Kata Kata Bijak Islami Tentang Kesabaran)

Kata Bijak Islami Tentang Ujian, Cobaan, dan Musibah

Tidak mudah memang menjalani ujian dan cobaan hidup, tidak sedikit manusia yang bahkan terjerumus ke dalam jurang kemaksiatan karena tidak bersabar menghadapi ujian hidup yang Allah berikan kepadanya. Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang ujian dan cobaan hidup yang penuh nasehat bijak agar kita selalu berpikir positif dalam menjalani berbagai cobaan hidup.

If Allah wants to do good to somebody, He afflicts him with trials. – Hadits

Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memberinya cobaan. – Hadis

And We shall try you until We test those among you who strive their utmost and persevere in patience. – (Q.S Muhammad: 31)

Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian. – (Q.S Muhammad: 31)

Trials will drive you to Allah or away from Allah, the choice is yours. – Boona Mohammed

Ujian atau cobaan akan membawamu semakin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah, pilihan ada di tangan kamu. – Boona Mohammed

And We will surely test you with something of fear, hunger, and a loss of wealth and lives and fruits, but give good tidings to the patient. – (Q.S Al-Baqarah: 155)

Dan sungguh akan Kami berikan ujian atau cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. – (Q.S Al-Baqarah: 155)

Not every trial is a punishment. Some trials are due to Allah’s Mercy to bring us back to Him.

Tidak semua musibah adalah adzab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya.

Ways to ease your suffering during distress and trials; It’s destined, It’s temporary, It could’ve been worse, It’s not in my Deen, Lots of Reward. – Sheikh Ahmad Musa Jibril

Cara untuk meringankan penderitaan ketika ditimpa kesusahan dan musibah; Sadari bahwa itu telah ditakdirkan, itu hanya sementara, bisa saja lebih buruk dari itu, agamamu masih selamat, serta sadari bahwa banyak pahala yang akan kamu raih dengan musibah tersebut. – Sheikh Ahmad Musa Jibril

Allah tests different people with different trials, because everyone has a different level of patience, tolerance, and faith.

Allah menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tingkat kesabaran, toleransi, dan keimanan yang berbeda.

If Allah brings you to it, He will bring you through it.

Jika Allah membawamu ke dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya.

Perhaps this trial won’t end until we learn the lesson it was sent to teach us.

Barangkali cobaan ini tidak akan berakhir sampai kita bisa mengambil pelajaran dari cobaan yang menimpa kita.

Allah does not burden a soul beyond that it can bear. – (Q.S Al-Baqarah: 286)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. – (Q.S Al-Baqarah: 286)

When Allah puts you through a trial, be glad and be thankful that he has chosen you to be put through that trial. It is the law of nature, when a person puts gold into fire, it comes out purer than it was before. Likewise, when Allah puts one through bad times, they come out of that trial a better, stronger person. Insyaallah.

Ketika Allah menempatkanmu melalui sebuah ujian, berbahagialah dan bersyukurlah bahwa Allah telah memilih kamu untuk menjalani ujian tersebut. Itu adalah hukum alam, ketika seseorang menaruh emas ke dalam api, maka emas yang keluar menjadi lebih murni dari sebelumnya. Demikian juga, ketika Allah menempatkan seseorang melalui masa-masa sulit, mereka akan keluar dari ujian itu menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat. Insya Allah.

Verily, with every difficulty, there is relief. – (Q.S Al-Insyirah: 5)

Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. – (Q.S Al-Insyirah: 5)

Indeed the greatness of rewards is according to the greatness of the trial. And when Allah Loves a person, He tests him. – Hadits

Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian. Dan ketika Allah mencintai seseorang, maka Dia akan mengujinya. – Hadis

Happiness and joy keeps you sweet. Trials and tribulations keep you strong. Sorrows and tears keep you human. Failures and disappointments keep you humble.

Kebahagiaan dan kegembiraan membuatmu tetap manis. Ujian dan kesengsaraan membuatmu kuat. Kesedihan dan air mata membuatmu menjadi manusia. Kegagalan dan kekecewaan membuatmu rendah hati.

If you are facing too many difficulties in life, believe this, “Allah is training you for a huge victory.”

Jika kamu menghadapi begitu banyak kesulitan dalam hidup, yakinlah akan hal ini, “Allah sedang melatihmu untuk kemenangan yang besar.”

Don’t give up! Allah is training your patience. Be thankful for your trials. If you are being tested, you are being perfected.

Jangan menyerah! Allah sedang melatih kesabaranmu. Tetaplah bersyukur atas segala cobaan yang menimpamu. Jika kamu sedang diuji, itu berarti kamu sedang disempurnakan.

Only Allah can turn a mess into a message, a test into a testimony, a trial into a triumph, a victim into a victory.

Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara.

And you should know that your possessions and your children are but a trial. And that it is Allah with whom lies your highest reward. – (Q.S Al-Anfal: 28)

Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan. Dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. – (Q.S Al-Anfal: 28)

The right path always starts with trials and tribulations. Then comes the period of patience and reliance upon Allah. And then the end is enlightenment, guidance and victory. – Ibnu Qayyim

Jalan kebenaran selalu dimulai dengan cobaan dan kesengsaraan. Kemudian datanglah masa kesabaran dan tawakkal kepada Allah. Dan akhirnya adalah pencerahan, bimbingan dan kemenangan. – Ibnu Qayyim

Avoiding the temptation to sin and being patient upon that, is greater than being patient whilst being afflicted with trials. – Ibnu Taimiyah

Menghindari godaan untuk berbuat dosa dan bersabar menghadapainya, itu lebih berat daripada bersabar ketika menjalani cobaan dari Allah. – Ibnu Taimiyah

I read the quran and noticed that Allah never praised a person except after testing him. So i asked Allah to test me. – Abul Abbas Ibnu Atha

Aku membaca alquran dan melihat bahwa Allah tidak pernah memuji seseorang kecuali setelah mengujinya. Karena itu, aku meminta Allah untuk mengujiku. – Abul Abbas Ibnu Atha

But perhaps you hate a thing and it is good for you, and perhaps you love a thing and it is bad for you. And Allah Knows, while you know not. – (Q.S Al-Baqarah: 216)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu. Allah maha mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. – (Q.S Al-Baqarah: 216)

Do the people think that they will be left to say, “We believe” and they will not be tried?. – (Q.S Al-Ankabut: 2)

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka hanya dibiarkan begitu saja mengatakan: “Kami telah beriman”, sementara mereka tidak diuji lagi?. – (Q.S Al-Ankabut: 2)

And We have made some of you as trial for others. will you have patience?. – (Q.S Al-Furqan: 20)

Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?. – (Q.S Al-Furqan: 20)

And We test you with evil and with good as trial, and to Us you will be returned. – (Q.S Al-Anbiya: 35)

Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan. – (Q.S Al-Anbiya: 35)

Verily, there is a Fitnah (trial) for every nation, and the trial for my nation is wealth. – Hadits

Sesungguhnya pada setiap umat itu terdapat fitnah (ujian). Dan fitnah umatku adalah harta kekayaan. – Hadis

Don’t allow your trials to tear you down and make you bitter. With patience and faith, you’re supposed to pull through and be a better person. – Mufti Ismail Menk

Jangan biarkan cobaan yang menimpa menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik. – Mufti Ismail Menk

Remember a calamity that brings you close to Allah, is better than a blessing that takes you away from Allah. – Dr. Bilal Philips

Ingatlah bahwa sebuah musibah yang membawamu semakin dekat kepada Allah itu lebih baik dari pada nikmat yang membuatmu semakin menjauh dari Allah. – Dr. Bilal Philips

Dear Problems, My Allah is bigger than you. Good Bye..!

Wahai masalah, Tuhanku Allah lebih besar daripada kamu. Selamat tinggal..!

Oh Allah, don’t let me ever turn away from You. No matter how many trials and difficulties You test me with, Let these difficulties serve to make me a stronger muslim and more sincere to You.

Ya Allah, jangan biarkan aku berpaling dari-Mu. Tak peduli seberapa banyak cobaan dan kesulitan yang Engkau berikan, biarkanlah kesulitan ini membuatku menjadi seorang muslim yang lebih kuat dan lebih ikhlas kepada-Mu.

Be patient over what befalls you. – (Q.S Luqman: 17)

Bersabarlah atas apa yang menimpamu. – (Q.S Luqman: 17)

(Baca juga: Kata Kata Bijak Islam Tentang Hidup dan Kehidupan)

Jangan sampai berbagai kesulitan hidup yang kita alami menjerumuskan kita ke dalam kubangan maksiat. Demikian pula, jangan sampai berbagai kenikmatan duniawi melalaikan kita dari menjalankan ketaatan kepada Allah. Karena sesungguhnya semua itu adalah ujian dari Allah SWT. Semoga beberapa kata mutiara islam tentang ujian hidup di atas bisa menjadi nasehat dan memberi semangat kepada kita dalam menjalani kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here