Kata Bijak IslamiKata Motivasi IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

28+ Kata Mutiara Islami Tentang Keadilan, Pilar Penting Kehidupan

Bagaimana islam memandang keadilan? beberapa kata mutiara islami tentang keadilan ini akan memberimu pemahaman mengenai hal itu. Membacanya, membuatmu mengerti betapa islam adalah agama yang sangat adil dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip keadilan dalam seluruh ajarannya.

Salah satu sifat terpuji yang harus dimiliki seorang muslim adalah sifat adil. Telah banyak dalil, baik dari Al-Qur’an maupun As-Sunnah, yang menerangkan keutamaan berlaku adil. Secara etimologis, adil berasal dari bahasa arab al-‘adl yang berarti tidak memihak, tidak berat sebelah. Sedangkan secara terminologis, adil berarti mempersamakan sesuatu dengan yang lain, sehingga sesuatu itu tidak berbeda satu sama lain, baik dari segi nilai maupun ukuran. Dalam konteks hukum, adil juga berarti berpihak pada kebenaran.

Adil bukan berarti berbagi sama rasa sama rata seperti disangkakan sebagian orang. Dalam islam, ukuran berlaku adil itu proporsional. Sebagaimana disampaikan oleh sosiolog muslim Ibnu Khaldun, adil adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya. Karena berbagi sama rasa sama rata belum tentu adil, bisa jadi justru malah salah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya yang akhirnya menjadi tidak adil.

Kata mutiara islami tentang keadilan pada artikel ini akan meluruskan pemahaman kita mengenai seperti apa adil yang sesungguhnya menurut islam. Pada kenyataannya, masih banyak terjadi bias makna di tengah masyarakat dalam memahami keadilan.

Islam mendorong kita untuk berlaku adil dalam hal apapun. Baik dalam menetapkan hukum, memberikan persaksian, memberikan hak kepada orang lain, adil dalam perniagaan, dan lain sebagainya. Bahkan terhadap lawan atau orang yang kita benci sekalipun, Islam mendorong kita untuk tetap berlaku adil. Jangan sampai ketidaksukaan kita kepada seseorang, mendorong kita berlaku diskriminatif dan tidak adil terhadapnya (QS. Al-Maidah: 8).

Seorang muslim seharusnya menjadi pribadi yang visioner, yang memiliki pemikiran dan pandangan jauh ke masa depan yaitu akhirat. Muslim yang visioner akan selalu memikirkan konsekuensi baik buruk yang akan ia terima di akhirat dari setiap perilakunya di dunia. Ia akan berusaha menghindari perilaku tidak adil dalam hal apapun, karena ia sadar betul bahwa Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat segala perbuatan hamba-Nya.

Koleksi kata mutiara islami tentang keadilan ini akan memotivasi diri kita untuk menjadi pribadi yang adil dan selalu sadar akan pengawasan Allah. Sikap mawas diri inilah yang bisa menjadi rem bagi kita untuk tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain. Karena di akhirat kelak, keadilan Allah pasti akan ditegakkan.

Orang yang mengutamakan keadilan akan memperoleh beberapa keutamaan untuk kehidupan dunia dan akhiratnya. Antara lain: perilaku adil mendekatkan seseorang pada ketakwaan (QS. Al-Maidah: 8; orang yang adil dicintai oleh Allah subhanahu wa ta’ala (QS. Al-Hujurat: 9); orang yang adil dijanjikan keselamatan dunia akhirat (HR. At-Thabrani). Dan masih banyak keutamaan lainnya bagi orang-orang yang menegakkan keadilan.

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang kejujuran)

Kata Bijak Islami Tentang Keadilan

kata bijak islami tentang keadilan

Keadilan menjadi dambaan semua orang. Dalam kehidupan rumah tangga, di kantor, tempat kerja, sekolah, dan di manapun itu keadilan berperan sangat penting dalam merawat hubungan baik antar sesama. Beberapa kata mutiara islami tentang keadilan ini memuat pesan nasehat dan motivasi bijak bagi kita untuk mewujudkan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga:  26+ Kata Mutiara Islami Tentang Hawa Nafsu

Menyikapi penguasa tidak adil

Apabila penguasa itu adalah seorang yang adil, maka ia mendapatkan ganjaran dan wajib bagimu bersyukur. Namun jika penguasa adalah seorang yang jahat, maka ia menanggung dosa, dan wajib bagimu untuk bersabar. – (Abdullah bin Mas’ud dalam Kitab ‘Uyunul Akhbar)

Pengertian adil

Adil ialah menimbang yang sama berat. Menyalahkan yang salah dan membenarkan yang benar, mengembalikan hak yang empunya dan jangan berlaku zalim di atasnya. – Buya HAMKA

Islam agama yang adil

Syariat islam itu seluruhnya adil, memerintahkan keadilan dan melarang kezaliman. Dan keadilan yang paling adil adalah mengakui dan ikhlas dalam menauhidkan Allah, beriman dengan sifat-sifat dan namanya yang indah, ikhlas dalam beribadah hanya kepada-Nya. Adapun kezaliman yang paling zalim adalah syirik (menyekutukan Allah).

Indahnya islam

Islam semuanya indah. Aqidahnya, paling shahih dan manfaat. Akhlaknya, paling terpuji dan indah. Hukumnya, paling baik dan adil. – Ibnu Sa’di

Yang paling sedikit

Tidak ada sesuatu yang paling sedikit di tengah-tengah manusia dibandingkan sikap adil. – (Imam Malik: At-Thuyuriyyat, 914)

Akibat Kurang Berilmu

Kadang cara kita menyikapi kesalahan, lebih parah daripada kesalahan itu sendiri, maka renungkanlah! Hal ini akibat dari sikap mengedepankan nafsu dan ego daripada ilmu. Karena bagi orang yang berilmu, akan mengedepankan sikap adil dan hikmah.

Akhlak baik

4 rukun yang mesti ada dalam “Akhlak baik”: 1) Sabar; 2) Menjaga kehormatan diri; 3) Berani; 4) Berbuat adil. – (Ibnu Qoyyim)

Pendusta

Sedusta-dustanya seseorang adalah dia yang berbicara mengenai kejujuran padahal dia sendiri seorang pembohong, atau mengenai keadilan padahal ia seorang yang zhalim, atau mengenai persatuan padahal ia pemecah belah, atau mengenai kemanusiaan padahal ia perusak/pembantai manusia.

Benteng keadilan

Seorang gubernur menulis kepada Umar ibn ‘Abdul ‘Aziz, “Sesungguhnya kota kami perlu membangun benteng”. Maka Umar ibn ‘Abdul ‘Aziz membalas, “Bentengi kotamu dengan keadilan, dan hilangkan kezaliman dari jalan-jalan kota”

Menilai pertemanan

“Jika kamu ingin mengetahui nilai hubunganmu dengan temanmu yang sebenarnya, maka buatlah dia marah. Jika dia memperlakukan kamu dengan adil ketika dia marah maka dia adalah teman sejati. Dan jika tidak, maka jauhi dia.” – Sufyan Ats-Tsauri

6 Unsur Kemakmuran Negeri

أَنَّ مَا بِهِ تَصْلُحُ الدُّنْيَا حَتَّى تَصِيرَ أَحْوَالُهَا مُنْتَظِمَةً، وَأُمُورُهَا مُلْتَئِمَةً، سِتَّةُ أَشْيَاءَ هِيَ قَوَاعِدُهَا، وَإِنْ تَفَرَّعَتْ، وَهِيَ : دِينٌ مُتَّبَعٌ وَسُلْطَانٌ قَاهِرٌ وَعَدْلٌ شَامِلٌ وَأَمْنٌ عَامٌّ وَخِصْبٌ دَائِمٌ وَأَمَلٌ فَسِيحٌ

“Ada enam unsur untuk menjadikan dunia menjadi aman dan tenteram, yaitu tuntunan agama, pemimpin yang kuat, keadilan tersebar, keamanan yang merata, kesuburan tanaman, dan semangat tinggi.” – (Imam Al-Mawardi: Adabud Dunya wa Din, hal. 135)

Baca juga:  Kumpulan Ayat-Ayat Alquran Tentang Keadilan dalam Menegakkan Hukum

Doa yang tidak tertolak

ﺛﻼﺙ ﻻ ﺗﺮﺩ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻄﺮ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﺩﻝ ﻭ ﺍﻟﻤﻈﻠﻮﻡ⁣

”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzhalimi.”⁣ (HR. Tirmidzi no. 3595)⁣

Keadilan di hari kiamat

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حَاسِبِيْنَ

Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan.” – (QS. Al-Anbiya’: 47)

Keadilan Allah Terhadap Orang Dzalim

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللّٰهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظّٰلِمُوْنَ ەۗ اِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيْهِ الْاَبْصَارُۙ

“And never think that Allah is unaware of what the wrongdoers/unjust do. He only delays them for a day when eyes will stare.” – (QS. Ibrahim: 42)

“Dan janganlah engkau mengira, bahwa Allah lengah dari apa yang diperbuat oleh orang yang zhalim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak,” – (QS. Ibrahim: 42)

Jadilah penegak keadilan

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ كُونُوا۟ قَوَّ ٰ⁠مِینَ بِٱلۡقِسۡطِ شُهَدَاۤءَ لِلَّهِ وَلَوۡ عَلَىٰۤ أَنفُسِكُمۡ

“Oh you who believe, stand firm for justice even against your own selves.” – (QS. An-Nisa: 135)

“Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri.” – (QS. An-Nisa: 135)

Kata kata islami tentang keadilan

kata kata islami tentang keadilan

Jangan berlaku diskriminatif

وَلَا یَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَـَٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰۤ أَلَّا تَعۡدِلُوا۟ۚ ٱعۡدِلُوا۟ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ

And do not let the hatred of a people prevent you from being just. Be just; that is nearer to righteousness. – (QS. Al-Ma’idah: 8)

Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. – (QS. Al-Ma’idah: 8)

Allah Maha Adil

Some of the toughest ayaat in the Quran have Allah’s name “ar-Rahman” in them to make it clear that just because Allah is the Most Merciful, it doesn’t mean He’s not going to carry out justice. – Nouman Ali Khan

Beberapa ayat terberat dalam Al-Qur’an memiliki nama Allah “ar-Rahman” di dalamnya untuk memperjelas bahwa hanya karena Allah Maha Penyayang, bukan berarti Dia tidak akan menjalankan keadilan. – Nouman Ali Khan

Keadilan di akhirat

If you believe in justice, surely you believe in the hereafter, because this world is not just. – Nouman Ali Khan

Jika kamu percaya pada keadilan, pastinya kamu percaya pada akhirat, karena dunia ini tidak adil. – Nouman Ali Khan

Agama keadilan

Islam is a religion of tolerance. But also a religion of justice. – Syekh Anwar Al-Awlaki

Baca juga:  23+ Kata Mutiara Islami Imam Syafi’i, Sang Pembela Sunnah

Islam adalah agama toleransi. Tapi juga agama keadilan. – Syekh Anwar Al-Awlaki

Adil terhadap musuh

For your brother, offer your blood and wealth, for your enemy, your justice and fairness, and for people in general, your joy and good favor. – Ali bin Abi thalib

Untuk saudaramu, persembahkan darah dan kekayaanmu. Untuk musuhmu, tawarkan keadilan dan kejujuranmu. Dan untuk orang-orang pada umumnya, tawarkan kegembiraan dan kebaikanmu. – Ali bin Abi thalib

Bagian agama

فَأَيُّ طَرِيقٍ اُسْتُخْرِجَ بِهَا الْعَدْلُ وَالْقِسْطُ فَهِيَ مِنْ الدِّينِ وَلَيْسَتْ مُخَالِفَةً لَهُ

Whichever path leads to justice and fairness is part of the religion and does not contradict it. – (Ibnu Qayyim: al-Turuq al-Hikmiya 1/13)

Jalan mana saja yang mengarah pada keadilan dan kejujuran adalah bagian dari agama dan tidak bertentangan dengannya. – (Ibnu Qayyim: al-Turuq al-Hikmiya 1/13)

Keadilan Allah

Every punishment from Him is pure justice and every blessing from Him is pure grace. – Ibnu Taimiyah

Setiap hukuman dari-Nya adalah murni keadilan dan setiap berkah dari-Nya adalah murni anugerah. – Ibnu Taimiyah

Itu bukan islam

Islam is justice if you see it go to oppression, then know that is not Islam. Ibnu Qayyim

Islam adalah keadilan. Jika kamu melihatnya melakukan penindasan, maka ketahuilah bahwa itu bukan Islam. Ibnu Qayyim

Keadilan dari Allah

People hurt you, ALLAH will heal you. People humiliate you, ALLAH will magnify you. People judge you, ALLAH will justify you.

Orang-orang menyakitimu, ALLAH akan menyembuhkanmu. Orang-orang mempermalukanmu, ALLAH akan membesarkanmu. Orang-orang menghakimimu, ALLAH akan memberikan keadilan untukmu.

Pemerintahan yang adil

Allah guards the justice loving government, even if it is the government of non-Muslims, and destroys the tyrant government, even if it is the government of Muslims. – Ibnu Taimiyyah

Allah melindungi pemerintahan yang cinta keadilan, meskipun itu adalah pemerintahan non-Muslim, dan menghancurkan pemerintahan tiran, meskipun itu adalah pemerintahan Muslim. – Ibnu Taimiyyah

Allah Hakim Terbaik

People will judge you, but remember Allah is the Best Judges of all. People will plot and plan, but remember Allah is the Best Planner of all.

Orang-orang akan menghakimimu, tapi ingatlah Allah adalah Hakim Terbaik dari semuanya. Orang-orang akan membuat rencana, tapi ingatlah Allah adalah Pembuat Rencana Terbaik dari semuanya.

Jihad terbaik

“The best Jihad is the word of Justice in front of the oppressive sultan.” – (HR. Abu Daud)

“Jihad yang paling utama adalah mengutarakan perkataan yang adil/benar di depan penguasa atau pemimpin yang zalim.” ( HR. Abu Daud)

(Baca juga: Kumpulan ayat alquran tentang keadilan)

Itulah beberapa kata mutiara islami tentang keadilan yang semoga memberimu inspirasi dan motivasi untuk senantiasa menjadi pribadi yang adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button