24+ Kata Mutiara Islam Tentang Kesedihan dan Penderitaan Hidup

Kata mutiara islam tentang kesedihan – Setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya kesedihan, karena itu sudah menjadi bagian dari fitrah perasaan manusia. Baik itu sedih karena sakit, sedih karena kehilangan seseorang, maupun sedih karena berbagai masalah dan kesulitan hidup yang dialami. Semua itu bagian dari dinamika kehidupan yang mau tidak mau harus kita hadapi. Maka yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita merespon kesedihan tersebut.

Sebagian orang merespon kesedihan yang dialaminya dengan sewajarnya dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Namun, ada juga sebagian orang yang merespon kesedihan secara berlebihan dengan tenggelam larut dalam kesedihan dan terus menerus meratapi nasib.

Tidak baik tentunya bagi seseorang untuk berlarut-larut meratapi kesedihan, karena itu bisa mengantarkan seseorang kepada perasaan putus asa dan bahkan seringkali menyalahkan Tuhan. Seorang mukmin mestinya bisa menjaga diri dari perasaan sedih terlalu berlebihan seperti ini.

Seorang mukmin yang percaya akan ketetapan Allah, ia akan memandang penderitaan hidup yang dialaminya dengan sudut pandang yang positif. Ia akan selalu mengingat banyaknya karunia nikmat Allah yang masih bisa ia rasakan, ia melihat bahwa masih banyak orang yang jauh lebih menderita darinya, serta menyadari bahwa Allah selalu bersama hamba-hamba-Nya yang bersabar.

(Baca juga: Kata Motivasi Islami Tentang Kesabaran)

Kata Mutiara Islam Tentang Kesedihan dan Kesulitan Hidup

Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang kesedihan dan penderitaan hidup yang memuat banyak nasehat bijak untuk tidak berlarut-larut tenggelam dalam kesedihan. Kata mutiara islam tentang kesedihan ini bisa menjadi motivasi untuk segera bangkit dari keterpurukan.

If what’s ahead scares you and what’s behind hurts you, then just look above. Allah never fails to help you.

Jika sesuatu di hadapanmu membuatmu takut dan sesuatu di belakangmu membuatmu sakit, maka lihatlah ke atas. Allah tidak pernah gagal untuk menolongmu.

Do not lose hope nor be sad. – (Q.S Ali Imran: 39)

Janganlah kamu putus harapan dan jangan pula bersedih hati. – (Q.S Ali Imran: 39)

When you feel all alone in this world and there’s nobody to count your tears, Just remember, no matter where you are, Allah knows.

Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di mana pun kamu berada, Allah maha tahu.

A moment of sadness to seek Allah’s pleasure is a thousand times better than being sad everyday because of love for this dunya.

Kesedihan sesaat untuk mencari ridha Allah itu seribu kali lebih baik daripada berlarut-larut dalam kesedihan karena terlalu cinta pada dunia.

Sadness fades away when we realize that our future is in Allah’s hand.

Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan kita ada di tangan Allah.

Be happy. Don’t let the sadness destroy you. Say Alhamdulillah on everything that happens to you.

Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami.

There are no “sad endings” for those who trust ALLAH.

Tidak ada namanya “akhir yang menyedihkan” bagi mereka yang selalu yakin kepada Allah.

If you are sad, hurt or confused, just seek guidance from the Holy Quran and you will find the right direction.

Jika kamu merasa sedih, sakit hati atau bingung, cukup cari petunjuknya dari Alquran dan kamu akan menemukan arah yang benar.

I only complain of my suffering and my grief to Allah. – (Q.S Yusuf: 86)

Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. – (Q.S Yusuf: 86)

Sadness is the heart telling you to find Allah. Depression is you not listening to your heart. Comfort is remembering Allah is always there.

Kesedihan adalah saat hati menyuruhmu untuk menemukan Allah. Depresi adalah ketika kamu tidak mendengarkan isi hatimu. Kenyamanan adalah mengingat bahwa Allah selalu ada untukmu.

Remedies for sadness; develop your salah, take your time when it comes to qur’an, appreciate what Allah has blessed you with, consider nature. – Mufti Ismail Menk

Obat untuk menyembuhkan kesedihan; tingkatkan kualitas shalatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan alquran, bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, merenungkan alam semesta. – Mufti Ismail Menk

Be not sad, surely, Allah is with us. – (Q.S At-Taubah: 40)

Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Allah bersama kita. – (Q.S At-Taubah: 40)

Allah knows the words you cannot say, the sorrows no one sees, and the pain that no one knows.

Allah maha tahu atas segala perkataan yang tak terucapkan olehmu, kesedihan yang tak seorang pun melihatnya, dan penderitaan yang tak seorang pun tahu.

One of the goals of shaitan is to make believers depressed and sad, because depression is paralyzing.

Salah satu tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati, karena depresi membuat seseorang tidak berdaya.

When your heart is breaking and your pain makes you fall, remember just remember Allah sees it all.

Ketika hatimu hancur dan penderitaan membuatmu jatuh, ingatlah dan hanya ingat bahwa Allah melihat itu semua.

Sometimes we become overtaken by sadness to the degree that we forget that there are many things in life that can make us happy. – Mufti Ismail Menk

Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia. – Mufti Ismail Menk

I feel ashamed of being sad when my case is in the hands of Allah.

Aku malu untuk merasa sedih sementara aku tahu bahwa segala kejadian yang aku alami ada di tangan Allah.

The believer remains free from the extremes of happiness that causes one to forget Allah, and the extremes of sadness that causes the ignorant to lose hope and blame Allah. – Dr. Bilal Philips

Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah, dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah. – Dr. Bilal Philips

Allah gave you a beautiful life, don’t waste it being sad over something that will pass in time. He’s always got something amazing planned.

Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidup itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu. Allah selalu memiliki rencana yang menakjubkan.

Sadness will visit you. Pay no attention to it.

Kesedihan pasti akan mendatangimu. Abaikan saja ketika kesedihan itu datang.

When hardships fall upon you, it is not that Allah wants to punish you, rather its a calling from Allah “O my slave, come back to your Lord”.

Saat kesulitan menimpamu, bukan berarti Allah ingin menghukummu, melainkan itu merupakan panggilan dari Allah, “Wahai hamba-Ku, kembalilah kepada Tuhanmu”.

The reason we find it so hard to be happy sometimes it because we find it hard to let go of what makes us sad.

Terkadang, alasan yang membuat kita sulit untuk bahagia adalah karena kita masih sulit melepaskan sesuatu yang membuat kita sedih.

Sometimes, it takes sadness to know happiness, noise to appreciate silence, and absence to value presence.

Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran.

(Baca juga: Kata Motivasi Islami Tentang Kehidupan)

Penderitaan hidup bukan akhir dari segalanya, maka jangan terlalu berlebihan dalam menyikapi kesedihan. Semoga beberapa kata mutiara islam tentang kesedihan di atas bisa membuat kita semakin semangat dalam mengarungi kehidupan dan sebagai nasehat untuk tidak bersedih secara berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here