37 Kata Motivasi Islami Tentang HIJRAH

6
1691

Kumpulan kata motivasi islami tentang hijrah – Hijrah berarti berpindah, berubah, move on. Yaitu berpindah dari satu kondisi kurang baik menuju kondisi lebih baik yang dicintai oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan kata lain, Hijrah adalah langkah perubahan menuju ketaatan secara total kepada Allah.

Perubahan dalam hijrah menuntut seseorang untuk meninggalkan kondisi sebelumnya yang tidak baik. Mulai dari lingkungan tempat tinggal, teman pergaulan, hingga kebiasaan buruk yang sebelumnya masih dilakukan. Segala bentuk perubahan tersebut dimaksudkan semata-mata hanya untuk meraih ridha Allah subhanahu wa ta’ala.

Proses hijrah tidak selamanya berjalan mulus. Berbagai hambatan, tantangan dan godaan seringkali menjadi batu sandungan yang menguji keseriusan tekad seseorang dalam berhijrah. Inilah fase yang akan membuktikan seberapa besar kesungguhan seseorang dalam berhijrah dan sejauh mana ia istiqamah dalam menapaki jalan hijrah menuju ketaatan kepada Allah.

Kata Motivasi Islami Tentang Hijrah

Berikut ini kami sajikan beberapa kata motivasi islami yang sangat bagus sebagai bekal untuk mendampingi dalam proses berhijrah. Memuat kata kata motivasi islami tentang definisi hijrah, motivasi untuk bersabar dan tetap istiqamah dalam hijrah, menghargai proses hijrah, serta ajakan untuk berhijrah.

Hirah itu..

Berhijrah itu tidak susah, susah itu hanya ada dalam pikiran kita.

HIJRAH adalah proses perjalanan seorang hamba menuju taat, bukan tentang siapa yang lebih dahulu memulai, tapi tentang siapa yang bertahan sampai husnul khatimah.

Berhijrah itu niatnya karena Allah, Bukan karena jodoh.

Hijrah itu… perjalanan indah namun berliku.

Hijrah itu berat, tapi di dalamnya ada rasa nikmat.

Hijrah itu by Allah, for Allah, from Allah, to Allah.

Hijrah dari gelap menuju terang, dari maksiat menuju taat.

Hijrah adalah jalan yang sedang kutempuh.

Hijrah itu bukan sekedar niat, tapi dibuktikan dengan taat.

Hijrah itu berat, namun kita akan terbiasa. Jangan menyerah hanya karena cibiran orang. Jangan didengar! Lebih baik dengar saja seruan Allah.

Hijrah itu pindah, berubah, move on!
Moving on where (what) Allah says Yes!
Yes ke sesuatu yang lebih baik. Yes meninggalkan kemaksiatan dan kemungkaran, dalam hati, perkataan, dan perbuatan.

Hijrah yang sesungguhnya..
Ketika shalat mampu merubah hidup kita.
Ketika lisan berhenti mengucap dusta.
Ketika mata tidak lagi memandang yang bahaya.
Ketika pendengaran terhindar dari yang sia-sia, dan
Ketika hati terjaga dari riya’.
Apakah hijrah hanya merubah penampilan saja? tentu tidak.

Bersabar, Istiqamah, dan Mantap dalam Hijrah

Wahai diri, istiqamahlah..
Biar pelan, yang penting konstan.
Biar sedikit, yang penting rutin.
Kala mulai lelah, ingatlah Allah.
Ingat awal mula bagamana ingin hijrah dulu.

Hijrah kadang membuat kita ditinggalkan banyak orang. Harusnya tidak mengapa, karena hijrah hanya butuh Allah, bukan tepuk tangan gempita dan apresiasi atas perubahan.

Telah kusadari bahwa yang berat itu ISTIQAMAH, bukan RINDU.

Allah tahu kamu capek, kamu lelah, kamu kesakitan, kamu kesusahan. Allah mendengar semua jeritan dan doamu. Yang perlu kamu tahu adalah bahwa Allah tidak akan memberi suatu ujian di luar batas kemampuanmu.

ISTIQAMAH itu berat. Kalau ringan itu namanya ISTIRAHAT.

Jika kesabaran sudah di tangan, maka berbagai hinaan dan cacian yang mereka lontarkan hanya akan terasa bagai debu kecil yang beterbangan.

Niat baik memang gak selalu diterima dengan baik. Tapi akan selalu menemui akhir yang baik.

HIJRAH. Jangan ambil pusing meskipun kau merasa terasing.

Jika ingin berubah menjadi lebih baik, bismillah dan berubahlah. Tak perlu tergesa-gesa, karena semua ada prosesnya. Sedikit demi sedikit pun tak apa, yang terpenting istiqamah.

Jika engkau sudah berada di jalan yang benar menuju Allah, maka berlarilah. Jika sulit bagimu, maka berlari kecillah. Jika kamu lelah, berjalanlah. Jika itupun tidak mampu, merangkaklah. Namun, jangan pernah berbalik arah atau berhenti.  – Imam Syafi’i

HIJRAH..
Tak peduli selambat apa engkau berproses, sekalipun engkau bergerak layaknya siput, itu adalah jauh lebih baik dan lebih disukai Allah.

Ayo Hijrah!

Hijrah tidak akan terhenti hingga tertutupnya pintu taubat. Dan pintu taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari barat. – (HR. Abu Dawud)

Seperti adab bertamu, kita tak mungkin menunggu pintu dibukakan oleh pemilik rumah tanpa kita berusaha mengetuk atau bersalam dahulu. Begitulah hidayah, jangan hanya ditunggu, tapi jemputlah agar pemilik hati membukakan pintu hidayah.

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. – (QS. Ar-Ra’d: 11)

Waktu takkan pernah bisa diputar balik. Maka tunggu apa lagi, cepatlah menjadi baik.

Berhijrah dengan Benar

Ketika kita memilih untuk berhijrah, maka kita pun harus belajar cara berkawan dengan lawan jenis yang baik itu seperti apa, harus tahu batasannya seperti apa. Jangan takut menjadi asing dan jangan sampai hijrah kita hanya pada status saja.

Jika kita berhijrah untuk mendapatkan jodoh terbaik, hijrah kita terbatas, hanya akan berhenti setelah bertemu dan menikahinya. Namun jika kita berhijrah untuk Allah, karena mengharap ridha Allah, maka hijrah kita tak akan mengenal batas.

Proses Hijrah

Memang, hijrah bukanlah sekedar hijab dan berpakaian syar’i. Namun setidaknya seseorang yang mulai membenahi caranya berpakaian agar sesuai perintah Allah berarti telah melangkah menuju ridha Allah dan itu lebih baik daripada orang-orang yang cuma bisa menilai, berkomentar, dan mencela perubahannya.

Hargailah proses hijrah seseorang. Sebab engkau tidak akan pernah tahu betapa sakitnya ia berubah untuk menjadi lebih baik.

Bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, tapi aku hanya ingin lebih baik dari diriku yang dulu.

Rumus berubah “3 M”
– Mulai dari hal kecil
– Mulai dari diri sendiri
– Mulai dari saat ini

Muslimah berhijrah bukan Malaikat, namun ia sedang proses menuju taat.

Pahala Berhijrah

Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. – (QS. An-Nisa’: 100)

Bahagia dalam Hijrah

Hai mantan, Apa kabar?
Ternyata kamu benar, aku memang lebih bahagia tanpamu. Aku menemukan yang lebih mendamaikan, menyenangkan, dan memenangkan dari pada kamu, makasih ya..
Thaks Allah.

Terimakasih telah memberi luka. Ku jadikan luka ini sebagai pintu hijrahku.

(Baca juga: Kata Mutiara Islami Bergambar Paling Inspiratif)

Itulah beberapa kata motivasi islami seputar hijrah yang semoga bisa menjadi penyemangat dan nasehat dalam proses berhijrah menuju ketaatan kepada Allah.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here