Thursday, April 25, 2024
HomeKata Bijak Islami29 Kata Mutiara Islami Tentang Taubat dari Berbuat Dosa

29 Kata Mutiara Islami Tentang Taubat dari Berbuat Dosa

Taubat merupakan salah satu konsep penting dalam agama Islam yang menandakan kesadaran seseorang akan dosa-dosa yang telah dilakukan dan niat yang kuat untuk kembali kepada jalan yang benar. Dalam Islam, taubat dipandang sebagai pintu pengampunan dan kesempurnaan spiritual. Dalam artikel ini, kami akan mengulas kumpulan kata Islami tentang taubat, memberikan panduan untuk melakukan taubat yang benar.

Taubat adalah bagian integral dari keyakinan Islam yang menunjukkan keberanian seseorang untuk mengakui kesalahan dan bertekad untuk memperbaiki diri. Kata-kata Islami tentang taubat mengingatkan kita akan pentingnya mengambil langkah menuju pengampunan Allah dan kesucian hati.

Taubat yang benar melibatkan langkah-langkah konkret, seperti menyesali dosa-dosa yang telah dilakukan, bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut, memperbaiki hubungan dengan Allah dan sesama, serta melakukan amal saleh sebagai tanda kesungguhan. Kata-kata Islami tentang taubat memberikan petunjuk dan inspirasi bagi mereka yang ingin melakukan taubat yang tulus dan ikhlas.

Seringkali, rasa malu dan ragu menjadi hambatan bagi seseorang untuk melakukan taubat. Namun, kata-kata Islami tentang taubat mengajarkan bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang, siap menerima taubat hamba-Nya tanpa memandang seberapa besar dosa yang telah dilakukan.

Taubat bukan hanya sekedar meminta pengampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan, tetapi juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kata-kata Islami tentang taubat mengajarkan bahwa dengan taubat yang tulus, seseorang dapat merasakan kehadiran Allah yang penuh kasih sayang dan pengampunan.

Taubat bukanlah akhir dari segalanya, tetapi awal dari perjalanan baru menuju kehidupan yang lebih bermakna dan berarti. Dengan melakukan taubat yang tulus, seseorang dapat membangun kembali hubungan yang harmonis dengan Allah dan sesama, serta menjalani hidup dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Taubat tidak hanya membawa manfaat bagi individu yang melakukan, tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan taubat yang sama. Dengan menyebarkan kata-kata Islami tentang taubat, kita dapat memotivasi dan membimbing sesama muslim untuk kembali kepada jalan yang benar dan meraih pengampunan Allah.

(Baca juga: Kumpulan Ayat Alquran Tentang Taubat)

Kata bijak islami tentang taubat

kata bijak islami tentang taubat

Dengan memahami dan mengikuti kumpulan kata Islami tentang taubat, kita dapat merasakan keberkahan dan kesucian hati yang ditawarkan oleh taubat. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi para pembaca yang ingin mendekatkan diri kepada Allah melalui taubat yang tulus dan ikhlas.

  1. Jangan ditunda

Do not delay Taubah because as the journey gets longer, the return also becomes harder.

Baca juga:  Inilah Syarat Diterimanya Taubat

Jangan menunda Taubat, karena semakin lama perjalanan yang ditempuh, kembalinya juga menjadi semakin sulit.

  1. Sekarang juga

The sun may rise tomorrow, but you may not. Repent today.

Mungkin Matahari masih terbit esok hari, tapi belum tentu dengan kamu (apakah masih hidup ataukah tidak). Maka bertaubatlah hari ini.

  1. Allah suka

Truly, Allah loves those who turn unto Him in repentance and loves those who purify themselves. – (Q.S Al-Baqarah: 222)

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. – (Q.S Al-Baqarah: 222)

  1. Berkah terindah

The most beautiful blessing we have been given is the chance to repent. So, what are you waiting for?

Berkah terindah yang telah diberikan kepada kita adalah kesempatan untuk bertaubat. Jadi tunggu apa lagi?

  1. Kekuatan istighfar

Never underestimate the power of istighfar (asking for Allah’s forgiveness). It’s the weapon that brings you back to Allah and can ease your hardship.

Jangan pernah meremehkan kekuatan istighfar (memohon ampunan Allah). Karena itu adalah senjata yang akan membawamu kembali kepada Allah dan dapat meringankan kesulitan yang kamu hadapi.

  1. Lebih disukai Allah

The sin which makes you sad and repentant is more liked by Allah than the good deed which turns you arrogant. – Ali bin Abi Thalib

Dosa yang membuatmu sedih dan menyesal itu lebih disukai oleh Allah daripada perbuatan baik yang membuatmu sombong. – Ali bin Abi Thalib

  1. Jeritan penduduk neraka

The sigh of the people of Hell is mostly because of the postponement of repenting. – Hadits

Kebanyakan jeritan dari para penghuni neraka itu adalah penyesalan karena menunda taubat mereka. – Hadis

  1. Kesungguhan taubat

True repentance is not only turning away from the bad, it’s turning towards the good and sincerely trying to stay on that path.

Taubat sejati bukan hanya berhenti dari berbuat maksiat, namun juga berbalik menuju kebaikan dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk tetap berada di jalan kebaikan itu.

  1. Diganti Allah

Except for those who repent, believe and do righteous work. For them Allah will replace their evil deeds with good. – (Q.S Al-Furqan: 70)

Kecuali orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh. Maka kejahatan mereka itu akan diganti oleh Allah dengan kebaikan (di akhirat kelak). – (Q.S Al-Furqan: 70)

  1. Mau bertaubat
Baca juga:  12+ Kata Bijak Imam Malik, Ulama yang Tegas dan Konsisten

Every son of Adam is prone to err, and the best of those who err are those who repent. – Hadits

Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik mereka yang berbuat kesalahan adalah yang mau bertaubat. – Hadis

Kata mutiara islami tentang taubat

  1. Untuk kewajiban

Make tawba not just for sins you’ve committed, but also for obligations you haven’t fulfilled. – Ibn Taymiyyah

Jadikan taubat bukan hanya untuk dosa-dosa yang telah kamu lakukan, tapi juga untuk kewajiban yang belum kamu tunaikan. – Ibn Taymiyyah

  1. Meraih kebahagiaan

Happiness is attained by three things: 1) being patient when tested, 2) being thankful when receiving a blessing, and 3) being repentant upon sinning. – Ibn al-Qayyim

Kebahagiaan dicapai melalui tiga hal: 1) Bersabar ketika diuji, 2) Bersyukur ketika menerima nikmat, dan 3) bertaubat atas dosa-dosa. – Ibn al-Qayyim

  1. Sedikit demi sedikit

Don’t get used to overlooking your small sins. Like pebbles, they add up and soon turn into mountains. – Mufti Ismail Menk

Jangan terbiasa meremehkan dosa kecil. Ibarat kerikil, sedikit demi sedikit bertambah dan segera berubah menjadi gunung. – Mufti Ismail Menk

  1. Supaya beruntung

O you Believers, Turn you all together towards Allah (in repentance) so that you may attain Bliss (honor). – (Q.S An-Nur: 31)

Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. – (Q.S An-Nur: 31)

  1. Kedamaian

You want peace? Bow down to Allah, put your forehead on the ground, talk to Him and pour yourheart out, reflect, regret and repent.

Kamu menginginkan kedamaian? taatlah kepada Allah, taruh keningmu di atas tanah, bicaralah kepada-Nya dan curahkan semua isi hatimu, renungkan, sesali dan bertaubatlah.

  1. Penyakit

Sinning is a disease, repentance is its medicine, and abstinence from it is a sure cure. – Ali bin Abi Thalib

Dosa adalah penyakit, taubat adalah obatnya, dan berpantang dari itu adalah obat yang paling mujarab. – Ali bin Abi Thalib

  1. Keindahan islam

The beauty of Islam is that it’s never too late to ask Allah for forgiveness, but we also have to remember you never know when you’ll die.

Keindahan Islam adalah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memohon ampunan kepada Allah, tapi kita juga harus ingat bahwa kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan mati.

  1. Masih diterima
Baca juga:  23+ Kata Mutiara Islami Tentang Waktu dan Pentingnya Memanfaatkan Waktu

Allah accepts repentance from a person as long as death does not reach his throat. – Hadits

Sesungguhnya Allah masih menerima taubat seorang hamba selama nyawanya belum sampai di kerongkongan. – Hadis

Kata kata islami tentang taubat

kata kata islami tentang taubat
  1. Taubat nasuha

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). – (QS. At-Tahrim: 8)

  1. Belum tentu

Belum tentu yang ahli maksiat masuk neraka. Belum tentu juga yang ahli ibadah masuk surga. Karena dosa dapat terhapus dengan kesungguhan taubat, dan pahala dapat terhapus dengan ujub dan riya’.

  1. Jangan putus asa

Sekelam apapun masa lalu kita, selagi kita masih bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ampunan dari Allah Yang Maha Esa.

  1. Bertaubat setiap hari

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Nya setiap hari lebih dari 70 kali.” – Hadis

  1. Kesempatan untuk bertaubat

Kenapa Allah masih hidupkan aku hari ini? jawab Imam Ghazali, “Karena dosaku terlalu banyak dan Allah masih izinkan aku untuk bertaubat.”

  1. Tetap suci

Tak peduli seburuk apapun masa lalumu, masa depanmu masih tetap suci dan masih bisa selamat akhirat & dunia. Yuk bertaubat dan berhijrah.

  1. Bersaing

Jika kamu tidak mampu bersaing dengan orang shalih dalam ibadahnya, maka bersainglah dengan pendosa (yang taubat) dalam istighfarnya. – Ibnu Rajab

  1. Bagai minum racun

Berbuat dosa bagaikan meminum racun, maka taubat adalah penawar dan obatnya, sedangkan ketaatan adalah kesehatan dan keselamatan. – (Ibnu Qayyim, Madarijus Salikin: 1/222)

  1. Hari terbaik

Sebaik-baik hari dan Seutama-utama hari bagi seorang hamba secara mutlak adalah hari di saat ia kembali dan bertaubat kepada Allah. – (Ibnu Qayyim, Zadul Ma’ad: 3/585)

  1. Memperbaiki keadaan

Bila engkau ingin mengubah keadaanmu yang sulit, ubahlah dulu keadaan dosamu dengan taubat. – Ibnu Qayyim

  1. Banyak istighfar

Perbanyaklah beristighfar, saat ada di rumah, ketika menghadap makanan, ketika di jalan, ketika di pasar, ketika kamu berada di dalam majelis, atau di mana saja kamu berada. Karena kamu tidak tahu, kapan turunnya ampunan Allah. – Hasan Al-Bashri

(Baca juga: Kata bijak islami tentang dosa dan maksiat)

Semoga beberapa kata bijak islam tentang taubat tersebut membuat kita semakin berhati-hati dengan dosa dan segera kembali kepada Allah dengan jalan bertaubat memohon ampunan-Nya.

RELATED ARTICLES

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular