Tuesday, February 27, 2024
HomeKata Bijak Islami23+ Kata Mutiara Islami Tentang Waktu dan Pentingnya Memanfaatkan Waktu

23+ Kata Mutiara Islami Tentang Waktu dan Pentingnya Memanfaatkan Waktu

Waktu adalah aset berharga yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia untuk digunakan dengan bijak dan bermanfaat. Dalam Islam, pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik sangat ditekankan, karena waktu adalah anugerah yang tidak akan kembali. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kumpulan kata Islami tentang waktu yang mengandung petuah bijak serta inspirasi untuk menjalani kehidupan dengan penuh makna dan produktivitas.

Dalam Al-Qur’an dan Hadis, disebutkan tentang pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik dan tidak menyia-nyiakannya. Setiap detik yang berlalu adalah kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT. Oleh karena itu, memahami nilai waktu dalam Islam menjadi kunci untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

Waktu juga merupakan ujian bagi manusia, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa manusia benar-benar dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Kata-kata Islami tentang waktu mengingatkan kita bahwa setiap detik merupakan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berbuat kebaikan.

Ulil Amri dan para tokoh agama seringkali memberikan nasihat tentang pentingnya menghargai waktu dan menggunakan setiap momen dengan produktif. Kata-kata bijak mereka menjadi sumber inspirasi bagi umat Islam untuk menghargai dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam menjalani kehidupan.

Waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga karena tidak akan pernah kembali. Kata-kata Islami tentang waktu mengajarkan kita untuk menyadari kecepatan berlalunya waktu dan betapa pentingnya memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Dengan menyadari hal ini, diharapkan kita dapat lebih bersyukur dan bertanggung jawab atas setiap detik yang diberikan Allah SWT kepada kita.

Merencanakan waktu dengan baik adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Kata-kata Islami tentang waktu mengingatkan kita untuk mengatur prioritas dan merencanakan setiap aktivitas dengan baik agar dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.

`(Baca juga: Kata mutiara islami tentang shalat)

Kata Bijak Islami Tentang Waktu

kata bijak islami tentang waktu

Waktu adalah rahmat dan ujian dari Allah SWT. Kata-kata Islami tentang waktu mengajarkan kita untuk bersyukur atas setiap detik yang diberikan Allah kepada kita, namun juga menyadari bahwa bagaimana kita memanfaatkan waktu tersebut akan menjadi ujian bagi kita di akhirat nanti.

Dengan memahami nilai dan pentingnya waktu dalam Islam, diharapkan kita dapat lebih menghargai setiap momen yang diberikan Allah kepada kita serta menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Baca juga:  15 Kata Mutiara Islami Tentang Janji, Antara Keimanan dan Kemunafikan

Menyia-nyiakan waktu

Wasting time is worse than death, because death separates you from this world whereas wasting time separates you from Allah. – Ibnu Qayyim

Membuang-buang waktu itu lebih buruk daripada kematian, karena kematian hanya memisahkanmu dari kehidupan dunia, sementara membuang-buang waktu memisahkanmu dari Allah. – Ibnu Qayyim

Sang Pencipta waktu

Remember, times may have changed, but The Creator of time is still the same.

Ingatlah, waktu mungkin sudah berubah, tapi Sang Pencipta waktu masih tetap sama.

Kapan?

When was the last time did your eyes get wet in repentance to Allah?

Kapan terakhir kali matamu basah dalam pertaubatan kepada Allah?

Tak ada kata nanti

Death can come at any time, so in order to die as a Muslim, you must live at all times as a Muslim. There is no time for later.

Maut bisa datang kapan saja, maka agar bisa mati dalam keadaan sebagai seorang Muslim, kamu harus menjalani hidup setiap saat sebagai seorang Muslim. Tidak ada waktu untuk nanti.

Tepat waktu

Everybody wants their prayer to be answered on time. But the thing is, nobody wants to pray on time.

Setiap orang menginginkan doanya dijawab tepat waktu. Tapi masalahnya, tak seorang pun yang mau menunaikan shalat tepat waktu.

Untuk akhiratmu

Time is limited and therefore precious, so don’t waste it. Instead, use it to build your akhirah.

Waktu itu terbatas dan karenanya berharga, maka jangan disia-siakan. Justru, manfaatkan waktu yang ada untuk membangun kehidupan akhiratmu.

Merugi

By time, Indeed, mankind is in loss, Except for those who have believed and done righteous deeds and advised each other to truth and advised each other to patience. – (Q.S Al-‘Ashr: 1-3)

Demi waktu, sesungguhnya manusia itu dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. – (Q.S Al-‘Ashr: 1-3)

Mencela waktu

Do not abuse Time, for it is Allah Who is the Time. – Hadits

Janganlah kalian mencela waktu, Karena sesungguhnya Allah-lah pencipta waktu. – Hadis

Jangan suka menunda

Don’t delay any act of worship thinking that you have time. Time is one thing none of us have been guaranteed. – Dr. Bilal Philips

Baca juga:  20+ Kata Mutiara Islami Tentang Akhlak Terpuji (Akhlaq Al-Karimah)

Jangan menunda amal ibadah apapun dengan berpikir bahwa kamu masih punya waktu. Waktu adalah satu hal yang tak satu pun dari kita telah dijamin. – Dr. Bilal Philips

Waktu untuk Allah

If you don’t have time for Allah, nothing is going to work out right in your life. – Dr. Bilal Philips

Jika kamu tak punya waktu untuk Allah, maka tak ada yang berjalan lancar dalam kehidupanmu. – Dr. Bilal Philips

Ingatlah Allah

Money Says, “Earn me and forget everything”. Time Says, “Follow Me and forget everything”. Future Says, “Struggle for me, forget everything”. Allah says, “just remember me, i’ll give you everything”.

Uang berkata, “Dapatkan aku dan lupakan semuanya”. Waktu berkata, “Ikuti Aku dan lupakan segalanya”. Masa Depan berkata, “Perjuangkan aku dan lupakan segalanya”. Allah berfirman, “ingatlah Aku, maka Aku akan memberimu segalanya”.

Kata Kata Islami Tentang Waktu

kata kata islami tentang waktu

Meluangkan waktu

How can you not make time for The One (Allah) who created time.

Bagaimana bisa kamu tidak meluangkan waktu untuk Dia (Allah) yang telah menciptakan waktu.

2 nikmat

There are two blessings which many people waste; health and free time. – Hadits

Ada dua nikmat yang seringkali dilupakan manusia; kesehatan dan waktu senggang. – Hadis

Menggambarkan level keimanan

The way one uses his time is a strong indicator to their level of Iman.

Cara seseorang memanfaatkan waktunya adalah indikator kuat akan tingkat keimanannya.

Gratis,tapi..

Time is free, but it’s priceless. You can’t own it, but you can use it. You can’t keep it, but you can spend it. Once you’ve lost it, you can never get it back.

Waktu itu gratis, tapi tak ternilai harganya. Kamu tidak bisa memilikinya, tapi bisa menggunakannya. Kamu tidak bisa menyimpannya, tapi bisa membelanjakannya. Sekali kamu kehilangan itu, maka kamu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali.

Hidup sangatlah singkat

Life is short and uncertain. You don’t know when your time on this earth will be up. Start your day with Bismillah, end it with Alhamdulillah. Now smile and say subhanallah.

Baca juga:  28+ Kata Mutiara Islami Tentang Doa Penuh Motivasi

Hidup itu singkat dan tak pasti. Kamu tak pernah tahu kapan waktumu di dunia ini akan berakhir. Awali harimu dengan Bismillah, akhiri dengan Alhamdulillah. Sekarang tersenyumlah dan ucapkan subhanallah.

Jangan buang waktumu

Don’t waste your time looking back on what you’ve lost. Move on, for life is not meant to be traveled backwards.

Jangan sia-siakan waktumu untuk melihat kembali apa yang telah hilang dari hidupmu. Maju terus, karena hidup ini tidak dimaksudkan untuk dilalui dengan mundur ke belakang.

Sibuk dengan Allah

A relationship with Allah is never a waste of time.

Menjalin hubungan dengan Allah tidak pernah membuang-buang waktu.

Biarlah berlalu

One day I just woke up and realized that I can’t touch yesterday. So why the heck was I letting it touch me?

Suatu hari aku terbangun dan menyadari bahwa aku tidak bisa menyentuh hari kemarin. Lalu mengapa aku membiarkannya menyentuhku?

Saat terindah

You know what is the sweetest time of the day? It is when you pray. Why? Because you are talking to the One (Allah) who loves you most.

Tahukah kamu saat terindah dari harimu? Adalah ketika kamu berdoa. Karena pada saat itu kamu sedang berbicara dengan Dia (Allah) yang sangat mencintaimu.

Siasat setan

When Satan can’t make you commit sins, he makes you waste your time.

Ketika setan tidak berhasil membuatmu melakukan perbuatan dosa, maka dia akan membuatmu sibuk membuang-buang waktu.

Terus melangkah maju

Everything on earth marches forward, preparing for a new season, and so should you.

Segala sesuatu di dunia ini berjalan ke depan, bersiap untuk memulai musim yang baru, dan seharusnya kamu juga begitu.

Waktu luang

Free time is the most expensive time you have, because nobody pays for it but you.

Waktu luang adalah waktu paling berharga yang kamu miliki, karena tidak ada yang membayarnya kecuali kamu sendiri.

(Baca juga: Kata bijak islami tentang usia, masa muda dan hari tua)

Mari gunakan waktu dengan baik dan jangan sampai membuang waktu secara percuma untuk hal-hal yang tidak penting. Semoga beberapa kata mutiara islam tentang waktu di atas bisa membangun kesadaran kita untuk lebih menghargai waktu yang telah diberikan oleh Allah SWT.

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

  1. Assalamualaikum kak, terimakasih atas ilmunya, saya ijin share tulisan kk, semoga Allah merahmati kk dan keluarga aamiin insyaaAllah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular