100+ Kata Mutiara Nasehat untuk Suami Istri

0
6289

Kata mutiara nasehat untuk suami istri –  Bagi seorang muslim, menikah bukan hanya sekedar sebuah kebutuhan fitrah untuk hidup berpasangan dengan lawan jenis. Lebih dari itu, membina rumah tangga dalam mahligai pernikahan juga merupakan bagian dari ibadah dan dakwah. Disebut ibadah karena menikah merupakan sarana untuk meningkatkan dan menyempurnakan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ketika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah kepada Allah pada separuh yang tersisa.” (HR. Al Baihaqi)

Sangat penting bagi pasangan suami istri untuk menyadari bahwa menikah adalah ibadah, sehingga pernikahan didasarkan semata-mata untuk melaksanakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Sang suami menikahi istri karena ketaatannya kepada Allah, begitu pun sebaliknya. Artinya, pernikahannya bukan sekedar karena motivasi yang bersifat duniawi seperti kecantikan, harta, status sosial dan lain sebagainya. Akan tetapi pernikahan tersebut dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan semata-mata mengharap ridha-Nya.

Setiap pasangan suami istri pasti selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, selain sebagai ibadah, menikah juga sebagai sarana dakwah untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan takwa. Berikut ini kumpulan beberapa kata mutiara islami yang memuat banyak sekali nasehat bijak untuk pasangan suami istri, mulai dari seperti apa sosok suami sejati, bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik dengan istri, beberapa hal penting yang perlu dipahami dalam rumah tangga, saling memberi perhatian, bersikap lembut terhadap pasangan, bagaimana membuat istri terpikat, kepemimpinan, seperti apa sosok suami idaman, bagaimana menjadi istri shalihah, pentingnya meraih ridha suami, menggapai rumah tangga bahagia, hal-hal yang berkaitan dengan kebahagiaan dalam rumah tangga, mengenal tugas-tugas istri, menjadikan pasangan seperti teman baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta beberapa akhlak mulia yang penting dimiliki oleh pasangan suami istri.

Kata Nasehat Islami Tentang Suami Sejati

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata nasehat islami tentang suami sejati

Suami terbaik

Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya, dan aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku. – (HR. Tirmidzi)

Sifat qawwam

Banyak suami yang hanya mampu bersuara lantang di hadapan istrinya. Padahal, itu tidak ada hubungannya dengan sifat qawwam (kepemimpinan). Sifat qawwam dapat ditunjukkan dengan ilmu, budi pekerti dan kesopanan.

Nasehat singkat

Berlaku adillah, jangan bersikap egois terhadap istri. Jagalah lisan dan bersikaplah optimis.

Pelayan

Pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka. Anda tidak akan menjadi pemimpin sebelum melewati perjalanan panjang untuk melayani orang lain.

Hakikat ihsan

Jika istri anda berbuat baik kepada anda lalu anda membalasnya dengan kebaikan, hal itu tidak dikatakan ihsan (berbuat baik). Sebab hakikat ihsan ialah berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepada anda.

Suami bijak

Suami yang bijak dalam berinteraksi dengan istri selalu berupaya mencegah terjadinya permasalahan dan bukan sekedar mencari solusi dari permasalahan yang terjadi.

Memperbaiki akhlak

Jika kalian ingin mendapatkan kedudukan di hati istri kalian, perbaikilah akhlak kalian.

Canda yang berpahala

Setiap gurauan seorang muslim adalah batil (tidak benar), kecuali berlatih memanah, melatih kuda, dan candanya seseorang terhadap istrinya.

Kata-Kata Islami Tentang Cara Berkomunikasi Dengan Istri

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata kata islami tentang cara berkomunikasi dengan istri

Mengambil hati

Berusahalah sebisa mungkin berbicara mengenai suatu hal yang dapat menyenangkan hati istri anda. Inilah cara yang tepat untuk mengambil hatinya.

Kata-kata manis

Ucapkanlah kata-kata yang dapat menyentuh hati dan membuat istrimu bahagia.

Siapa temannya?

Seseorang tergantung pada agama temannya, maka perhatikan dengan siapa ia berteman. – (HR. Ahmad)

Menemani

Sempatkanlah diri anda sesekali menemani istri ketika ia membaca buku tentang pendidikan anak sambil mendengarkan keluhan dan kesulitan istri dalam mengurus anak.

Over kritik

Kritik bukanlah solusi untuk semua permasalahan. Justru cara seperti ini dapat menghilangkan kebahagiaan seorang istri dan membuatnya benci pada suami.

Akhlak Rasulullah

Rasulullah adalah manusia yang paling baik akhlaknya. Beliau tidak pernah memukul, menyakiti, dan mengabaikan pelayannya.

Kata Bijak Islami Tentang Hal Yang Terpenting Bagi Suami Istri

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata bijak islami tentang hal hal penting bagi suami istri

Ilmu agama

Ajarkan ilmu agama kepada istri, karena itu cara untuk menjaga kestabilan rumah tangga sehingga cinta kasih selalu terjalin.

Cepat menular

Laranglah istri anda bergaul dengan wanita fasik, karena perangai buruk bisa cepat menular ke orang lain.

Sekuat tenaga

Sebagai suami, berusahalah sekuat tenaga untuk menjaga keluarga dari perbuatan-perbuatan yang akan mendatangkan adzab Allah.

Api neraka

Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. – (QS. At-Tahrim: 6)

Menghargai

Hargai pendapat istri dan laksanakanlah bila pendapatnya baik.

Berhias

Berhiaslah untuk istri anda sebagaimana dia berhias untukmu.

Kata-Kata Islami Tentang Memberi Perhatian

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata kata islami tentang memberi perhatian

Membantu pasangan

Bantulah istri anda mengembangkan potensinya. Seseorang akan bahagia jika ada seseorang yang selalu memperhatikan, menghargai dan membantunya dalam mewujudkan keinginannya.

Meraih kesuksesan

Orang yang mau mencari akan mendapatkan yang dicari. Orang yang akan meraih kesuksesan hanyalah orang yang tekun dan ulet.

Tak mau berpisah

Berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak terlalu sering meninggalkan istri di rumah. Seorang istri yang mencintai suaminya tidak akan mau berpisah meski hanya sebentar.

Kata-Kata Islami Tentang Bersikap Penuh Kelembutan Terhadap Istri

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata kata islami tentang bersikap lemah lembut terhadap istri

Sensitif

Bersikap lembutlah pada wanita, karena mereka mempunyai hati yang sensitif.

Apa adanya

Lihatlah pasangan hidup anda apa adanya. Bila anda tidak terlalu memikirkan sisi negatif yang tidak anda sukai, anda akan menjadi orang paling bahagia dalam menempuh kehidupan keluarga.

Menjaga wibawa

Bila anda ingin menjaga wibawa di hadapan istri, jangan beritahukan jumlah harta anda yang sebenarnya.

Kata cerai

Jangan takuti istri dengan kata-kata cerai. Kata-kata cerai akan membuat istri diliputi kegoncangan dan ketakutan.

Kata-Kata Islami Tentang Memikat Istri

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata kata islami tentang memikat istri

Memikat istri

Anda bisa memikat istri dengan cara berdandan setampan mungkin, memberikan hadiah, berbuat baik, atau dengan cara tertentu agar ia jatuh di pelukan anda dengan mudah.

Lelaki idaman

Seorang wanita akan selalu tertarik pada lelaki dermawan dan murah hati. Bersikaplah tengah-tengah dalam memberikan nafkah kepada istri, jangan berlebihan dan jangan kikir.

Tabiat wanita

Tabiat wanita ialah mencintai orang yang tidak menanyakan setiap kesalahan dan kekeliruan.

Apa sebab?

Jika suatu hari istri anda marah, cari tahu terlebih dahulu apa sebab kemarahannya. Bisa jadi karena ia capek seharian membereskan semua pekerjaan rumah atau karena anak-anak membuatnya jengkel.

Kata Bijak Islami Tentang Kepemimpinan

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata bijak islami tentang kepemimpinan

Suksesnya kepemimpinan

Kepemimpinan yang sukses ialah yang tegak di atas saling memahami, saling melengkapi, dan saling mencintai terus-menerus.

Tugas pemimpin

Tugas seorang pemimpin adalah mengadakan perbaikan, berlaku adil, tidak sewenang-wenang, dan tidak memaksakan kehendak.

Dihormati

Wanita tidak akan merasakan kebahagiaan kecuali jika ia merasa dihormati oleh suami. Saat ia merasa dihormati, ia akan memperlakukan suami dengan hormat.

Paling bertanggung jawab

Makna kepemimpinan laki-laki yang paling tampak adalah suamilah orang yang paling bertanggung jawab atas keselamatan dan kebahagiaan keluarganya.

Landasan kepemimpinan

Kepemimpinan suami berdiri di atas landasan musyawarah, saling memahami dan merelakan.

Kata Kata Islami Tentang Suami Idaman

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata kata islami tentang suami idaman

Rumah penuh problematika

Ingatlah, rumah yang dipenuhi problematika tidak mungkin dapat digunakan untuk beribadah kepada Allah dengan benar.

Istri shalihah

Jika seseorang dianugerahi istri yang shalihah, berarti ia telah dibantu pada setengah agamanya, maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah pada setengah yang tersisa.

Saling mengingatkan

Jangan saling melempar tanggung jawab dalam hal agar pasangan anda membantu dalam melaksanakan agama. Keduanya harus saling menasehati dan mengingatkan.

Mengungkit-ungkit

Jangan ungkit pemberian kepada istri, karena ia akan merasa sebal dan menganggap anda orang yang pelit.

Pelupa

Berbuatlah baik kepada istri. Tapi ingat, anda jangan mengharap balasan dan menunggu ucapan terimakasih darinya. Karena tabiat asli wanita adalah pelupa.

Satu kejelekan

Kalau engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka sepanjang umur, lalu ia melihat satu kejelekan darimu, niscaya ia akan mengatakan, “aku tidak pernah melihatmu berbuat baik.” – (HR. Bukhari)

Cara menasehati istri

Bila anda ingin menasehati istri, awalilah dengan memujinya. Mulailah dengan perkataan yang baik dan lembut.

Saat marah

Jangan memutuskan perkara ketika sedang marah, karena akan membuat anda menyesal di kemudian hari.

Lelaki yang berwibawa

Jadilah lelaki yang sabar dan hiasilah dirimu dengan ketenangan dan kelembutan, niscaya anda akan tampak berwibawa di mata istri dan orang lain.

Mukmin sejati

Seorang mukmin sejati tidak menyukai pertengkaran, tidak suka menuntut, dan tidak suka mencela.

Pintu maaf

Apabila istri anda tidak sengaja melakukan kesalahan, bukalah pintu maaf seluas-luasnya.

Memberi hadiah

Ketika anda pulang dari tempat kerja, bawalah hadiah khusus untuk istri anda.

Tidak akan langgeng

Rumah tangga yang dibangun di atas pondasi maksiat tidak akan langgeng dan terancam runtuh dengan munculnya berbagai masalah.

Samawa butuh usaha

Sakinah, mawaddah, dan rahmah tidak muncul dengan sendirinya, tetapi harus anda usahakan bersama istri.

Kata Bijak Islami Tentang Istri Shalihah

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata bijak islami tentang istri shalihah

Berhias untuk suami

Berhias dan mempercantik diri untuk suami dapat menjaganya dari fitnah.

Ekspresi bertemu suami

Setiap kali bertemu suami, tambatkan pandangan kepadanya disertai salam paling manis dan senyuman paling indah.

Dalam semua aspek

Wanita shalihah adalah wanita yang shalih dalam setiap aspek, bukan hanya pada simbolnya seperti memakai hijab. Selama ia memegang agama, ia akan mendapatkan jaminan masuk surga.

Bercerita ke suami

Janganlah setelah seorang istri bergaul dengan seorang wanita, ia menceritakan dengan detail kepada suaminya, seakan-akan suaminya tersebut melihatnya. – (HR. Bukhari)

Menjadi kokoh

Hubungan suami istri akan tumbuh dan kokoh kalau komunikasi keduanya lancar.

Profesi bagi wanita

Para wanita hanya boleh bekerja pada profesi yang dikhususkan untuknya. Jika pekerjaan tersebut sampai mengorbankan rumah, anak-anak, dan suami maka tidak diperbolehkan.

Niat beribadah

Pernikahan akan sukses jika diniatkan untuk beribadah kepada Allah.

Jalan ke surga

Jalan anda masuk surga ialah menaati suami, membahagiakannya, menggunakan segala cara untuk mendapatkan kerelaannya, dan melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya dengan merealisasikan ketaatan kepadanya.

Tak dilihat Allah

Allah tidak melihat kepada istri yang tidak pandai berterima kasih kepada suaminya, padahal ia selalu bergantung membutuhkannya. – (HR. An-Nasa’i)

Dari pintu manapun

Apabila seorang wanita mengerjakan shalat lima waktu, berpuasa Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya, dikatakan kepadanya, “masuklah surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki.” – (HR. Ibnu Hibban)

Kata Mutiara Islami Tentang Ridha Suami

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata mutiara islami tentang ridha suami

Mengenali tabiat

Jalan paling mudah mewujudkan kebahagiaan rumah tangga ialah dengan mengenali tabiat suami. Kenalilah apa yang disukai suami dan apa yang ia benci.

Jangan membebani

Hendaknya seorang istri tidak membebani suami di luar kemampuannya serta menyia-nyiakan hartanya dalam urusan dunia.

Berterima kasih

Berterima kasihlah atas pemberian suami meskipun hanya sedikit. Jangan menunggu-nunggu hadiah atau pemberian yang banyak untuk berterima kasih.

Jangan terperdaya dunia

Pejamkanlah mata anda dari dunia dan kenikmatannya. Terimalah rezeki Allah yang diberikan melalui suami.

Menjaga rahasia

Suami akan percaya dan merasa tenang jika anda bisa menyimpan rahasianya.

Memotivasi

Motivasilah suami untuk berbuat ketaatan. Bantulah ia dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah.

Alangkah romantisnya

Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun pada waktu malam kemudian shalat dan membangunkan pula istrinya. jika istrinya menolak, ia memercikkan air ke wajahnya. Allah juga merahmati seorang istri yang bangun pada waktu malam kemudian shalat dan membangunkan pula suaminya. Jika suaminya menolak, ia akan memercikkan air ke wajahnya. – (HR. Ahmad)

Sayangi keluarganya

Keluarga suami adalah orang yang paling dekat dengannya. Maka kasihi dan sayangilah keluarganya.

Bersikap baik

Bersikap baiklah terhadap suami. Ia memikul beban berat dan menghadapi berbagai kesulitan demi menafkahi keluarga.

Istimewa

Wanita menjadi istimewa karena perhiasan, dandanan, keindahan bentuk, dan rupa tubuhnya.

Cemburu buta

Cemburu itu naluri dan sesuai dengan fitrah. Tapi jangan sampai cemburu buta yang akan merusak rumah tangga.

Kata Mutiara Islami Tentang Rumah Tangga Bahagia

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata mutiara islami tentang rumah tangga bahagia

Menghiasi diri

Hiasilah dirimu dengan sikap qana’ah, patuh dan taat di hadapan suami.

Menjaga penampilan

Jagalah penampilanmu di hadapan suami dan usahakan ia selalu mencium bau yang paling wangi dari dirimu.

Waktu dan makan

Jagalah waktu dan makan suami. Karena perihnya lapar akan membangkitkan kemurkaan dan kurangnya tidur akan membangkitkan rasa amarah.

Harta dan kerabat

Jagalah harta suami dan hormatilah tamu serta kerabatnya. Inti urusan harta adalah menjaganya dengan baik, sedangkan terhadap kerabat adalah melayaninya dengan bijaksana.

Perintah kebaikan

Jangan kamu tolak perintahnya dalam kebaikan. Karena bila kamu menolak perintahnya, ia akan naik pitam.

Empati

Jangan menampakkan kebahagiaan di sisi suami ketika ia sedang sedih. Jangan pula bersedih di sisinya ketika ia sedang bahagia.

Paling mengenal pasangan

Jangan biarkan seorang pun mengaku lebih banyak mengetahui tentang suamimu daripada kamu sendiri. Jangan mudah percaya pada orang-orang yang menyebut-nyebutkan aib suamimu.

Buang jauh-jauh

Buanglah keinginan mencari tahu rahasia masa silam suamimu.

Menjaga rumah tangga

Jangan beritahu sedikitpun kepada temanmu hal-hal yang ada dalam rumahmu, meskipun rumahnya berdempetan dengan rumahmu.

Api cemburu

Jangan memuji seorang laki-laki di hadapan suami. Jangan tampakkan kekaguman apapun terhadapnya, karena itu akan menyalakan api cemburu suami.

Kata Bijak Islami Tentang Tugas Istri

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata bijak islami tentang tugas istri

Mendidik anak

Tugas paling utama dan paling baik bagi seorang istri adalah mendidik anak-anaknya sendiri.

Peran penting ibu

Hampir tidak ada orang besar yang menjadi pemimpin pada suatu masa, kecuali ia berada di bawah asuhan seorang ibu yang agung.

Menjadi ibu hebat

Ibu adalah pencetak para tokoh, maka tempalah dirimu dengan karakter yang kuat dan akhlak yang mulia.

Proses pendidikan anak

Islam menggariskan jalan untuk anak sejak anda mengandungnya hingga melahirkannya. Lalu, dilanjutkan dari menyusui dan mengasuhnya sampai ia menjadi seorang pemuda yang tangguh dan laki-laki dewasa.

Tak perlu risau

Saat anda hamil, bersyukurlah kepada Allah. Anda tak perlu risau apakah bayi yang akan lahir itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Minta tolong dan tawakkal

Saat anda mau melahirkan, mintalah tolong kepada Allah dan bertawakkallah kepada-Nya.

Bersyukurlah

Setelah anda melahirkan anak, bersyukurlah kepada Allah atas nikmat yang telah Dia anugerahkan kepada anda.

Kata Bijak Islami Tentang Teman Yang Baik

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata bijak islami tentang teman yang baik

Mencari teman

Carilah teman dan tentangga yang baik, karena seseorang itu tergantung pada agama temannya.

Teman yang baik

Teman yang baik adalah teman yang membantumu melaksanakan kebaikan dan mengingatkanmu kepada Allah.

Waspada

Waspadalah terhadap temanmu kecuali teman yang bisa dipercaya , takut kepada Allah, dan menaati-Nya.

Kata Mutiara Islami Tentang Beberapa Akhlak Mulia

kata mutiara nasehat untuk suami istri - kata mutiara islami tentang beberapa akhlak mulia

Menjaga lisan

Katakanlah yang baik niscaya kamu akan beruntung. Diamlah dari perkataan yang buruk niscaya kamu akan selamat.

Akhlak terpuji

Sesuatu yang paling berat diletakkan di timbangan seorang mukmin pada hari kiamat adalah akhlak yang terpuji. Allah membenci orang yang berbuat keji lagi kotor. – (HR. Bukhari)

Berdzikir

Dzikir kepada Allah menjadikan Allah ridha dan memberikan kecintaan-Nya kepada anda. Dari situ, suami anda akan menyukai anda.

Tinggalkan kesia-siaan

Termasuk dari bagusnya keislaman seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya. – (HR. A hmad)

Bantu dia  

Jika suami menghadapi masalah keuangan, jangan membebaninya dengan banyak permintaan. Bantulah dia ketika menghadapi masalah berat.

Menghormati keluarganya

Hormatilah keluarga suami anda, khususnya ibu mertua, dan sebutlah kebaikan-kebaikan mereka.

Jangan membandingkan

Jangan sampai anda membandingkan suami anda dengan orang lain, meskipun hanya bergurau.

Selalu jujur

Selalulah bersikap jujur, karena suami tidak mencintai istri pembohong.

Jangan merasa lebih

Jika Allah memberikan karunia ilmu, harta, dan kepandaian kepada anda, jangan merasa lebih dari suami, penuhi kehidupan suami dengan rasa cinta, penghargaan dan ketulusan.

Itulah beberapa kata mutiara nasehat islami untuk suami istri yang banyak memuat pesan-pesan nasehat bijak. Semoga bisa menjadi pengingat bagi pasangan suami istri untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here