19+ Kata Mutiara Islam Tentang Dzikir Mengingat Allah

Kata mutiara islam tentang berdzikir – Secara bahasa, Dzikir berasal dari bahasa arab dzakara – yadzkuru – dzikran yang berarti menyebut, mengingat. Allah SWT memerintahkan kepada setiap orang yang beriman untuk senantiasa mengingat-Nya, atau biasa dikenal dengan istilah dzikrullah. Dalam salah satu ayat alquran Allah berfirman, “Ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepada kalian” (Q.S Al-Baqarah: 152).

Dzikir adalah aktifitas hati yang menjadi pusat ruhaniah manusia. Hati yang suci bersih akan mudah menerima hidayah dari Allah SWT. Sementara hati yang penuh noda dosa akan tertutup dari cahaya petunjuk-Nya. Akibatnya, membuat seseorang hidup bergelimang dosa dan maksiat. Karena hati itu ibarat tanah, akan gersang dan membatu jika tidak tersentuh air, dan dzikir itulah air yang akan menyuburkan hati.

Oleh karena itu, penting bagi setiap mukmin untuk menyuburkan hatinya dengan aktifitas dzikir. Dengan zikir, seseorang akan senantiasa mengingat Allah SWT, merasakan, serta menghadirkan-Nya dalam segala aktifitas yang dilakukan. Sehingga, keyakinan yang kuat akan kehadiran dan pengawasan Allah ini akan menutup celah untuk bermaksiat.

Ada banyak sekali keutamaan dzikir, selalu mengingat Allah. Ibnu al-Qayyim dalam salah satu bukunya bahkan menyebutkan ada sekitar 80 keutamaan berdzikir. Di ataranya, dzikir dapat mengusir kesedihan, kesusahan dan kegalauan hati. Dzikir akan menghadirkan kebahagiaan, kekuatan, serta kehidupan ke dalam hati seseorang.

Dzikir juga akan mendekatkan seseorang kepada Allah dan membuatnya selalu merasakan kehadiran Allah bersamanya. Dengan berdzikir, seseorang akan terdorong hatinya untuk senantiasa kembali kepada-Nya dalam segala situasi dan kondisi.

Kata Bijak Islam Tentang Dzikir

Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang dzikir yang menjelaskan tentang pentingnya selalu berdzikir mengingat Allah serta keutamaan yang diperoleh oleh seseorang yang senantiasa berdzikir dalam segala keadaan. Kumpulan kata bijak islam tentang dzikir ini penuh dengan nasehat indah yang semoga membuat kita semakin ingat kepada Allah SWT.

The food for your soul is remembrance of Allah.

Dzikir kepada Allah itu makanan bagi jiwa.

Dzikr is a tree with fruits of awareness. The more frequent the Dzikr is made, the stronger the roots of a tree and the more fruits on it. – Ibnu Qayyim

Zikir adalah sebuah pohon yang buahnya adalah marifat (mengenal Allah). Semakin banyak berdzikir maka semakin kokoh akar pohon itu, semakin kokoh akarnya maka semakin banyak buah yg dihasilkannya. – Ibnu Qayyim

When the heart is fed with too much of worldly desires, it gets hard. Soften it with the remembrance of Allah.

Ketika hati terlalu banyak dipenuhi dengan hasrat duniawi, ia akan menjadi keras. Lunakkan dengan dzikir mengingat Allah.

Verily, in the remembrance of Allah do hearts find rest. – (Q.S Ar-Ra’d: 28)

Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. – (Q.S Ar-Ra’d: 28)

And the men and the women who remember Allah much with their hearts and tongues, Allah has prepared for them forgiveness and a great reward. – (Q.S Al-Ahzab: 35)

Laki-laki dan perempuan yang banyak mengingat Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar untuk mereka. – (Q.S Al-Ahzab: 35)

Remember Allah much, that you may be successful. – (Q.S Al-Jumu’ah:10)

Dan ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya supaya kalian beruntung. – (Q.S Al-Jumu’ah:10)

So remember Me, I will remember you. – (Q.S Al-Baqarah: 152)

Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu. – (Q.S Al-Baqarah: 152)

Keep your tongue moist with remembrance of Allah. – Ibnu Rajab

Selalu basahi lisanmu dengan berdzikir kepada Allah. – Ibnu Rajab

Those who keep their tongues wet with the zikr of Allah, will enter paradise smiling. – Abu Darda

Mereka yang selalu membasahi lisannya dengan berdzikir kepada Allah, Akan masuk surga dengan tersenyum. – Abu Darda

The palaces of Paradise are built by Dzikr. The more you perform remembrance of Allah, the more angels build for you.

Istana-istana di surga dibangun dengan Dzikir. Semakin banyak kamu mengingat Allah, semakin banyak pula malaikat yang membangunnya untukmu.

Dzikr is to the heart as water is to a fish, see what happens when a fish is taken out of water?. – Ibnu Taimiyah

Dzikir bagi hati ibarat air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?. – Ibnu Taimiyah

Oh Allah! Make my tongue full of Your remembrance and my heart with consciousness of You.

Ya Allah! Jadikanlah lidahku basah dengan senantiasa berdzikir kepada-Mu dan jadikanlah hatiku penuh dengan rasa takut kepada-Mu.

No matter how busy you are, always remember Allah.

Tak peduli seberapa sibuk dirimu, ingatlah selalu kepada Allah.

Can’t Sleep? Continue to remember Allah. The Shaitan would prefer that you sleep than be in the remembrance of Allah. – Abdul Bary Yahya

Tidak bisa tidur? Teruslah mengingat Allah. Karena setan lebih suka kamu tertidur daripada mengingat Allah. – Abdul Bary Yahya

Had our hearts been pure, we would never tire with the Dzikr of Allah. – Utsman bin Affan

Jika hati kita suci, maka ia tidak akan pernah puas dari berdzikir kepada Allah. – Utsman bin Affan

The comparison of the one who remembers Allah to the one who does not remember Allah is like that of the living and the death. – Hadits

Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan orang yang tidak berdzikir bagaikan orang yang hidup dan orang yang mati. – Hadis

Wash your heart every day with salah, then warm it up with Dzikr.

Basuhlah hatimu setiap hari dengan shalat, kemudian hangatkan dengan Dzikir.

(Baca juga: Kata Kata Indah Islami Tentang Kitab Alquran)

Itulah beberapa kata mutiara islam tentang dzikir. Semoga dengan berdzikir, Allah juga akan senantiasa mengingat kita dan membimbing kita untuk terus istiqamah di jalan-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here