24+ Kata Bijak Islam Tentang Kesombongan dan Keangkuhan

0
1930

Kata bijak islam tentang kesombongan – Kesombongan merupakan salah satu sifat yang sangat tercela dalam islam. Islam mengajarkan supaya setiap muslim menghiasi dirinya dengan sifat rendah hati (tawadhu), yakni mengakui diri akan banyaknya kekurangan dan kesalahan. Sifat tawadhu akan menyadarkan seseorang untuk selalu merendah dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Kesombongan adalah sifat merasa diri paling suci, merasa paling berkuasa, serta merasa paling benar dibandingkan orang lain. Seseorang yang dikuasai kesombongan akan cenderung merendahkan orang lain, menolak kebenaran serta menyalahkan orang yang berbeda dengannya.

Sombong adalah penyakit jiwa yang tidak terasa, bahayanya menyelinap di setiap hati manusia. Jika tidak diawasi dengan kebeningan hati dan dibimbing oleh iman yang kokoh, niscaya ia akan menjelma menjadi kepribadian yang bersemayam di hati seseorang dan susah untuk dihilangkan.

Kata Mutiara Islam Tentang Kesombongan

Hati kita membutuhkan bimbingan nasehat yang selalu mengingatkan dan menjadi self-control bagi diri kita, terutama dari kesombongan. Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang kesombongan yang banyak memuat nasehat bijak akan buruknya memelihara sifat sombong. Disarikan dari beberapa ayat alquran, hadis, serta perkataan para ulama.

Sebab iblis diusir dari surga

Arrogance and pride were the reasons why Shaytan was expelled from paradise. Do not let it be the reason you don’t gain the entrance.

Keangkuhan dan kesombongan adalah alasan mengapa iblis diusir dari surga. Jangan sampai hal itu menjadi alasan yang membuat kamu tidak bisa memasuki pintu surga.

Tidak akan masuk surga

No one will enter Paradise in whose heart is a mustard seed’s worth of arrogance. – Hadits

Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi. – Hadis

Ingat kematian

Put aside your pride, set down your arrogance, and remember your grave. – Ali bin Abi Thalib

Singkirkan kebanggaanmu, turunkan kesombonganmu, dan ingatlah kuburmu. – Ali bin Abi Thalib

Jangan menertawakan

Be careful of laughing at others for perhaps Allah might forgive their ignorance and not forgive your arrogance.

Berhati-hatilah saat menertawakan orang lain, karena mungkin saja Allah mengampuni ketidaktahuan mereka dan tidak memaafkan kesombonganmu.

Jangan sombong

Do not walk proudly on the earth. Your feet cannot tear apart the earth nor are you as tall as the mountains. – (Q.S Al-Isra’: 37)

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan sampai setinggi gunung. – (Q.S Al-Isra’: 37)

Lebih baik

Perhaps a sin that humbles you is better than a good deed that makes you arrogant. – Hamza Yusef

Barangkali dosa atau keburukan yang membuatmu rendah hati lebih baik daripada kebaikan yang membuatmu sombong. – Hamza Yusef

Menjadi rendah hati

Knowledge makes people humble and arrogance makes people ignorant.

Ilmu pengetahuan menjadikan seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang tidak peduli.

Tidak menghakimi

The more knowledge (of Deen) you have, the more humble you should be. Instead you are becoming judgmental. – Nouman Ali Khan

Semakin banyak pengetahuan (agama) yang kamu miliki, seharusnya itu membuatmu semakin rendah hati, bukan justru membuatmu lebih mudah menghakimi. – Nouman Ali Khan

Allah tidak suka

And turn not your face away from men with pride, nor walk in insolence through the earth. Verily, Allah likes not any arrogant boaster. – (Q.S Luqman: 18)

Dan janganlah kamu memalingkan wajahmu dari manusia karena sombong, dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan keangkuhan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. – (Q.S Luqman: 18)

Penyesalan pendosa

The tear of a sinner is more beloved to Allah than the arrogance of the righteous man. – Ibnu Athailah

Air mata penyesalan dari seorang pendosa itu lebih dicintai Allah daripada kesombongan dari seorang yang shalih. – Ibnu Athailah

Akar kejahatan

The roots of evil are three; Arrogance, Envy, and Greed. Arrogance prevented Satan from bowing, Envy led Cane to kill Abel, and Greed took Adam out of Paradise. – Hasan Al-Bashri

Akar kejahatan itu ada tiga: kesombongan, iri hati, dan tamak. Kesombongan membuat Iblis enggan bersujud, Iri hati menyebabkan Qabil membunuh Habil, dan Ketamakan menyebabkan Adam keluar dari surga. – Hasan Al-Bashri

Percaya diri ataukah sombong?

Confidence is believing you are of value. Arrogance is believing you are more valuable than others.

Kepercayaan diri adalah percaya bahwa dirimu berharga. Sedangkan kesombongan adalah percaya bahwa dirimu lebih berharga daripada orang lain.

Sombong karena nikmat

And when We bestow Our Grace on man, he turns away and becomes arrogant. – (Q.S Al-Isra’: 83)

Dan apabila Kami berikan kenikmatan kepada manusia, niscaya berpalinglah dia dan membelakangi dengan sikap yang sombong. – (Q.S Al-Isra’: 83)

Lepaskan kesombonganku

Oh Allah, remove all arrogance in my heart, and teach me to be humble, to always remember You in everything I do.

Ya Allah, lepaskan semua kesombongan yang bersemayam di hatiku, dan ajari aku untuk bersikap rendah hati, untuk selalu mengingat-Mu dalam segala hal yang aku lakukan.

Tetap rendah hati

No matter how big your house is, how recent your car is, or how big your bank account is. Our graves will always be the same size. Stay humble.

Tak peduli seberapa besar rumah yang kamu tinggali, seberapa keren mobil yang kamu kendarai, atau seberapa banyak isi saldo rekening bank yang kamu miliki. Liang lahat kita akan tetap berukuran sama. Oleh karena itu, tetaplah rendah hati.

Merasa rendah hati

If you are aware of your humility, then you are arrogant. – Ibnu Athailah

Apabila kamu merasa rendah hati (tawadhu), berarti kamu benar-benar sombong. – Ibnu Athailah

Allah tahu

Surely, Allah knows what they hide and what they reveal. Indeed, He does not like the arrogant. – (Q.S An-Nahl: 23)

Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka tampakkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. – (Q.S An-Nahl: 23)

Kegagalan

Arrogance is failure, even if it comes about due to success. – Saad Tasleem

Kesombongan adalah sebuah kegagalan, bahkan meskipun itu timbul dari kesuksesan. – Saad Tasleem

Menjauh

Knowledge runs away from arrogant people, and goes to people of humility. Arrogance is an indication that knowledge has not benefited you. – Faisal Hamid Abdur Razak

Pengetahuan berjalan menjauh dari orang-orang yang sombong, dan pergi mendekati orang-orang yang rendah hati. Kesombongan adalah indikasi bahwa pengetahuan tidak memberikan manfaat kepadamu. – Faisal Hamid Abdur Razak

Ingat hal ini

While walking with pride on earth, remember: “Today the soil is under you, tomorow the soil will be over you”. – Dr. Bilal Philips

Saat kamu berjalan di muka Bumi dengan penuh kesombongan, ingatlah: “Hari ini tanah berada di bawahmu, besok bisa jadi tanah yang berada di atasmu”. – Dr. Bilal Philips

Hanya luarnya saja

Some people have modesty in their clothes, but arrogance in their hearts. – Hasan al Bashri

Sebagian orang terlihat rendah hati dalam pakaian yang mereka kenakan, namun kesombongan bersemayam di dalam hati mereka. – Hasan al Bashri

Kualitas terbaik

Humility is the greatest quality that a man can have, and arrogance is undoubtedly the worst.

Kerendahan hati (tawadhu) adalah kualitas terbaik yang bisa dimiliki oleh seseorang. Sementara kesombongan, tidak diragukan lagi, itu adalah hal terburuk.

Dampak kesombongan

Arrogance diminishes wisdom.

Kesombongan mengurangi kebijaksanaan.

(Baca juga: Kumpulan Hadis Tentang Kesombongan)

Itulah beberapa kata mutiara islam tentang kesombongan. Semoga beberapa kata bijak islam tentang kesombongan di atas bisa menjadi nasehat untuk menjadi pribadi muslim yang rendah hati dan berusaha membersihkan diri dari sifat sombong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here