Wednesday, May 22, 2024
HomeKata Bijak Islami24+ Kata Mutiara Islami Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

24+ Kata Mutiara Islami Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Dalam ajaran Islam, berbakti kepada kedua orangtua dianggap sebagai salah satu amalan yang paling mulia dan dianjurkan. Kata-kata nasihat Islami tentang berbakti kepada orangtua menjadi pedoman bagi umat Muslim dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan memperhatikan kata kunci “kata Islami tentang berbakti kepada orangtua”, artikel ini akan mengeksplorasi hikmah dan petunjuk yang terkandung dalam nasihat-nasihat tersebut.

Berbakti kepada kedua orangtua adalah perintah Allah yang tertuang dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah. Melalui kata-kata Islami tentang berbakti kepada orangtua, kita diajak untuk menghormati, mengasihi, dan menjaga kedua orangtua dengan penuh kasih sayang. Ini tidak hanya menjadi kewajiban agama, tetapi juga menjadi jalan menuju ridha Allah SWT.

Sebagai anak, menjalankan kewajiban berbakti kepada kedua orangtua adalah cara untuk menunjukkan rasa syukur atas segala pengorbanan dan kasih sayang yang telah diberikan kepada kita sejak kecil. Kata-kata Islami tentang berbakti kepada orangtua mengingatkan kita akan pentingnya merawat hubungan keluarga dan memuliakan kedua orangtua sepanjang hidup.

Kata-kata bijak tersebut juga mengajarkan kita untuk menghindari sikap durhaka dan tidak hormat terhadap orangtua. Berbakti kepada orangtua bukanlah tindakan yang dilakukan sekadar karena kewajiban, tetapi juga karena penghargaan dan penghormatan yang tulus dari hati. Dengan berbakti kepada orangtua, kita tidak hanya mendapatkan pahala dari Allah, tetapi juga membawa kedamaian dan keberkahan dalam keluarga.

Kata-kata Islami tentang berbakti kepada orangtua juga menggarisbawahi pentingnya kesabaran dan pengertian dalam memperlakukan kedua orangtua. Meskipun kadangkala ada perbedaan pendapat atau keinginan, namun sebagai anak yang beriman, kita diingatkan untuk tetap menghormati dan menghargai keputusan serta nasihat yang diberikan oleh kedua orangtua.

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang anak)

Kata bijak islami tentang berbakti pada Orang Tua

kata bijak islami berbakti kepada kedua orangtua

Dengan meresapi kata-kata Islami tentang berbakti kepada orangtua, diharapkan kita dapat menjalani kehidupan dengan penuh rasa tanggung jawab, kasih sayang, dan pengabdian kepada kedua orangtua. Semoga dengan menjalankan kewajiban berbakti kepada orangtua, kita dapat meraih keberkahan dan kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Mencintai kedua orangtua

Love your parents. We are so busy growing up, we often forget they are also growing old.

Cintai kedua orang tuamu. Kita begitu sibuk tumbuh dewasa, tapi kita sering lupa bahwa mereka juga bertambah tua.

Baca juga:  28+ Kata Mutiara Islami Tentang Keadilan, Pilar Penting Kehidupan

Jangan memarahi mereka

Don’t anger your parents in order to please other people. Those other people did not spend their lives building yours.

Jangan memarahi kedua orang tuamu hanya untuk menyenangkan orang lain. Karena orang lain tidak menghabiskan masa hidup mereka untuk membina dan membangun hidupmu.

Melihat mereka tersenyum

The most beautiful thing in this world is to see your parents smiling, and knowing that you are the reason behind that smile.

Hal terindah di dunia ini adalah ketika melihat kedua orang tuamu tersenyum dan mengetahui bahwa kamu adalah alasan di balik senyuman itu.

Besarnya cinta mereka

Nobody on earth can love you more than your parents.

Tidak ada manusia di bumi yang bisa mencintaimu lebih dari kedua orang tuamu.

Memohonkan ampunan

The best thing you can do for your parents, is none other than asking Allah to forgive them.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kedua orang tuamu, tidak lain adalah memohonkan ampunan kepada Allah untuk mereka.

Berbakti kepada orangtua

And your Lord has decreed that you not worship except Him, and to parents, good treatment. Whether one or both of them reach old age while with you, say not to them so much as, “uff” and do not repel them but speak to them a noble word. – (Q.S Al-Isra’: 23)

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain-Nya dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya mencapai umur lanjut dalam penjagaanmu, maka sekali-kali jangan kamu katakan kepada keduanya perkataan “ah” dan jangan kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. – (Q.S Al-Isra’: 23)

Ridha dan murka-Nya

Allah’s blessing will depend on the parents’ blessing, Allah’s wrath will depend on the wrath of both parents. – Hadits

Ridha Allah tergantung pada ridha kedua orang tua, dan murka Allah tergantung pada murka kedua orang tua. – Hadis

Kesempatan

If your parents are alive, be grateful at the opportunity to earn Jannah by serving them. – Nouman Ali Khan

Jika orang tua kalian masih hidup, bersyukurlah karena itu berarti kamu masih memiliki kesempatan untuk meraih surga dengan berbakti kepada mereka. – Nouman Ali Khan

Baca juga:  15 Kata Mutiara Islami Tentang Janji, Antara Keimanan dan Kemunafikan

Berpahala haji mabrur

Looking at your parents with kindness brings the reward of an accepted pilgrimage. – Hadits

Tidaklah seseorang yang berbakti kepada kedua Orang tuanya, kemudian Ia mamandang kedua orangtuanya dengan pandangan rahmat kasih sayang, melaikan ditulis padanya di setiap pandangan tersebut seperti Haji Mabrur. – Hadis

Pintu surga

Your parents are the door to jannah. Open it or close it. Your choice

Orangtuamu adalah pintu menuju surga. Membuka pintu itu atau menutupnya, itu tergantung pilihanmu.

Banyak hutang

Love your Parents, You owe them a lot. You never prayed to have them, but they may have prayed to have you. – Mufti Menk

Cintailah kedua Orangtuamu, kamu berutang banyak kepada mereka. Kamu tidak pernah menyebut mereka dalam doamu, tapi mereka mungkin selalu berdoa untukmu. – Mufti Menk

Kata kata islami tentang berbakti kepada kedua orangtua

kata kata islami berbakti kepada kedua orangtua

Perintah birrul walidain

And We have enjoined upon man, to his parents, good treatment. – (Q.S Al-Ahqaf: 15)

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya. – (Q.S Al-Ahqaf: 15)

Ampuni mereka

Our Lord, Forgive me and my parents, and all the believers on the Day when the reckoning will be established. – (Q.S Ibrahim: 41)

Ya Allah, ampunilah kedua orang tuaku serta seluruh orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). – (Q.S Ibrahim: 41)

Tunggu apa lagi

Our parents are blessings, don’t delay showing them love. We don’t know how long we have this blessing for. – Dr. Bilal Philips

Orang tua kita adalah berkah, maka jangan menunda untuk menunjukkan cinta kepada mereka. Karena kita tidak tahu berapa lama kita memiliki berkah ini. – Dr. Bilal Philips

Jangan mengeluh

Don’t ever complain about what your parents never offered you. They probably gave you all they have.

Jangan pernah mengeluh tentang apa yang tidak pernah ditawarkan oleh kedua orang tuamu. Karena mungkin mereka telah memberikan segala yang mereka miliki untukmu.

Sekarang juga

Don’t underestimate your parent’s dua for you. Their dua are so important that Allah recorded them in the Quran. Ask them to make dua for you. Right now. – Nouman Ali Khan

Baca juga:  100+ Koleksi Kata-Kata Mutiara Islam Terbaik dan Inspiratif (Part 2)

Jangan meremehkan kekuatan doa dari kedua orang tuamu. Doa mereka begitu sangat penting hingga Allah mencatatnya dalam Alquran. Karena itu mintalah mereka untuk mendoakanmu, sekarang juga. – Nouman Ali Khan

Orang tua shalih

There is no school equal to a decent home, and no teacher equal to a virtuous parent.

Tidak ada sekolah yang setara dengan rumah yang nyaman, dan tidak ada guru yang setara dengan orang tua yang saleh.

Sudahkah kita bersikap rendah hati?

If you want to see if you are humble or not, see how you are to your parents. – Nouman Ali Khan

Jika kamu ingin melihat apakah dirimu orang yang rendah hati ataukah tidak, lihatlah bagaimana sikap yang kamu tunjukkan kepada kedua orang tuamu. – Nouman Ali Khan

Merawatnya

May Allah give us the strength to take care of our parents, the way they took care of us when we were helpless.

Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita untuk bisa merawat orang tua kita, sebagaimana mereka merawat kita saat kita tidak berdaya.

Mendoakan kedua orangtua

My Lord, have mercy upon them as they brought me up when I was small. – (Q.S Al-Isra’: 24)

Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah merawatku di waktu kecil. – (Q.S Al-Isra’: 24)

Berkah terbesar

The greatest blessing after the bounties of the Creator-God is the blessing of parents. – Fakhruddin Ar-Razi

Berkah terbesar setelah karunia Tuhan sebagai Sang Pencipta adalah berkah dari kedua orang tua. – Fakhruddin Ar-Razi

Membahagiakan orangtua

Keep your parents smiling , they spent their days and nights keeping you from crying. – Dr. Bilal Philips

Buatlah kedua orang tuamu tersenyum, karena mereka telah menghabiskan waktu siang dan malam untuk membuatmu tidak menangis. – Dr. Bilal Philips

(Baca juga: Kata mutiara islami tentang ibu)

Semoga beberapa kata mutiara islam tentang berbakti kepada orang tua tersebut membuat kita semakin memahami kedudukan terhormat orang tua dalam islam dan menyadari kewajiban kita sebagai seorang anak untuk berbakti kepada mereka.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular