20+ Kata Nasehat Islami Tentang Sakit dan Penyakit

0
459

Kata nasehat islam tentang sakit – Kondisi sakit memang membuat seseorang merasa kurang nyaman. Tidak sedikit orang yang kemudian mengeluh pada penyakit yang dideritanya, baik itu penyakit ringan ataupun berat.

Ada juga sebagian orang yang sampai mencaci penyakit yang dideritanya, seakan penyakitnya sudah yang paling berat yang dia rasakan. Padahal perbuatan demikian tidaklah dibenarkan dalam islam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita mencaci penyakit, apapun bentuknya. Karena sungguh datangnya penyakit itu bisa menjadi sebab dihapuskannya dosa-dosa seseorang, ibarat tungku api yang menghilangkan kotoran-kotoran besi. Tentu saja keutamaan ini akan diperoleh jika seseorang menghadapi penyakitnya dengan ridha dan sabar disertai ikhtiar.

Ketika berbicara masalah sakit dan penyakit, islam tidak melulu membicarakannya hanya sebatas pada penyakit fisik saja. Karena bagi seorang muslim, ada penyakit yang lebih berbahaya dari sekedar penyakit fisik, yaitu penyakit hati.

Kata Nasehat Islami Tentang Sakit dan Penyakit

kata nasehat islami tentang sakit dan penyakit

Kondisi sakit memang membuat tidak nyaman, namun akan berbuah pahala jika kita bisa menerimanya dengan sabar. Lebih dari itu, seorang muslim juga hendaknya mawas diri agar terhindar dari penyakit hati, yaitu jenis penyakit yang lebih berbahaya dari penyakit jasmani atau fisik.

Berikut ini kami sajikan beberapa kata bijak, kata nasehat islami tentang sakit dan penyakit, baik yang kaitannya dengan penyakit jasmani atau fisik maupun penyakit hati. Ada banyak nasehat bijak yang bisa kita ambil dari kumpulan kata nasehat islami tentang penyakit berikut ini.

Kedengkian

Constantly holding something in your heart against a person is a disease. Trust Allah and let it go. – Dr. Bilal  Philips

Terus menerus memendam kedengkian terhadap seseorang adalah sebuah penyakit. Percayalah kepada Allah dan biarkan saja. – Dr. Bilal Philips

Akibat makan berlebih

Overindulgence of food causes various types of diseases. – Ali bin Abi Thalib

Makanan yang berlebihan menyebabkan berbagai jenis penyakit. – Ali bin Abi Thalib

Dzat Yang Maha Menyembuhkan

وَ إِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

 “Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.” – (QS Asy Syu’ara: 80)

And when I am ill, it is He who cures me. – (QS. Asy-Syu’ara: 80)

Pelebur dosa

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Never a believer is stricken with a discomfort, an illness, an anxiety, a grief or mental worry or even the pricking of a thorn but Allah will expiate his sins on account of his patience”. – (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada satu musibah yang menimpa setiap muslim, baik rasa capek, sakit, bingung, sedih, gangguan orang lain, resah yang mendalam, sampai duri yang menancap di badannya, kecuali Allah jadikan hal itu sebagai sebab pengampunan dosa-dosanya. – (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada pahala

For every pain that you feel in this world, there’s a reward for it in the next.

Untuk setiap rasa sakit yang kau rasakan di dunia ini, ada balasan pahala untuk itu di akhirat kelak.

Mahkota

Health is a crown that the healthy wear, but only the sick can see it. – Imam Syafi’i

Kesehatan adalah mahkota yang dipakai orang sehat, tetapi hanya orang sakit yang dapat melihatnya. – Imam Syafi’i

Ada obatnya

ما أَنْزَلَ الله دَاءً إلا أَنْزَلَ له شِفَاءً

There is no disease that Allah has created, except that He also has created its treatment. – (HR. Bukhari)

Tidaklah Allah menurunkan satu penyakit melainkan Allah telah menurunkan untuknya obat penyembuh. – (HR.Bukhari)

Jika terjadi wabah

فَإِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ ، فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِ ، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا ، فَلَا تَفِرُّوا مِنْهُ

If you hear of an outbreak of plague in a land, do not enter it; if the plague breaks out in a place while you are in it, do not leave that place. – (HR. Bukhari)

Apabila kalian mendengar ada wabah di suatu wilayah, janganlah kalian memasuki wilayah tersebut. Dan apabila wabah tersebut terjadi di wilayahmu, jangan pula kamu keluar darinya. – (HR. Bukhari)

Ada penyakit hati

A man will never fear something besides Allah unless it be due to a disease in his heart. – Ibnu Taimiyah

Seorang pria tidak akan pernah takut akan sesuatu selain Allah kecuali itu disebabkan oleh adanya penyakit di hatinya. – Ibnu Taimiyah

Doa berlindung dari penyakit buruk

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Oh Allah, I seek refuge in you from vitiligo, madness, leprosy and all major illnesses.  – (HR. Abu Dawud)

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya. – (HR. Abu Dawud)

Penyakit hati

The disease of the heart is worse than the disease of the body. – Ali bin Abi Thalib

Penyakit hati itu lebih buruk daripada penyakit fisik. – Ali bin Abi Thalib

Menghapus kesalahan

مَا مِنْ مُسْلِمٍ وَلَا مُسْلِمَةٍ وَلَا مُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ يَمْرَضُ مَرَضًا إِلَّا حَطَّ اللَّهُ عَنْهُ مِنْ خَطَايَاهُ

There is no illness befalls a believer man or woman Nor a Muslim man or woman, but Allah will cut off his/her sins. – (HR. Ahmad)

Tidaklah seorang muslim laki-laki ataupun perempuan atau mukmin laki-laki ataupun mukmin perempuan yang terkena penyakit kecuali Allah menghapus kesalahannya. – (HR. Ahmad)

Berat mengikuti sunnah

If it becomes heavy (difficult) to follow the Sunnah, then know that there is a disease in the heart. – Ibnu Utsaimin

Jika menjadi berat (sulit) untuk mengikuti Sunnah, maka ketahuilah bahwa ada penyakit di hati. – Ibnu Utsaimin

Obat penyakit

There are no incurable diseases, only the lack of will. There are no worthless herbs, only the lack of knowledge. – Ibnu Sina

Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, yang ada hanyalah kurangnya kemauan. Tidak ada herbal yang tidak berharga, yang ada hanyalah kurangnya pengetahuan. – Ibnu Sina

Obat dan penyakit

Remind yourself of Allah, for it is a cure. Do not remind yourself of people, for it is a disease. – Umar bin Khattab

Perbanyaklah mengingat Allah, karena itu adalah obat. Jangan buat dirimu terlalu banyak mengingat manusia, karena itu adalah penyakit. – Umar bin Khattab

Hikmah sakit

إِنَّ مَرَضَ الْمُسْلِمِ يُذْهِبُ اللَّهُ بِهِ خَطَايَاهُ كَمَا تُذْهِبُ النَّارُ خَبَثَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ

When a Muslim is sick, the sins fall away just as fire purifies gold. – (HR. Abu Dawud)

Sesungguhnya sakit seorang mukmin menghilangkan dosa-dosanya sebagaimana api menghilangkan kotoran emas dan perak. – (HR. Abu Dawud)

Jangan pernah menyerah

Allah has a purpose for your pain, a reason for your struggles, and a reward for your faithfulness. Don’t give up. – Dr. Bilal Philips

Allah memiliki tujuan untuk rasa sakitmu, alasan untuk perjuanganmu, dan hadiah untuk kesetiaanmu. Karena itu, jangan pernah menyerah. – Dr. Bilal Philips

Itulah beberapa kata nasehat islami seputar sakit dan penyakit. Semoga nasehat-nasehat bijak yang disajikan bisa menjadi motivasi bagi kita untuk bersabar dalam menerima sakit serta menggunakan perspektif yang benar dalam memandang penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here