Kata Bijak IslamiKata Motivasi IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

45+ Gambar Kata Mutiara Islami, Nasehat Indah Penuh Inspirasi

Gambar kata mutiara islami ini memuat banyak nasehat bijak untuk kehidupan seorang muslim yang lebih baik. Banyak inspirasi dan motivasi yang bisa diambil.

Kita selalu membutuhkan nasehat setiap saat. Karena kita hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. Manusia adalah makhluk labil yang terkadang berbuat baik dan terkadang berbuat buruk, terkadang ingat dan terkadang lupa. Inilah pentingnya nasehat yang senantiasa menjadi pengingat bagi kita agar tidak melangkah ke luar jalur yang tidak diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Nasehat tidak pernah merugikan siapapun. Melalui nasehat, orang salah menjadi benar, orang lupa menjadi ingat, orang tidak tahu menjadi tahu, dan orang baik menjadi lebih baik lagi. Kebiasaan saling memberi nasehat sangat penting dibangun agar keburukan di tengah masyarakat tidak terus berlanjut, apalagi sampai menjadi budaya.

Begitu pentingnya nasehat, hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam salah satu sabdanya mengatakan “agama adalah nasehat”. Gambar kata mutiara islami ini memuat banyak nasehat berharga yang penting untuk kita jadikan pegangan hidup.

Nasehat bisa datang dari mana saja dan dari siapa saja. Banyak nasehat yang bisa kita ambil dari apapun yang ada di sekeliling jika kita mau melihatnya dengan pandangan penuh ketawadhuan. Karena nasehat tidak akan merasuk ke dalam hati yang dipenuhi dengan kesombongan. Termasuk kesombongan adalah ketika seseorang anti terhadap nasehat yang disampaikan oleh orang lain kepadanya.

Nasehat baik, sekecil apapun itu bentuknya, bisa menjadi investasi kebaikan yang akan bermanfaat bagi kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat. Terlebih jika nasehat yang kita sampaikan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan kebaikan. Allah subhanahu wa ta’ala telah menjamin dalam surat Al-‘Ashr, bahwa orang yang memiliki kebiasaan saling menasihati adalah golongan orang-orang yang tidak akan merugi.

(Baca juga: Kata mutiara islami bergambar paling inspiratif)

Gambar Kata Bijak Islami Terbaik

gambar kata mutiara islami

Berikut ini mutiaraislam sajikan kumpulan gambar kata mutiara islami yang memuat nasehat tentang beragam tema kehidupan. Dilengkapi dengan gambar quotes yang menarik, kamu bisa dengan mudah menggunakannya sebagai media dakwah untuk berbagi nasehat ke orang lain melalui berbagai media sosial milikmu.

Istighfar Pintu Pertolongan Allah

gambar kata islami - istighfar pintu pertolongan

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.”  (HR. Ahmad)

Ibadah Terasa Hampa

gambar kata islami - ibadah terasa hampa

Dzul Nun Al-Mishri rahimahullah berkata,

كما لا يجد الجسد لذة الطعام عند سقمه، كذلك لا يجد القلب حلاوة العبادة مع الذنوب

“Sebagaimana jasad tidak akan merasakan lezatnya makanan ketika sakit, demikian juga hati tidak akan merasakan manisnya ibadah ketika dosa-dosa masih ada padanya.” (Fathul Bari Ibnu Rajab, 1/51)

Tak akan bersatu

gambar kata islami - keikhlasan

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Keikhlasan tidak akan pernah bersatu dengan: sifat suka dipuji, disanjung dan keserakahan terhadap harta manusia. Karena yang demikian itu ibarat tidak akan bersatunya api dan air.” (Al-Fawaid, hal. 149)

Baca juga:  46+ Kata Mutiara Islami Tentang Menjaga Lisan

Di Antara Tanda Teman Sejati

gambar kata islami - tanda teman sejati

Imam Ibnul Atsir rahimahullah berkata,

‏الصديق إن رأى من أخيه سيئة وطئها بالقدم، وإن رأى حسنة رفعها على علم

“Seorang teman sejati, jika melihat keburukan dari saudaranya, dia akan menginjak (menutupi) keburukan tersebut dengan kaki. Jika dia melihat kebaikan, dia akan mengangkat kebaikan tersebut di atas gunung.” (al-Matsal as-Sa’ir fi Adab al-Katib wa asy-Sya’ir, 1/125)

Melelahkan

gambar kata islami - mengejar dunia

Lomba yang paling melelahkan adalah lomba mengejar dunia. Sejauh apapun mengejarnya, finishnya adalah kematian.

Pesan rindu

gambar kata islami - pesan rindu

Allah punya banyak cara untuk menyampaikan pesan rindu kepada hamba-Nya. Di antaranya dengan memberimu ujian agar kamu lekas menemui-Nya.

Tanda-tanda Orang Munafik

gambar kata islami - tanda orang munafik

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata, “Seorang munafik memiliki tiga tanda; malas jika sendirian, semangat jika bersama orang lain, dan dalam semua urusannya selalu berusaha mendapatkan pujian.” (Hilyatul Auliya’, 4/47)

Orang yang Paling Banyak Hisabnya

gambar kata islami - paling banyak hisabnya

Muawiyah bin Qurrah rahimahullah berkata,

أكثر الناس حسابا يوم القيامة الصحيح الفارغ

“Manusia yang paling banyak hisabnya pada hari kiamat nanti adalah orang sehat yang banyak menganggur (tidak menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat di dunia atau di akhirat).” (Iqtidhaul ‘Ilmil ‘Amal, hal. 103)

Di Antara Keutamaan Istighfar

gambar kata islami - keutamaan istighfar

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Barangsiapa memiliki sifat suka istighfar, maka Allah akan menggampangkan rezekinya, memudahkan urusannya, serta menjaga keadaan dan kekuatannya.” (Tafsir Surat Huud ayat 52)

Kita Harus Shalih dulu

gambar kata islami - kita harus shalih dulu

Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah berkata,

فإن صلاح الوالدين بالعلم والعمل من أعظم الأسباب لصلاح أولادهم

“Sesungguhnya perbaikan diri kedua orangtua dengan menuntut ilmu yang bermanfaat dan mengerjakan amal shalih adalah penyebab paling besar atas keshalihan anak-anak mereka.” (Tafsir As-Sa’di Taisir Al-Karim Ar-Rahman, hlm. 781)

IKHLAS itu ..

gambar kata islami - ikhlas

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,

المُخلِص لربّه كالماشي على الرمل، لا تسمع خطواته ولكن ترى آثاره

“Orang yang ikhlash untuk Rabbnya laksana seorang yang berjalan di atas pasir, tak terdengar langkah kakinya namun terlihat jejaknya.” (Jami’ul Ulum wal Hikam, hal. 302)

Kualitas Iman

Jam alarm hanyalah sarana. Apa yang sebenarnya membangunkanmu untuk shalat subuh adalah imanmu.

Hati Pendengki

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata,

الحَاسِدُ يَرَى زَوَالَ نِعْمَتِكَ نِعْمَةً عَلَيْهِ

“Pendengki melihat hilangnya anugerahmu sebagai anugerahnya.” (Al-Hikam, hal. 124)

Berat untuk taat

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata,

إِذَا ثَقِلَ الظَهْرُ بِالْأَوْزَارِ، مُنِعَ الْقَلْبُ مِنَ السِّيَرِ إِلَى اللهِ وَالْجَوَارِحُ مِنَ النُّهُوْضِ فِي طَاعَتِهِ

“Jika punggung telah berat memikul dosa-dosa, maka hati akan terhalangi untuk berjalan menuju Allah dan anggota badan juga akan terhalangi untuk bangkit melaksanakan ketaatan kepada-Nya.” (Bada’iut Tafsir, 3/332)

Dunia tempat beramal

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah berkata,

الدنيا دار عمَل والآخرة دار جزاء فمن لم يعمل هُنا نَدِم هناك

“Dunia adalah negeri tempat beramal, dan akhirat adalah negeri pembalasan. Maka barangsiapa yang tidak beramal di dunia, pasti akan menyesal di akhirat.” (Az-Zuhd, karya Al-Baihaqi, hal. 282)

Masih Mau Sombong?

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Jika engkau ingin melihat siapa dirimu, maka ambillah segenggam tanah, sesungguhnya dari itulah engkau diciptakan, ke dalamnya engkau dikembalikan, dan darinya engkau dibangkitkan.” (Tadzkirah fil Wa’dz, 1/169)

Baca juga:  41+ Kata Mutiara Islami Ibnu Athaillah yang Begitu Bijak Nan Indah

Cara Allah

Terkadang Allah menjauhkanmu dari sesuatu, untuk mendekatkanmu pada sesuatu yang lebih baik.

Jangan meremehkan sebuah dosa

Fudhail bin Iyadh rahimahullah berkata,
“Apabila engkau menganggap kecil suatu dosa, maka ia pun akan menjadi besar di sisi Allah Yang Maha Kuasa. Dan apabila engkau menganggap besar suatu dosa, maka ia pun akan kecil di sisi Allah Yang Maha Besar.” (Siyar A’lamin Nubala’, 7/396)

Tanda Kesempurnaan Iman

Ibnu Rajab rahimahullah berkata,

فتقوى الله في السر هو علامة كمال الإيمان

“Bertakwa kepada Allah dalam kesendirian adalah tanda kesempurnaan iman.” (Jami’ul ‘Ulum wal Hikam)

Agar tak malas beramal

كلَّما دعَتك نفسك لترك عمَل صالح، قل لها: لعلِّي بهذا العمل أَدخل الجنَّةَ

“Setiap kali hawa nafsu mendorongmu untuk tidak beramal, katakan padanya, ‘Bisa jadi dengan amal ini aku masuk ke dalam surga.'” (Ibnu Qayyim)

Penyesalan

Setiap kebaikan yang tidak kita ambil saat ini, akan menjadi penyesalan saat wafat nanti.

Harta dan Amal

Harta menemanimu hanya seumur hidupmu, sementara amal akan menemanimu sampai ke tempat peristirahatan terakhirmu.

Pasti diganti

Sesungguhnya Allah tidak pernah mengambil apa-apa yang kita sayangi tanpa mengganti dengan yang lebih baik.

Penghalang Terbesar dari Rahmat Allah

“Maksiat menghalangi seorang hamba dari rahmat Allah dan menutup pintu-pintunya, sebagaimana ketaatan merupakan sebab terbesar untuk meraih rahmat-Nya.” (Tafsir As-Sa’di, hal. 494)

Hati

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Hati itu telah difitrahkan untuk menyukai orang yang berbuat baik kepadanya dan membenci orang yang berbuat buruk kepadanya.” (Syu’abul Iman, 11/306)

Merasa Cukup Dengan Pemberian Allah

Rasulullah ﷺ bersabda,

فإنَّ ما قَلَّ وكَفى خيرٌ ممَّا كَثُرَ وألْهى

“Sesungguhnya yang sedikit dan mencukupi lebih baik daripada yang banyak namun melalaikan.” (HR. Abu Ya’la dan Ad-Dhiya. Lihat Shahih Al-Jami’ no. 5653)

Tanda Allah Berpaling Darimu

Hasan Al-Bashri rahimahullah mengatakan,

من علامة إعراض الله عن العبد أن يجعل شغله فيما لا يعنيه

“Termasuk tanda bahwa Allah berpaling dari seorang hamba adalah Dia menjadikan si hamba sibuk pada hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.” (At-Tamhid Hadis ke-21 hal. 200 karya Ibnu Abdil Barr)

Hilangnya Rasa Malu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ

“Jika engkau tidak punya rasa malu, maka berbuatlah sesukamu.” (HR. Bukhari)

Tawakkal

Jangan lupa sertakan tawakkal dalam setiap usaha dan doamu.

Kematian Itu Tiba-tiba

لَا تُؤَخِّرِ التَّوْبَةَ، فَإِنَّ الْمَوْتَ قَدْ يَأْتِي بَغْتَةً

“Janganlah engkau menunda-nunda taubat, karena sesungguhnya kematian itu datang tiba-tiba.” (Qaharul Amal karya Ibnu Abi Dunya hal. 178)

Masa Sulit

Untuk masa sulitmu, biarlah Allah yang akan menguatkanmu. Tugasmu adalah memastikan bahwa jarak di antara kamu dengan Allah tidak pernah jauh.

Yang layak ditangisi

Al-Imam Ahmad bin Abdil Hawary rahimahullah berkata, “Tangisan yang paling utama adalah tangisan seorang hamba atas waktunya yang terlewat tidak sesuai dengan bimbingan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” (Tahdzibul Kamal, 1/374)

Baca juga:  62+ Kata Bijak Para Ulama Terdahulu, Penuh Pesan Nasehat Berharga

Orang mati

ليس الميت من خرجت روحه من جنبيه , وإنما الميت من لا يفقه ماذا لربه من الحقوق عليه

“Orang yang mati bukanlah orang yang keluar ruh dari tubuhnya. Tetapi orang yang mati yaitu orang yang tidak mengerti apa hak-hak Rabbnya terhadap dirinya.” (Ibnu Jauzi: At-Tadzkirah hal. 18)

Jangan mencela hujan

وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ

“Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan).. ” (QS. Al-A’raf: 57)

Di Antara Tanda Kiamat:
Waktu Terasa Cepat Berlalu

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ فَتَكُونَ السَّنَةُ كَالشَّهْرِ، وَيَكُونَ الشَّهْرُ كَالْجُمُعَةِ، وَتَكُونَ الْجُمُعَةُ كَالْيَوْمِ، وَيَكُونَ الْيَوْمُ كَالسَّاعَةِ، وَتَكُونَ السَّاعَةُ كَاحْتِرَاقِ السَّعَفَةِ

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga zaman berdekatan (waktu terasa singkat), setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan sehari, sehari bagaikan sejam dan sejam bagaikan terbakarnya pelepah pohon kurma.” (HR. Ahmad)

Lillah

Ubahlah kata lelah itu menjadi lillah, agar menjadi lebih berkah. Karena Allah menyukai hamba-Nya yang pekerja keras namun tetap taat kepada-Nya.

IMAN

Iman ibarat pohon. Jika ia tak disiram dengan kebaikan, maka ia akan layu dan mati.

Tak akan miskin

Tidak ada manusia yang miskin karena sedekah

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Jagalah Diri dan Keluarga Kita Dari Api Neraka

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

Agar nasehat bermanfaat

Dari Malik bin Dinar rahimahullah berkata, “Apabila seorang alim tidak mengamalkan ilmunya, nasihatnya tidak akan meresap ke dalam kalbu (para pendengarnya), sebagaimana tetesan air hujan yang jatuh di atas batu yang licin.” (Imam Ahmad: Az-Zuhd hal. 539)

Hikmah musibah dan ujian

لولا هذا الابتلاء والإمتحان لما ظهر فضل الصبر والرضا والتوكل والجهاد والعفة والشجاعة والحلم والعفو والصفح

“Seandainya tidak ada musibah dan cobaan, niscaya tidak akan nampak keutamaan sabar, ridha, tawakkal dan jihad.”

Seperti pohon

كن كالشجرة المثمرة يرميها الناس بالحجارة وترميهم بأ طيب الثمار

Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan. Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah.

Ketika Kita Punya Allah

“Jika Allah menolongmu, maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu.” (QS. Ali Imran: 160)

Ilmu dan hawa nafsu

فإذا ضعف العلم غلب الهوى الإنسان

“Apabila ilmu (agama) seseorang itu lemah, hawa nafsunya akan mengalahkan dirinya.” (Ibnu Taimiyah: Majmu Al-Fatawa, 15/242)

Seakan hari terakhir

“Jalanilah hidup setiap hari seakan-akan hari terakhir dalam hidupmu. Kelak hari (terakhir) itu akan benar terjadi dalam hidupmu.” (Ibnu Qayyim)

(Baca juga: Kata bijak islami bergambar penuh nasehat)

Itulah beberapa gambar kata mutiara islami yang semoga bisa menjadi nasehat dan inspirasi bagi kita semua untuk menjadi pribadi muslim yang semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button