Kata Bijak IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

53+ Kata Mutiara Islami Tentang Kematian yang Menggugah Kesadaran

Kumpulan kata mutiara islami tentang kematian ini memuat nasehat bijak agar kita selalu bersiap menghadapi kepastian yang akan menghampiri semua makhluk bernyawa, yakni kematian.

Kematian adalah sebuah kepastian yang pasti menghampiri setiap manusia. Dunia ini hanyalah tempat persinggahan untuk menuju kampung akhirat. Pada hakikatnya, semakin hari kita semakin menjauh dari alam dunia untuk menuju alam akhirat. Antara kedua alam ini ada suatu pemisah, yaitu kematian.

Kematian akan menjadi pemutus segala kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan di dunia. Harta kekayaan, jabatan, dan keluarga semua akan ditinggalkan. Karena bekal yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan ke negeri akhirat hanyalah amal.

Pada artikel kata mutiara islami tentang kematian ini, banyak pesan nasehat dan motivasi yang mengajak kita untuk memperbanyak amal sebagai bekal menghadap Rabb semesta alam, Allah subhanahu wa ta’ala.

Sayangnya, masih banyak orang yang lalai akan datangnya kematian. Mereka memuja dunia seolah dunia adalah segala-galanya, mengejar dunia seolah hidup kekal selamanya. Sementara urusan akhirat tidak begitu dipedulikan. Padahal kehidupan yang sebenarnya baru akan kita jalani di akhirat kelak.

Kesempatan hidup yang diberikan oleh Allah kepada kita sangatlah singkat, yang semestinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beramal shalih. Bukankah Allah telah menegaskan bahwa misi utama manusia menjalani kehidupan di dunia adalah semata-mata untuk beribadah kepada-Nya? (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Melalui kata kata mutiara islami tentang kematian ini, kita diingatkan betapa kematian bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Maut tidak memandang status sosial seseorang, semua sama sebagai antrian di mata Malaikat Maut.

Seorang mukmin yang senantiasa mengingat kematian dan tidak lupa mempersiapkan bekal menuju kehidupan setelah mati adalah orang yang memiliki visi jauh ke depan yaitu visi akhirat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahkan menyebutnya sebagai orang yang cerdas (HR. Tirmidzi). Karena dia tidak menjadikan dunia sebagai tujuan, melainkan sebagai persinggahan sementara dan ladang untuk beramal.

(Baca juga: Kumpulan gambar kata bijak islami paling inspiratif)

Kata Bijak Islami Tentang Kematian

kata bijak islami tentang kematian

Kumpulan kata mutiara islami tentang kematian berikut ini akan menggugah kesadaran kita akan kepastian datangnya kematian. Pesan-pesan nasehat tentang kematian dalam kata-kata ini mengajak diri kita untuk selalu mengingat bahwa kehidupan di dunia tidaklah kekal.

Semua akan mati

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ

Every soul will taste death. – (Q.S Ali Imran: 185)

Setiap jiwa pasti akan merasakan yang namanya kematian. – (Q.S Ali Imran: 185)

Hanya sebuah nama

To the world, you may be a Billionaire, a Celebrity or an icon. But to the angel of Death, you are just another Name on the List.

Bagi dunia.. Kamu mungkin adalah seorang Miliarder, Selebriti atau tokoh penting. Tapi bagi Malaikat Maut, Kamu tidak lain hanyalah sebuah nama yang sudah ada dalam daftar.

Hiduplah dengan baik

Today we are here, tomorrow we may not be. Live righteously.

Mungkin hari ini kita masih di sini, tapi besok belum tentu. Maka jalanilah hidup ini dengan benar.

Mengingat mati

Life is not guaranteed at all, but death is absolutely guaranteed upon all, yet we still prepare for life more than death. – Mufti Ismail Menk

Tidak ada jaminan sama sekali dalam hidup ini. Tapi kematian lah yang benar-benar menjamin segalanya. Tapi mengapa kita masih saja terlalu sibuk memperhatikan hidup daripada kematian? – Mufti Ismail Menk

Kematian pasti datang

اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ

Wherever you are, death will find you, even in the looming tower. – (Q.S An-Nisa’: 78)

Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meskipun kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kokoh. – (Q.S An-Nisa’: 78)

Kita milik Allah

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

To Allah we belong, and truly, to Him we shall return. – (Q.S Al-Baqarah: 156)

Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah, dan kepada-Nya lah kita semua pasti akan kembali. – (Q.S Al-Baqarah: 156)

Baca juga:  19+ Kata Mutiara Islami Tentang IMAN

Kalimat terakhir

Ya Allah.. Make my last words: La Ilaha illallah Muhammadur Rasulullah.

Ya Allah.. Jadikanlah kalimat terakhir yang terucap dariku adalah La Ilaha illallah Muhammadur Rasulullah.

Bisa datang kapan saja

Death can come at any time. So, in order to die as a Muslim, you must live at all times as a Muslim. There is no time for later.

Kematian bisa datang kapan pun, maka agar bisa meninggal sebagai seorang Muslim, Kamu juga harus selalu menjalani hidup setiap saat sebagai seorang Muslim. Tidak ada waktu untuk nanti.

Jangan menunggu tua

The graves are full of people who thought that they would practice Islam when they became old. OLD AGE IS NOT PROMISED TO ANYONE.

Kuburan penuh dengan orang-orang yang dahulu berpikir bahwa mereka akan mengamalkan Islam saat mereka tua. USIA TUA TIDAK DIJANJIKAN KEPADA SIAPA PUN.

Membuang-buang waktu

Wasting time is worse than death, because death separates you from this world whereas wasting time separates you from Allah. – Ibn al-Qayyim

Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuninya. – Ibn al-Qayyim

Pasti akan kembali

All people go to Allah after their death, but the happy person is the one who goes to Allah while still alive. – Sayyid Qutb

Semua orang pasti akan kembali kepada Allah ketika mati, tapi yang berbahagia adalah orang yang dekat dengan Allah semasa hidupnya. – Sayyid Qutb

Kata mutiara islami tentang kematian

Jangan sampai terlambat

Death To most seems like it’s far, far away. But the day that it arrives will be too late to do what we can do today.

Sebagian besar orang menganggap kematian masih jauh, jauh sekali. Namun ketahuilah.. saat hari itu tiba, maka sudah terlambat untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini.

Hanya untuk Allah

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Surely my prayer and my sacrifice and my life and my death are (all) for Allah, the Lord of the worlds. – (Q.S Al-An’am: 162)

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. – (Q.S Al-An’am: 162)

Sebuah inspirasi

People say thinking about death is a sign of depression. I’m a Muslim and in my case, its an inspiration.

Orang bilang berpikir tentang kematian adalah tanda depresi. Saya seorang Muslim, dan bagi saya, mengingat mati itu adalah sebuah inspirasi.

Bencana terbesar

Death is not the biggest disaster in life. The biggest disaster in life is, when our fear of Allah dies when we are still alive.

Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup.

Anehnya manusia

Curious is the case of human. He runs towards the world he can never catch, and runs away from the death he can never escape.

Manusia memang aneh. Dia berlari ke arah dunia yang tidak dapat dia tangkap, dan melarikan diri dari kematian yang takkan pernah bisa dia hindari.

Penghancur kenikmatan

Remember more often the destroyer of pleasures – death. – Hadits

Perbanyaklah mengingat penghancur kenikmatan-kenikmatan dunia, yaitu: KEMATIAN. – Hadis

Tak pandang usia

Just because you’re young and healthy doesn’t mean death won’t come to you. Death has no age.

Hanya karena kamu masih muda dan sehat bukan berarti kematian tidak akan datang kepadamu. Karena kematian tidak memandang usia.

Tak ada yang tahu

وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًاۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌۢ بِاَيِّ اَرْضٍ تَمُوْتُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

No person knows what he will earn tomorrow, and no person knows in what land he will die. Verily, Allah is All-Knower, All-Aware (of things). – (Q.S Luqman: 34)

Baca juga:  28+ Kata Mutiara Islami Tentang Dusta dan Kebohongan

Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. – (Q.S Luqman: 34)

Persiapan

We all prepare for birthdays, but what about death day?

Kita semua mempersiapkan hari ulang tahun, tapi bagaimana dengan hari kematian?

Kembali Pada-Nya

اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

To Allah will be your return all together. Then He will inform you of what you used to do.

Hanya kepada Allah kamu semua akan kembali, kemudian Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. – (QS. Al-Ma’idah: 105)

Saat Ajal Datang

Oh Allah! Let my death only reach me when You have forgiven my sins and when You are pleased with me. Ameen.

Ya Allah, biarkan ajalku datang hanya ketika Engkau telah mengampuni dosa-dosaku dan Engkau telah ridha kepadaku. Amiin.

Pasti Mati

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ ثُمَّ اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

Every soul must taste of death. Then to Us you shall be brought back.

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan. – (QS. Al-Ankabut: 57)

Kata mutiara islami tentang kematian

Jangan menunda

Everyone who is taken by death asks for more time, while everyone who still has time makes excuses for procrastination. – Ali bin Abi Thalib

Setiap orang yang sedang disusul oleh kematian meminta lebih banyak waktu.  Sementara semua orang yang masih memiliki waktu membuat alasan untuk menunda-nunda. – Ali bin Abi Thalib

Mati itu pasti

Every living being on earth shall taste death. None can deny the fact. May the departed soul rest in peace in jannah.

Setiap makhluk hidup di muka bumi ini akan merasakan kematian. Tak ada yang bisa menyangkal fakta tersebut. Semoga jiwa yang meninggal beristirahat dengan damai di surga.

Penyesalan terbesar

Ali Banat on being asked about his biggest regret: “My biggest regret is that it took a man in suit to tell me that I’m going to die, but Allah (swt) told me all my life and I did not believe him.”

Ali Banat ketika ditanya apa penyesalan terbesarnya, dia menjawab, “Penyesalan terbesarku adalah perlu seorang berjas (dokter) untuk meyakinkanku bahwa aku akan mati, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberitahuku di sepanjang hidupku tapi aku tak mempercayai-Nya.”

Malaikat Maut

And do not forget the angel of death, for it does not forget you.

Dan jangan lupakan malaikat maut, karena ia tidak melupakanmu.

Saat nyawa tercerabut

The first moment of pain you will start to feel is the moment the Angels come to you and start dragging your soul out of your body.

Momen sakit pertama yang akan mulai kamu rasakan adalah momen di saat Malaikat mendatangimu dan mulai mencabut nyawa keluar dari tubuhmu.

Berita kematianku

And one day when the news of my death reaches you, please do not weep. In fact just make dua for me, which i’ll be needing in the most, and if you can, please forgive me.

Dan suatu hari ketika berita kematianku sampai kepadamu, tolong jangan menangis. Bahkan doakan saja aku, karena itu yang paling aku butuhkan, dan jika bisa, mohon maafkan kesalahanku.

Terkubur tanah

Today your feet on dust, and tomorrow on your body, you will die alone there will be nobody.

Hari ini kakimu di atas tanah, dan besok tanah di atas tubuhmu, kamu akan mati sendiri tanpa ada siapa-siapa.

Tak pandang bulu

Death is the same for all. No matter what you are, who you are. You are just a name for death’s angel. A marked name.

Baca juga:  12+ Kata Mutiara Islami Imam Malik, Ulama yang Tegas dan Konsisten

Kematian berlaku sama untuk semuanya. Tidak peduli siapa dirimu. Kamu hanyalah nama untuk malaikat maut. Nama yang ditandai.

Jangan menunda

He said, “I will change tomorrow”. But the decree of death was today.

Dia bilang, “aku akan berubah besok”. Tapi keputusan kematiannya hari ini.

(Baca juga: Kata bijak islami tentang memanfaatkan waktu)

Kata kata islami tentang kematian

kata kata islami tentang kematian

Tak perlu menunggu

Kamu tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk berubah. Karena kematian tidak akan menunggu kamu untuk berubah.

Baru sadar

Ketika hidup.. pamer kekayaan, pamer pekerjaan, pamer jabatan, pamer prestasi. Ketika mati barulah sadar bahwa yang dulu dibangga-banggakan dan mati-matian untuk mendapatkannya tak satu pun akan menolongmu. Itulah bangkai dunia.

Kenapa takut mati?

Mengapa kita takut mati? karena kita memakmurkan dunia kita dan menghancurkan akhirat kita. Akhirnya kita benci keluar dari kemakmuran menuju kehancuran.

Jauh dari pikiran

Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walaupun sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita. – (Ali Mustafa Tanthowi)

Di pelupuk mata

Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu. (Imam Syafi’i)

Setelah mati

Hari ini dunia adalah nyata, akhirat hanya  cerita. Tapi setelah mati, dunia hanya cerita, akhirat jadi nyata.

Sedikit yang bersiap

Banyak yang percaya akan datangnya kematian, namun hanya sedikit yang bersiap.

Pecinta dunia

Wahai pecinta dunia, tak cukupkah kau melihat kematian menari-nari di depan matamu?

Bertaubat

Kematian tidaklah menunggu kita bertaubat, tapi kitalah yang menunggu kematian dengan bertaubat.

Syarat mati

Jangan tertipu dengan usia muda, karena syarat mati tidak harus menjadi tua. Jangan terperdaya dengan tubuh yang sehat, karena syarat mati tidak mesti terlantar sakit.

Yang lebih pasti

Terlalu serius kau menanti, menunggu hadirnya pujaan hati, hingga terlupa persiapan mati, padahal ia datangnya lebih pasti.

Terbangun dari mimpi

Orang yang tidur tidak akan tahu kalau dirinya sedang bermimpi kecuali setelah bangun, begitu juga orang yang lalai akan akhirat tidak akan tahu kalau dirinya sedang menyia-nyiakan amal akhirat kecuali setelah datangnya kematian.

Akhiri hidup kami

Ya Allah.. Akhirilah hidup kami dengan islam, akhirilah hidup kami dengan iman, akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah. Amiin.

Mengingat mati

Ingatlah kematian dalam shalatmu. Karena jika seseorang mengingat mati dalam shalatnya, maka ia akan memperbagus shalatnya. (HR. Ad-Dailami)

Lebih pasti

Jangan melulu pusing mikirin jodoh, karena kita lebih pasti berjodoh dengan kematian.

Suatu masa

Ada masa di mana tanah menjadi tempat pembaringannya, ulat menjadi temannya, munkar dan nakir menjadi tamunya, kuburan menjadi tempat tinggalnya, perut bumi menjadi tempat menetapnya, surga atau neraka menjadi tempat kembalinya.

Lupa persiapan

Jodoh itu misteri, namun kematian itu pasti. Jangan terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk pujaan hati, tapi malah lupa mempersiapkan diri untuk mati.

Menangis

Demi Allah, seandainya jenazah yang kalian tangisi bisa berbicara sekejap lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut dan mulai menangisi diri kalian sendiri. – (Imam Al-Ghazali)

Sebenar-benar buta

Manusia yang sebenar-benar buta adalah mereka yang hidup tanpa dapat melihat adanya kematian di hadapan mereka.

Hanya sebuah nama

Bagi dunia, kamu mungkin adalah seorang miliarder, selebri, atau tokoh penting. Tapi bagi malaikat maut, kamu tidak lain hanyalah sebuah nama yang sudah ada dalam daftar.

Menginginkan kematian

Janganlah kalian menginginkan mati karena suatu bahaya yang menimpanya. Jika memang ia benar-benar ingin melakukannya maka katakanlah, “Ya Allah, hidupkan aku jika memang hidup itu lebih baik untukku. Dan matikanlah aku jika memang mati itu lebih baik untukku.” – (HR. Bukhari)

(Baca juga: Kumpulan Ayat Alquran Tentang Kematian)

Itulah beberapa kata mutiara islami tentang kematian yang memuat nasehat indah sebagai pengingat datangnya kematian. Semoga menjadikan kita sadar dan kembali meluruskan orientasi kehidupan di dunia ini, bahwa kehidupan yang kita jalani ini akan ada muaranya, yaitu maut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button