Thursday, April 25, 2024
HomeKata Bijak Islami21+ Kata Mutiara Islami Tentang Cemburu, Iri Hati dan Dengki

21+ Kata Mutiara Islami Tentang Cemburu, Iri Hati dan Dengki

Dalam kehidupan sehari-hari, cemburu, iri hati, dan dengki sering menjadi ujian berat yang dihadapi banyak orang. Artikel ini akan membahas kebijaksanaan dan pandangan Islami melalui kata-kata mutiara yang memberikan inspirasi untuk mengatasi perasaan negatif tersebut. Mari kita menjelajahi hikmah dan petunjuk Islami dalam menanggulangi cemburu, iri hati, dan dengki.

Pertama-tama, kita akan memahami bagaimana kata-kata mutiara Islami dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengatasi cemburu dan iri hati. Dalam pembukaan ini, kita akan merenung tentang kebijaksanaan dan petunjuk Islami yang dapat mengarahkan kita pada jalan kebaikan dan kebahagiaan.

Cemburu adalah ujian yang seringkali menghantui hati manusia. Artikel ini akan membahas kata-kata mutiara Islami yang menggambarkan cemburu sebagai ujian, dan bagaimana ajaran Islam menawarkan solusi untuk mengelola perasaan tersebut dengan bijak dan penuh hikmah.

Iri hati seringkali menjadi penyebab ketidakbahagiaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas kata-kata mutiara Islami yang mencerminkan cara untuk mengubah pandangan terhadap iri hati. Ajaran Islam mengajarkan kita untuk bersyukur atas apa yang kita miliki dan menjauhi perasaan yang merugikan.

Dengki adalah penyakit hati yang dapat merusak keharmonisan. Kata-kata mutiara Islami akan membimbing kita dalam mengatasi perasaan dengki, menyelami ajaran-ajaran yang mengajarkan kedamaian hati dan bagaimana menjauhi perasaan yang merugikan diri sendiri.

Empati dan kebaikan adalah kunci untuk melawan cemburu, iri hati, dan dengki. Dalam artikel ini, kita akan menggali kata-kata mutiara Islami yang mengajarkan pentingnya berempati dan berbuat baik kepada sesama, sebagai langkah awal untuk meredakan perasaan negatif.

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang penyesalan)

Kata bijak islami tentang iri hati, cemburu, dan dengki

kata bijak islami tentang cemburu iri hati dengki

Pada akhirnya, artikel ini akan menyimpulkan bagaimana kata-kata mutiara Islami memberikan pencerahan untuk mencapai ketenangan batin. Dengan merenungkan hikmah dan petunjuk yang terkandung dalam kata-kata bijak, kita dapat melangkah menuju kehidupan yang lebih damai dan bermakna. Mari kita memahami dan mengaplikasikan kebijaksanaan Islami untuk mengatasi cemburu, iri hati, dan dengki.

Jauhi sifat dengki

Beware of jealousy, for verily it destroys good deeds the way fire destroys wood. – Hadits

Baca juga:  35 Kata Mutiara Islami untuk Suami Istri Penuh Cinta

Jauhilah olehmu sifat dengki atau iri hati, karena sesungguhnya dengki itu memakan amal kebaikan seperti api memakan kayu bakar. – Hadis

Menghitung nikmat

Jealousy is when you count someone else’s blessings instead of your own.

Cemburu atau iri hati adalah saat kamu menghitung-hitung nikmat yang dimiliki orang lain, dan bukan nikmat yang kamu miliki sendiri.

Hati bermekaran

Being envious and jealous of others will rot your heart. Ask Allah to increase His blessings upon them and you’ll see your heart blossom. – Saad Tasleem

Merasa iri hati dan cemburu pada orang lain akan membuat hatimu busuk. Mohonlah kepada Allah untuk menambahkan nikmat-Nya kepada mereka maka kamu akan melihat hatimu bermekaran. – Saad Tasleem

Selalu sakit

The jealous one is always sick, even when his body is healthy. – Ali bin Abi Thalib

Orang yang merasa cemburu dan iri hati akan selalu sakit, meskipun tubuhnya tampak sehat. – Ali bin Abi Thalib

Terlalu berharga

My heart is too valuable to allow hatred and jealousy to rent a spot. – Mufti Ismail Menk

Hatiku terlalu berharga untuk membiarkan kebencian dan kecemburuan mendapatkan tempatnya. – Mufti Ismail Menk

Diam-diam cemburu

When a person always have something Negative to say, their secretly jealous of you.

Ketika seseorang selalu memiliki sesuatu yang Negatif tentangmu untuk dikatakan, secara diam-diam sebenarnya mereka cemburu kepadamu.

Tidak nyaman

There is no dignity for a liar, no comfort for a jealous person, and a miser will have no friends. – Ahdaf R.A

Tidak ada harga diri bagi seorang pembohong, tidak ada kenyamanan bagi orang yang selalu merasa cemburu, dan seorang yang kikir tidak akan memiliki teman. – Ahdaf R.A

Memprotes Allah

When you are jealous of someone, what you are really doing is protesting against the way Allah has distributed His rizq and blessings amongst His servants.

Saat kamu merasa cemburu terhadap seseorang, apa yang sebenarnya kamu lakukan adalah memprotes cara Allah yang telah membagikan rezeki dan nikmat-Nya kepada para hamba-Nya.

Baca juga:  19 Kata Nasehat dan Motivasi Islami dari Hadis Nabi

Jaga hatimu

Be happy when others do well. Guard your heart from jealousy, one of the worst emotions that can consume and destroy you. – Mufti Ismail Menk

Berbahagialah ketika melihat orang lain berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Jaga hatimu dari perasaan cemburu, salah satu emosi terburuk yang bisa mengonsumsi dan menghancurkan dirimu. – Mufti Ismail Menk

Allah cemburu

Allah has a sense of Ghirah (self-respect or protective jealousy), and Allah’s sense of Ghirah is provoked when a believer does something which Allah has prohibited. – Hadits

Sesungguhnya Allah cemburu, dan kecemburuan Allah adalah ketika melihat seorang mukmin melanggar apa yang Allah larang. – Hadis

Mari bersaudara

Never hate, Never be jealous, Never think ill, and Never boycott Each other. Always remain brothers to Each other O servant of Allah. – Hadits

Jangan membenci satu sama lain, janganlah cemburu satu sama lain, dan jangan menelantarkan satu sama lain. Namun, wahai para hamba Allah, bersaudaralah. – Hadis

Kata kata islami tentang cemburu, iri hati dan dengki

kata kata islami tentang cemburu iri hati dengki

Menyiksa diri sendiri

The jealous are troublesome to others, but a torment to themselves.

Cemburu itu merepotkan orang lain, tapi sebenarnya menyiksa diri mereka sendiri.

Merugikan diri sendiri

The overly jealous seek to harm and hurt other, but in the end only harm themselves.

Orang yang terlalu cemburu akan berusaha mencelakakan dan menyakiti orang lain, namun pada akhirnya hanya akan merugikan diri mereka sendiri.

Jangan beri alasan

I don’t give any reason for anyone to hate me. They create their own little drama out of jealousy.

Aku tidak memberikan alasan bagi siapa pun untuk membenciku. Mereka menciptakan drama kecil mereka sendiri karena merasa cemburu.

Mereka yang cemburu

Remember, those that try to destroy your happiness, do so out of jealousy. They are unhappy with their own miserable lives.

Baca juga:  16+ Kata Mutiara Islami Tentang Usia, Masa Muda dan Hari Tua

Ingatlah, mereka yang mencoba menghancurkan kebahagiaanmu, sebenarnya mereka melakukan hal itu karena cemburu. Mereka tidak senang dengan kehidupan mereka sendiri yang menyedihkan.

Lebih rendah darimu

Anyone that hates on you is always below you, because they’re just jealous of what you have.

Siapa pun yang membencimu selalu berada di bawahmu, karena sesungguhnya mereka hanya cemburu dengan apa yang kamu miliki.

Orang mukmin

A believer is never jealous. – Ali bin Abi Thalib

Orang mukmin tidak akan pernah merasa iri hati atau cemburu. – Ali bin Abi Thalib

Harga diri yang rendah

Jealousy does nothing but prove low self-esteem of the person who is feeling it.

Cemburu tidak memberi manfaat apapun kecuali membuktikan harga diri yang rendah dari orang yang memiliki perasaan itu.

Mereka yang tidak bahagia

People are probably not happy with their lives if they’re busy discussing yours.

Barangkali mereka yang sibuk membicarakan masalahmu adalah orang-orang yang tidak bahagia dengan kehidupan mereka sendiri.

Dosa pertama

Seek refuge in Allah from the evil of jealousy. Remember, jealousy was the cause of the first sin in both heaven and earth.

Mohonlah perlindungan kepada Allah dari jeleknya perasaan cemburu. Ingatlah, cemburu adalah penyebab dosa pertama di langit dan bumi.

Sumber kegetiran

Jealousy of others leads to bitterness. Stop focusing on how great their life is, and start focusing on how you can make your life better.

Cemburu pada orang lain hanya akan menyebabkan kegetiran. Berhentilah memusatkan perhatian pada betapa hebatnya kehidupan mereka, dan mulailah memusatkan perhatian pada bagaimana kamu dapat membuat hidupmu menjadi lebih baik.

(Baca juga: Kata bijak islami tentang pertemanan)

Semoga beberapa kata mutiara islam tentang cemburu, iri hati, dan dengki di atas bisa menjadi nasehat bagi diri kita untuk senantiasa membersihkan hati dari segala kotoran dosa. Karena ketika hati dipenuhi dengan dosa dan kebencian maka hidayah Allah juga akan sulit masuk.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular