Kata Bijak IslamiKata Motivasi IslamiKata Mutiara IslamiKata Nasehat Islami

152+ Kata Mutiara Islami Tentang Puasa dan Ramadhan

Kata mutiara islami tentang puasa dan Ramadhan ini memuat banyak nasehat yang memotivasi kamu untuk maksimal dalam mengisi hari-hari ramadhan dengan amal kebaikan. Karena sungguh amat merugi orang yang masih diberi kesempatan bersua dengan ramadhan namun berlalu begitu saja tanpa makna.

Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kehadiran bulan suci Ramadhan selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tak terkecuali oleh masyarakat muslim Indonesia.

Bulan yang identik dengan ibadah puasa ini juga memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa dijumpai di bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini, Allah menjanjikan banyak kebaikan dan pahala yang berkali-kali lipat bagi mereka yang bisa memanfaatkan dengan baik momen istimewa Ramadhan.

Kumpulan kata mutiara islami tentang puasa dan Ramadhan ini mengajak kita memanfaatkan momen bulan ramadhan dengan berbagai amal saleh. Karena Ramadhan dengan berbagai keutamaan dan keistimewaannya hanya datang sekali dalam setahun, dan tidak ada jaminan bagi kita bisa bertemu kembali dengan Ramadhan di tahun berikutnya.

Pada bulan ini juga, Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan alquran kepada utusan-Nya, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan malam pada saat diturunkannya alquran tersebut dikenal dengan Nuzulul Qur’an. Masyarakat muslim tanah air biasa memperingatinya dengan mengadakan pengajian Nuzulul Qur’an sebagai ajang refleksi diri mengenai interaksi kita dengan Al-Qur’an selama ini.

Bulan Ramadhan menjadi terasa semakin istimewa karena di dalamnya terdapat satu malam kemuliaan yang nilai ibadah pada malam tersebut lebih baik dari seribu bulan, itulah malam yang disebut dengan Lailatul Qadar. Selain itu, seluruh umat muslim di seantero dunia memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh selama Ramadhan.

Kata mutiara islami tentang puasa dan Ramadhan ini juga memuat pesan mengenai keistimewaan ibadah puasa dibandingkan ibadah lainnya dalam islam. Dengan mengetahuinya, membuat kita bisa lebih menghargai ibadah puasa dan menjalankannya dengan penuh kekhusyukan.

Ibadah puasa yang menjadi kewajiban inti dari bulan Ramadhan tergolong ibadah yang spesial, karena Allah sendiri yang secara langsung memutuskan pahalanya, tidak seperti amal ibadah yang lain. Dalam sebuah hadis qudsi Allah SWT berfirman, “Puasa adalah untukku, dan Aku sendiri yang akan memberikan balasannya…” (HR. Bukhari dan Muslim).

(Baca juga: Kata Kata Ucapan Selamat Idul Fitri Terbaik)

Kata Bijak Islami Tentang Puasa dan Ramadhan

kata bijak islami tentang puasa dan Ramadhan

Kata mutiara islami tentang puasa dan Ramadhan berikut ini berisi kumpulan kata-kata terbaik sebagai ucapan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, caption islami tentang puasa, kemuliaan Ramadhan, dan kalimat perpisahan selamat jalan dengan ramadhan. Dilengkapi juga dengan gambar, kata-kata berbahasa inggris dan arab serta terjemahannya dalam bahasa indonesia.

Kata Mutiara Islami Persiapan Menyambut Ramadhan

kata mutiara islami persiapan menyambut ramadhan

Berikut ini beberapa kata mutiara islami dalam rangka persiapan menyambut ramadhan yang bisa dijadikan sebagai motivasi dan nasehat diri agar melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk menyambut tamu agung bulan suci Ramadhan.

Merindukan Ramadhan

merindukan_ramadhan

Mu’alla bin al-Fadhl rahimahullah berkata,

كَانُوْا يَدْعُوْنَ اللّٰهَ تَعَالَى سِتّةَ أَشْهُرٍ أَنْ يُبَلِّغَهُمْ رَمَضَانَ وَيَدٔعُوْنَهُ سِتَّةَ أَشٔهُرٍ أَنْ يَتَقَبَّلَ مِنٔهُمْ

“Dahulu (para salafus shalih) mereka berdoa selama 6 bulan, agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan mereka berdoa setelah (Ramadhan) 6 bulan, agar amal ibadah mereka diterima” – (Lathaa’iful Ma’aarif, hal. 148)

Kabar Gembira Datangnya Momen Yang Agung

kabar gembira datangnya momen agung

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” – (HR. Ahmad)

Perbaiki Diri Sebelum Ramadhan

perbaiki diri sebelum ramadhan

Amru bin Qais rahimahullah berkata,

طوبى لمن أصلح نفسه قبل رمضان

“Keberuntungan bagi seseorang yang memperbaiki dirinya sebelum datangnya Ramadhan.” – (Lathaiful Ma’arif, hlm. 138)

Doa menjelang Bulan Ramadhan

doa menyambut ramadhan

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” – (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Izinkan kami

O Allah, allow us to witness Ramadan, benefit from it, use it to earn Your pleasure and mercy, and earn emancipation from the Fire. – dr. Bilal Philips

Ya Allah, izinkan kami untuk menjumpai bulan Ramadhan, memanfaatkannya, menggunakannya untuk mendapatkan ridha dan rahmat-Mu, dan mendapatkan pembebasan dari siksa api neraka. – dr. Bilal Philips

Persiapan diri

kata ucapan menyambut ramadhan

No one can go anywhere without preparation, and no one invites a guest without preparing to welcome him / her. Similarly, to welcome Ramadhan, the month of fasting, one has to prepare.

Tak seorangpun bisa pergi ke manapun yang ia mau tanpa persiapan, dan tak seorangpun yang mengundang tamu tanpa mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Maka sama halnya dalam menyambut Ramadhan, bulan puasa, seseorang harus mempersiapkan diri.

Segera tiba

kata ucapan menyambut ramadhan

Ramadhan.. will be coming soon. Prepare your mind, body and soul for the holy month and gain maximum benefit.

Ramadhan.. akan segera tiba. Mari siapkan pikiran, tubuh serta hati untuk menyambut bulan suci ini dan raihlah manfaatnya semaksimal mungkin.

Mohon maaf

Amat merdu suara adzan, ayo shalat disegerakan. Sebentar lagi akan ramadhan, segala salah mohon dimaafkan.

Kata Kata Ucapan Selamat Datang Ramadhan

kata kata ucapan selamat datang ramadhan

Buat kamu yang sedang mencari kata kata selamat datang Ramadhan, berikut ini kami sajikan beberapa pilihan menarik kata ucapan Marhaban Ya Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan #1

kata ucapan menyambut ramadhan

Setitik tinta jadi noda.
Setitik salah jadi dosa.
Bulan penuh berkah segera tiba.
Mari tekun ibadah di bulan puasa.
Marhaban Ya Ramadhan.
Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat menunaikan ibadah puasa.

Marhaban Ya Ramadhan #2

kata ucapan menyambut ramadhan

Tiada bulan seagung ini.
Tiada bulan semulia ini.
Tiada bulan seberkah ini.
Ramadhan penuh berkah dan maghfirah.
Marhaban Ya Ramadhan.
Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat menunaikan ibadah puasa.

Marhaban Ya Ramadhan #3

kata ucapan menyambut ramadhan

Pucuk selasih bertunas menjulang.
Dahannya patah tolong betulkan.
Puasa Ramadhan kembali menjelang.
Salah dan khilaf mohon dimaafkan.

Marhaban Ya Ramadhan #4

kata ucapan menyambut ramadhan

Bulan Ramadhan sudah di depan mata.
Tak lama lagi kita akan berjumpa.
Siapkan hati untuk mendekatkan diri kepada-Nya.
Marhaban Ya Ramadhan.
Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat menunaikan ibadah puasa.

Marhaban Ya Ramadhan #5

kata ucapan menyambut ramadhan

Ramadhan sudah di depan mata. Mari kita syukuri dengan penuh suka cita. Semoga rahmat dan kebaikan selalu terlimpahkan untuk kita semua. Perbanyak ibadah dan istighfar memohon ampunan dosa.

Marhaban Ya Ramadhan #6

kata ucapan menyambut ramadhan

Diawali dengan bismillah.
Menyambut bulan penuh berkah.
Mari tingkatkan iman dan takwa.
Semoga diampunkan segala dosa.
Marhaban Ya Ramadhan.
Selamat menunaikan ibadah puasa.

Marhaban Ya Ramadhan #7

marhaban ya ramadhan

Selamat menunaikan ibadah Ramadhan. Semoga kita senantiasa berada dalam ketaatan kepada-Nya dan beroleh derajat taqwa.

Welcome Ramadhan #1

kata ucapan menyambut ramadhan

Welcome Ramadhan… Walk humbly, talk politely, dress neatly, treat kindly, pray attentively and donate generously. May Allah bless and protect all of you.

Selamat Datang Ramadhan… Berjalanlah dengan rendah hati, berbicara dengan sopan, berpakaian rapi, berperilaku ramah, berdoa dengan penuh kekhusyukan dan dermawan dalam bersedekah. Semoga Allah memberkahi dan melindungi kalian semua.

Welcome Ramadhan #2

kata ucapan menyambut ramadhan

Welcome Ramadhan… Allah is with those who restrain themselves.

Selamat datang bulan Ramadhan… Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

Welcome Ramadhan #3

Welcome the month of Ramadhan with the heart filled with peace, harmony and joy. May the divine blessings of Allah protect and guide you.

Sambutlah bulan Ramadhan dengan hati yang dipenuhi kedamaian, harmoni dan sukacita. Semoga berkah ilahi dari Allah melindungi dan membimbing kalian.

Welcome Ramadhan #4

kata ucapan menyambut ramadhan

May this Ramadhan enlighten you and clear your understanding and judgment between the right and wrong, between the truths and false. Wishing you a Ramadhan Mubarak.

Semoga Ramadhan kali ini memberi pencerahan dan meningkatkan pemahaman serta penilaianmu untuk bisa membedakan antara yang benar dan yang salah, antara yang hak dan yang batil. Semoga engkau menjalani Ramadhan yang penuh berkah.

Welcome Ramadhan #5

kata ucapan menyambut ramadhan

May Allah always guide you all throughout your journey in life. I wish this Ramadan will infuse you with courage that will help you be triumphant over the adversities of life. Have a blessed Ramadhan.

Semoga Allah senantiasa membimbing kalian semua sepanjang perjalanan hidup ini. Aku berharap semoga Ramadhan kali ini menanamkan keberanian dalam diri kalian yang akan membantu kalian mengatasi berbagai kesulitan hidup. Selamat menjalani bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Welcome Ramadhan #6

kata ucapan menyambut ramadhan

Ramadan is coming. Shaitaan is running. Muslims are preparing. Gates of Hell are closing. Gates of Heaven are opening.

Ramadhan datang. Setan pergi. Kaum muslimin bersiap. Pintu neraka ditutup. Pintu surga dibuka.

Welcome Ramadhan #7

kata ucapan menyambut ramadhan

The mercy of Ramadan is open for us, to ask, beseech, beg Him for health and wellness and also to ask for mercy and guidance for all our loved ones.

Rahmat bulan Ramadhan terbuka untuk kita semua, untuk meminta, bersimpuh, memohon kesehatan dan kesejahteraan dari-Nya dan juga memohon rahmat dan petunjuk bagi semua orang yang kita sayangi.

Kata Nasehat Islami Tentang Puasa Ramadhan

kata nasehat islami tentang puasa ramadhan

Agar lebih khusyu’ dan khidmat dalam menjalankan ibadah puasa, kumpulan kata nasehat islami tentang puasa Ramadhan ini bisa dijadikan pengingat untuk berusaha menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya dengan menjaga adab dan hukum-hukumnya yang terkait.

Allah Tidak Butuh Puasanya

allah tidak butuh puasanya

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

Baca juga:  20+ Kata Nasehat Islami Tentang Sakit dan Penyakit

“Barang siapa yang tidak mau meninggalkan perkataan dusta dan justru mengerjakannya, maka Allah tidak butuh rasa lapar dan haus yang ditahannya (puasa).” – (HR. Bukhari)

Menghimpun Waktu-Waktu Mustajab

istimewanya jumat di bulan ramadhan

Syaikh Abdul Aziz At-Thuraifi hafizhahullah berkata,

لإجابة الدعاء أوقات بعضها أرجى من بعض، وإذا اجتمع أكثرُ من سبب كانت الإجابة أشد قرباً، كيوم الجمعة يجتمع فيه دعاءٌ عند الفطر وآخر ساعة منه

“Untuk meraih doa yg mustajab, ada beberapa waktu yg lebih menjanjikan dari waktu-waktu lainnya. Dan bila terhimpun lebih dari satu sebab, maka harapan dikabulkannya sebuah doa semakin besar. Seperti hari Jum’at (bagi org yg berpuasa Ramadhan), di dalamnya terhimpun keutamaan doa menjelang ifthar, dan keutamaan doa di penghujung Jum’at.”

Kesibukan Orang Yang Berpuasa

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata,

يَنْبَغِي عَلَى الصَّائِمِ أَنْ يَشتَغِلَ بِقِرَاءَةِ القُرْآنِ فِيْ رَمَضَانَ

“Selayaknya orang yang berpuasa menyibukkan diri dengan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan.” – (Al-Fatawa, 15/202)

Wanita Perindu Surga

wanita perindu surga

Diriwayatkan dari sahabat ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhu,⁣
⁣“Jika seorang wanita (1) menjaga shalat lima waktu, (2) puasa bulan Ramadhan, (3) menjaga kemaluannya, dan (4) menaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, “Masuklah kalian ke dalam surga dari pintu mana saja yang kalian kehendaki.” – (HR. Ahmad)

Pahala berlipat berpuasa Ramadhan

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah mengatakan, “Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam.” – (Lathaif Al-Ma’arif, 271)

Aku sedang berpuasa

When one of you is fasting, he should abstain from indecent acts and unnecessary talk, and if someone begins an obscene conversation or tries to pick an argument, he should simply tell him, ‘I am fasting’. – Hadits

Apabila salah seorang di antara kamu berpuasa, janganlah ia berkata kotor/keji dan berteriak-teriak. Apabila ada orang yang menghinanya atau mengajaknya bertengkar, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku sedang berpuasa”. – Hadis

Doa yang tidak tertolak

Three prayers (supplications) are not rejected: the prayer of a father, the prayer of a fasting person, and the prayer of a traveller. – Hadits

Tiga doa yang tidak tertolak; doa orang tua terhadap anaknya, doa orang yang sedang berpuasa dan doa seorang musafir. – Hadis

Kewajiban puasa

O you who believe, Fasting is prescribed for you, as it was prescribed for those before you so that hopefully you will gain taqwa. – (QS. Al-Baqarah: 183)

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. – (QS. Al-Baqarah: 183)

Agen kebersihan

Fasting is a cleansing agent for the body and soul.

Puasa adalah agen pembersihan untuk tubuh dan jiwa.

Berpuasa setahun

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Whoever fasts Ramadhan and follow it with six days of shawwal, it will be as if he fasted for a lifetime. – (HR. Muslim)

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diikuti berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. – (HR. Muslim)

Mustajab

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

Whatever is prayed for at the time of breaking the fast is granted and never refused. – (HR. Tirmidzi)

Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak. – (HR. Ibnu Majah)

Lebih mencintai-Mu

To fast is to say “Dear God, I love food. I love drink. I love to fulfill my desire. But I love you more. So I give up what I love for what you love.” – Yasmin Mogahed

Berpuasa berarti mengatakan, “Ya Allah, aku suka makanan. Aku suka minuman. Aku suka memenuhi hasratku. Tapi aku lebih mencintai-Mu. Jadi, aku melepaskan apa yang kusuka untuk menggapai apa yang Engkau sukai.” – Yasmin Mogahed

Filosofi Puasa

The philosophy of fasting calls upon us to know ourselves, to master ourselves, and to discipline ourselves the better to free ourselves. To fast is to identify our dependencies, and free ourselves from them. – Tariq Ramadan

Filosofi puasa adalah menghimbau kita untuk mengenal diri sendiri, menguasai diri sendiri, dan mendisiplinkan diri menjadi lebih baik dengan tujuan membebaskan diri. Berpuasa adalah untuk mengidentifikasi ketergantungan kita, dan membebaskan diri kita darinya. – Tariq Ramadhan

Latihan

Fasting is, first and foremost, an exercise for identifying and managing adversity in all its forms. With faith, in full conscience, fasting calls women and men to an extra degree of self-awareness. – Tariq Ramadan

Puasa adalah, pertama dan terpenting, suatu bentuk latihan untuk mengidentifikasi dan mengelola kesulitan dalam berbagai bentuknya. Dengan iman, dalam hati nurani penuh, puasa mengajak wanita dan pria ke tingkatan kesadaran diri yang sangat tinggi. – Tariq Ramadan

Bukan diet

Fasting is not about a diet of burning calories. It’s about burning ego, pride, and sins.

Ibadah puasa bukanlah sekedar diet untuk membakar kalori. Tapi lebih kepada membakar ego, kesombongan, dan dosa.

Manfaat spiritual puasa

One of the spiritual benefits of a proper fast is that it creates a higher level of consciousness and awareness of Allah. – Syeikh Riyadh al-Haq

Salah satu manfaat spiritual dari puasa yang tepat adalah bahwa ia menciptakan tingkat kesadaran dan kesadaran yang lebih tinggi dari Allah. – Syeikh Riyadh al-Haq

Pahala puasa

kata bijak tentang puasa ramadhan

Every deed of the son of Adam is for him except fasting; it is for Me and i will reward it. – Hadits

Seluruh amal perbuatan anak Adam adalah untuknya sendiri kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku dan Aku-lah yang akan memberikan balasannya. – Hadis

Dua Kebahagiaan

kata bijak puasa ramadhan

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ حِينَ يُفْطِرُ وَفَرْحَةٌ حِينَ يَلْقَى رَبَّهُ

There are two pleasures for the fasting person, one at the time of breaking his fast, and the other at the time when he will meet his Lord, then he will be pleased because of his fasting. – (Muttafaq Alaih)

Ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa, yaitu kebahagiaan ketika berbuka puasa, dan kebahagiaan ketika nanti bertemu dengan Tuhannya. – (Muttafaq Alaih)

Keutamaan puasa

kata bijak puasa ramadhan

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Whoever fasts Ramadhan out of faith and with the hope of (Allah’s) reward, all his previous sins will be forgiven. – (HR. Bukhari)

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan semata-mata mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. – (HR. Bukhari)

Presentase puasa

quotes puasa ramadhan - hanya satu persen

Fasting is only 1% of not eating and drinking, the rest of the 99% is bringing your heart and soul closer to the Allah.

Puasa itu hanya 1% untuk menahan diri dari makan dan minum, 99% sisanya untuk membawa hati dan jiwamu semakin dekat kepada Allah.

Perisai

kata bijak puasa ramadhan

Fasting is a shield, it will protect you from the hellfire and prevent you from sins. – (HR. Bukhari dan Muslim)

Puasa adalah perisai, yang akan melindungimu dari api neraka dan menjagamu dari perbuatan dosa. – (HR. Bukhari dan Muslim)

Puasa Tapi Gak Shalat

Puasa adalah rukun islam yang keempat. Sedangkan shalat adalah rukun islam yang kedua. Maka janganlah engkau merasa bangga dengan puasamu sedangkan engkau tertidur dari shalatmu.

Makna perisai

Puasa adalah perisai dan bukan pedang. Digunakan untuk menahan diri, bukan untuk menyerang.

Sama saja

Kalau puasa cuma menahan lapar dan haus, maka sama saja seperti mengganti waktu makan.

Kata Motivasi Islami di Bulan Ramadhan

kata nasehat islami di bulan ramadhan

Agar lebih semangat dalam menjalankan berbagai ibadah di bulan Ramadhan, kita perlu nasehat-nasehat bijak yang akan membantu menjaga semangat kita dalam mengarungi bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Beberapa kata motivasi islami islami tentang bulan Ramadhan ini sangat bagus untuk disimak.

Bagai hujan

quote ramadhan - ramadhan bagai hujan

Ramadhan is like the rain… It nourishes the seeds of good deeds.

Ramadhan itu ibarat hujan… ia menyuburkan benih-benih amal kebaikan.

Saat ramadhan tiba

kata bijak tentang puasa ramadhan

When the month of Ramadhan starts, the gates of the heaven are opened and the gates of Hell are closed and the devils are chained. – Hadits

Ketika datang bulan Ramadhan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. – Hadis

Manual ramadhan

RAMADHAN MANUAL – turn TV off, eat moderately, use SOCIAL MEDIA wisely, read QURAN daily, Pray more, increase dua.

MANUAL RAMADHAN – matikan TV, makan secukupnya, gunakan SOSIAL MEDIA dengan bijak, baca QURAN secara rutin, lebih banyak BERIBADAH, tingkatkan DOA.

Bukan sementara

quote ramadhan - titik tolak perubahan

Ramadhan is not about giving up bad habits temporarily. Ramadhan is a starting point to become a better Muslim and give them up for good.

Ramadhan bukanlah tentang berhenti dari kebiasaan buruk untuk sementara waktu. Ramadhan adalah titik tolak untuk menjadi pribadi Muslim yang lebih baik dan berusaha untuk terus selamanya menjadi baik.

Ibarat teman

quote ramadhan - ramadhan ibarat teman

Ramadhan is like a friend. You have seen it today, you might not see it again.

Ramadhan itu seperti teman. Kamu mungkin berjumpa dengannya hari ini, tapi belum tentu kamu bisa berjumpa lagi dengannya di lain waktu.

Mengosongkan perut

Ramadhan is time to empty your stomach to feed your soul.

Ramadhan adalah waktunya mengosongkan perut untuk memberi makan ruhanimu.

Rugi di Bulan Ramadhan

quote ramadhan - orang yang rugi di bulan ramadhan

“Orang yang rugi adalah orang yang tidak mendapatkan kebaikan apa-apa di bulan Ramadhan. Dia tidak ikut shalat jamaah, tidak juga shalat malam bersama kaum muslimin.” – Dr Salim al ‘Ajmi

Jangan Hanya Ramadhan

jangan menjadi hamba ramadhan

Jadilah engkau hamba Allah yang Rabbani, Janganlah engkau menjadi hamba Allah yang Ramadhani (hanya beribadah di bulan Ramadhan saja).

Seburuk-buruk Kaum

seburuk buruk kaum di bulan ramadhan

Bisyr Al-Hafi rahimahullah berkata,

بئس القوم لا يعرفون لله حقاً إلاّ في
شهر رمضان. إنّ الصالح الـذي يتعبّد ويجتهد السنة كلها

“Seburuk-buruk kaum (adalah yang) tidak mengetahui hak Allah (untuk disembah) kecuali di bulan Ramadhan (saja). Sesungguhnya orang shalih (adalah yang) menghamba (kepada Allah) dan bersungguh-sungguh (dalam ketaatan kepada-Nya) sepanjang tahun.” – (Lathaif Al-Ma’arif, hal. 222)

Baca juga:  23+ Kata Mutiara Islami Tentang Hari Kiamat yang Begitu Dahsyat

Bernasib baik dan buruk

orang yang bernasib baik dan bernasib buruk di bulan ramadhan

Syaikh Abdul Aziz Ath-Thuraifi hafizhahullah berkata,

الموفق في رمضان من يتفرّغ لطاعة الله والمحروم من يتفرغ لمعصيته، الأوّل أقبل عل ربّه، الثاني يعانده: يفتح له الجنة فيطرق أبوا النار!

“Orang yang bernasib baik di bulan Ramadhan adalah yang menyibukkan diri dalam taat. Sedangkan orang yang bernasib buruk adalah yang masih saja hanyut dalam maksiat. Yang pertama menghadap Allah. Sedangkan yang kedua menentang-Nya. Dibukakan baginya pintu-pintu Surga, namun ia justru mengetuk pintu Neraka!”

Ramadhan, Momen Muhasabah Diri

Berkali-kali Ramadhan menghampiri,
Namun diri tetap saja begini-begini,
Ibadah serasa tak membekas,
Diri pun tak ada peningkatan kualitas,

Semua itu bisa jadi karena Dosa,
Yang mungkin karena kita meremehkannya,
Sehingga menumpuk tak terasa..

Keburukannya Meningkat di Bulan Ramadhan

Syaikh Abdul Aziz Ath-Thuraifi hafizhahullah berkata,

من زاد شره من الإنس في رمضان فهذا دليل على أن شرّه أعظم من سرّ شيطانه المكبّل، فإن من شياطين الإنس مَن هو أضل من شياطين الجنّ

“Siapa yang keburukannya di bulan Ramadhan justru semakin meningkat, maka itu pertanda bahwa keburukannya lebih parah dari keburukan ‘setannya’ yang sedang dikekang (di bulan Ramadhan). Karena sesungguhnya di antara setan-setan manusia itu ada yang jauh lebih sesat daripada setan-setan dari bangsa jin.”

Empat kesalahan

4 Mistakes to avoid in Ramadan: getting angry, sleeping all day, fasting without prayer, bad language.

4 Kesalahan yang harus dihindari di bulan Ramadan: marah, tidur sepanjang hari, berpuasa tapi tidak shalat, tutur kata yang buruk.

Berdoalah

Make Dua.. its Ramadan, the month of forgiveness.

Berdoalah.. ini adalah Ramadhan, bulan yang penuh dengan ampunan.

Titik balik

Make this Ramadan the turning point in your life. Break free from the deceptions of this world and indulge into the sweetness of iman.

Jadikan Ramadhan kali ini sebagai titik balik dalam kehidupanmu. Bebaskan diri dari tipu daya dunia ini dan nikmati manisnya iman.

Bukan hamba ramadhan

Don’t be a servant of Ramadan, be a servant of Allah, be consistent.

Jangan menjadi hamba Ramadhan, jadilah hamba Allah, dan beristiqamahlah.

Bukan untuk diet

Ramadan is about losing sins, not weight.

Ramadhan itu waktunya untuk membersihkan diri dari dosa, bukan untuk menurunkan berat badan.

Membangun iman

Ramadan is a chance to build your iman.

Ramadhan adalah kesempatan untuk membangun imanmu.

Bunga langka

ramadhan bagai bunga langka

Ramadan is like a rare flower, that blossoms once a year, and just as you begin to smell its fragrance, it disappears for another year.

Ramadhan bagaikan bunga yang sangat langka, yang mekar hanya setahun sekali, dan saat kamu mulai mencium harumnya, ia menghilang selama satu tahun lagi.

Berhenti dari kemaksiatan

Ramadan is the ideal time to break bad habits.

Ramadhan adalah waktu yang sangat baik untuk berhenti dari kebiasaan buruk.

Istimewanya ramadhan

istimewanya waktu di bulan ramadhan

4 weeks of mercy, 30 days of worship, 720 hours of spirituality, 43.000 minutes of forgiveness, 2.592.000 seconds of happiness.

4 minggu yang penuh rahmat, 30 hari yang bernilai ibadah, 720 jam yang penuh nuansa keagamaan, 43.000 menit yang penuh ampunan, 2.592.000 detik yang penuh kebahagiaan.

Terimalah

terimalah puasa kami

Dear Allah, please accept our fasts in this beautiful month of Ramadan. Ameen.

Ya Allah, terimalah puasa kami di bulan Ramadhan yang indah ini. Amiin.

Menyembuhkan

Ramadhan, let this month heal you.

Ramadhan, biarkan bulan ini menyembuhkanmu.

Tuhan yang sama

tuhan yang sama

The Lord you worship in Ramadan is the same Lord you turn away from in all the other months. – Sheikh Abu Abdisalam

Tuhan yang engkau sembah di bulan Ramadhan adalah Tuhan yang sama yang engkau berpaling di bulan-bulan selainnya. – Sheikh Abu Abdisalam

Bulan al-Qur’an

The month of Ramadhan is that in which was revealed the Qur’an, a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion. – (QS. Al-Baqarah: 185)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda (antara yang hak dan yang bathil). – (QS. Al-Baqarah: 185)

Maksiat Ketika Setan Dibelenggu

maksiat ketika setan dibelenggu

Imam Al-Qurthubi rahimahullah berkata:

لا يلزم من تصفيد جميعهم أن لا يقع شر ولا معصية، لأن لذلك أسبابا غير الشياطين كالنفوس الخبيثة والعادات القبيحة والشياطين الإنسية

“Tidak mesti ketika semua setan dibelenggu membuat seorang hamba tidak bisa terjatuh dalam keburukan, dosa dan maksiat. Sebab, ada faktor lain selain setan, seperti jiwa yang jahat, kebiasaan buruk dan setan manusia.” – (Fathul Bari, 4/114)

Menggapai takwa

TAQWA is the ultimate goal of our Ramadan preparations, to be among the righteous for now and forever.

TAQWA adalah tujuan akhir dari persiapan Ramadhan kita, supaya kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang saleh, untuk saat ini dan selamanya.

Memperkokoh iman

Ramadan: strengthen your iman, heal your heart.

Ramadhan: mengokohkan imanmu, menyembuhkan hatimu.

Tiap hari ramadhan

Live your life like everyday is Ramadan, and the Akhirah will become your Eid.

Jalani hidupmu seperti seolah-olah setiap harinya adalah Ramadhan, maka Akhirat akan menjadi hari rayamu.

Terus berusaha 

Allah never expect us to be perfect during Ramadan, but He expects us to keep trying.

Allah tidak pernah mengharapkan kita menjadi sempurna selama Ramadhan, tetapi Dia mengharapkan kita untuk tetap terus berusaha.

Hadiah

Ramadan is gifted to you for: devotion, purification and gaining rewards in multiples.

Ramadhan dihadiahkan kepada kalian supaya dimanfaatkan untuk melakukan ketaatan, pemurnian, dan meraih pahala berlipat ganda.

Yang seharusnya

mengapai kita bahagia di bulan ramadhan

Have you ever wondered why we’re happy in Ramadan? Because we do what we were created to do. – Alaa Elsayed

Pernahkah engkau bertanya-tanya mengapa kita bahagia di bulan Ramadhan? Karena kita melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. – Alaa Elsayed

Berubah dan berbenah

kata mutiara islam tentang puasa ramadhan

Don’t change yourself only for Ramadan, but change yourself for your entire life. Make this Ramadan your new beginning.

Jangan berubah hanya selama bulan Ramadhan, tapi berubahlah untuk seumur hidupmu. Jadikan Ramadhan ini sebagai awal baru dalam kehidupanmu.

Cahaya Ramadhan

“In His infinite mercy, Allah has sent the light of Ramadan to erase the night. He has sent the month of the Qur’an so that He might elevate us and bring us from our isolation to His nearness.” – Yasmin Mogahed

“Dalam rahmat-Nya yang tak terbatas, Allah telah mengirimkan cahaya Ramadhan untuk menghapus malam. Dia telah mengirimkan bulan Al-Qur’an sehingga Dia dapat mengangkat dan membawa kita dari keterasingan menuju ke dekat-Nya.” – Yasmin Mogahed

Tak sekedar berhenti

Ramadhan is about breaking bad habits, not about putting them on pause.

Ramadhannya Orang Mukmin Dan Orang Munafik

“Orang mukmin menunggu Ramadhan untuk ibadah, orang munafik menunggunya untuk maksiat.” – Syaikh Abdul Aziz Ath Tharifi

Kata Mutiara Islami Tentang Shalat Tarawih

kata mutiara islami tentang shalat tarawih

Salah satu ibadah utama di bulan Ramadhan adalah menjalankan shalat tarawih. Berikut ini kami sajikan beberapa kata mutiara islami seputar shalat tarawih yang semoga bermanfaat untuk menjaga semangat kita dalam menegakkan shalat tarawih.

Keutamaan Shalat Tarawih Berjamaah

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

ﻣَﻦْ ﻗَﺎﻡَ ﻣَﻊَ ﺍﻹِﻣَﺎﻡِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﻨْﺼَﺮِﻑَ ﻛُﺘِﺐَ ﻟَﻪُ ﻗِﻴَﺎﻡُ ﻟَﻴْﻠَﺔ

“Barang siapa yang shalat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya dicatat seperti shalat semalam suntuk.” – (HR. At-Tirmidzi)

Cinta ibarat tarawih

Cinta itu ibarat shalat tarawih. Bukan tentang siapa yang datang paling awal, tapi tentang siapa yang bertahan hingga akhir.

Bukan akhwat

Ingat! tarawih tujuannya untuk shalat, bukan nyari akhwat.

Bukan balapan

Gak perlu kecepatan penuh untuk shalat tarawih. Karena niatnya situ shalat untuk ibadah, bukan untuk balapan.

Kata Mutiara Islami Tentang Sahur

kata mutiara islami tentang makan sahur

Kumpulan kata mutiara islami tentang sahur ini memuat beberapa nasehat bijak seputar waktu sahur. Bisa kamu jadikan sebagai nasehat diri untuk menemani makan sahurmu.

Santapan Yang Paling Baik Saat Sahur

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَ سَحُوْرِ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

“Sebaik-baik santapan sahur seorang mukmin adalah kurma.” – (HR. Abu Dawud)

Ada berkah

Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat barakah. – Hadis

Sesuai waktunya

Jangan sahur sesudah waktunya, jangan berbuka sebelum waktunya, jangan menikah sebelum ada calonnya.

Memulai dengan basmalah

Mulailah makan sahurmu dengan ucapan bismillah agar semua makanan yang kau makan dan minuman yang kau minum menjadi berkah dan memberimu kekuatan untuk beribadah kepada Allah.

Tanpa sahur

Ada orang bangga berkata tanpa sahur pun dia gagah berpuasa. Padahal sahur itu sunnah dan berkah, dan dia telah rugi.

Hanya seteguk air

Makan sahur adalah barakah. Maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air. – (HR. Ahmad)

Selamat sahur

Kukirimkan senyum syukur, lewat doa yang tak terukur, semoga yang di sana sudah bangun tidur, sebelum waktu imsak menegur. Selamat makan sahur.

Kata Mutiara Islami Tentang Berbuka Puasa

kata mutiara islami tentang buka puasa

Menemani waktu buka puasamu, koleksi kata mutiara islami tentang buka puasa ini memuat nasehat seputar buka puasa dan beberapa ucapan selamat berbuka puasa menarik yang bisa kamu jadikan sebagai caption ataupun status di media sosial.

Sedekah buka puasa

kata bijak puasa ramadhan

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Whoever feeds a fasting person will have a reward like that of the fasting person, without any reduction in his reward. – (HR. Tirmidzi)

Barang siapa memberi makan orang yang sedang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang melakukan puasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. – (HR. Tirmidzi)

Waktunya buka

Sehari sudah kita menahan lapar dan dahaga, kini tibalah waktu maghrib untuk kita berbuka puasa. Selamat berbuka puasa, semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT.

Syukur dan sabar

Nikmatnya bersyukur, indahnya bersabar. Selamat berbuka puasa.

Ekspresi kebahagiaan

Orang berbuka memang benar mendapat kebahagiaan, tetapi jangan sampai salah mengekspresikannya dengan berbuka yang berlebihan.

Nikmat makan

Tiada nikmat makan yang lebih dari saat berbuka puasa. Selamat menikmati hidangan berbuka puasa.

Baca juga:  84+ Kata Mutiara Islami Tentang Wanita, Nasehat Indah Buat Kaum Hawa

Selamat berbuka untukmu

Jangan lupa berdoa sebelum makan, sudah kenyang ucapkan alhamdulillah. Selamat berbuka puasa kuucapkan, untukmu dengan senyumku terindah.

Menyegerakan berbuka

Manusia akan senantiasa berada di dalam kebaikan selagi mereka senantiasa menyegerakan berbuka puasa. – (HR. Bukhari)

Meraih ridha-Mu

Dari pagi sampai sore-Mu, ku menahan segala rasa dan nafsu hanya untuk meraih ridha-Mu, semoga kita mendapatkan berkah di puasa hari ini. Selamat berbuka puasa.

Ucapan selamat berbuka

Santapan lezat sudah tersedia di atas meja, setulus hati aku ingin mengucapkan ‘Selamat berbuka puasa’.

Untuk yang dirindu

Gula memang manis rasanya, tapi lebih manis lagi rasa madu, ku ucapkan selamat berbuka puasa, untuk kamu yang selalu ku rindu.

Halal lebih baik

Berbukalah dengan yang halal, karena yang manis dan sayang belum tentu halal.

Happy iftar #1

Hope your fasting reaps the fruits of success. Happy Iftar!

Semoga puasa yang telah kamu jalani hari ini membuahkan hasil. Selamat berbuka puasa!

Happy iftar #2

Happiness is sharing iftar with others.

Bahagia itu berbagi makanan buka buasa dengan yang lain.

Happy Iftar #3

On the joyous occasion of iftar, wishing you happiness and sweetness this day and always happy Ramadhan.

Pada kesempatan buka puasa ini, semoga engkau melalui hari ini dengan bahagia dan manis dan semoga selalu menjalani Ramadhan yang membahagiakan.

Happy iftar #4

Wishing you a joyous Iftar with happiness, health and success always.

Semoga engkau selalu berbuka puasa dengan kebahagiaan, kesehatan, dan kesuksesan.

Happy Iftar #5

You know, iftar time is one of the most blessed times. Do seek Allah’s forgiveness on this time before it went away.

Tahukah kamu, waktu buka puasa adalah salah satu waktu yang paling diberkahi. Carilah ampunan Allah di waktu ini sebelum ia pergi.

Happy iftar #6

There is a reason behind this hunger and thirst. And it’s that Allah wants to love us. He wants to forgive us. Happy iftar!

Ada alasan di balik rasa lapar dan dahaga ini. Yaitu Allah ingin mencintai kita, Allah ingin memberikan ampunan pada kita. Selamat berbuka puasa!

Happy iftar #7

Fasting tests our patience, and iftar provides us with immense blessings. Happy Iftar!

Ibadah puasa menguji kesabaran kita, dan buka puasa memberi kita berkah yang luar biasa. Selamat berbuka puasa!

Happy iftar #8

Stomach too tight? keep your iftar light. Happy Iftar!

Perut terlalu kencang? jaga agar buka puasamu tetap ringan. Selamat berbuka puasa!

Happy iftar #9

May today’s fasting bring you the best your heart desires. Have a happy iftar with your family.

Semoga puasa hari ini memberikan yang terbaik yang diinginkan hatimu. Selamat berbuka puasa bersama keluarga.

Happy iftar #10

Alhamdulillah for the sound of adhaan at the time of iftar. Happy iftar!

Alhamdulillah suara adzan penanda waktu buka puasa telah berkumandang. Selamat berbuka puasa!

Kata Mutiara Islami Tentang Ngabuburit

kata mutiara islami tentang ngabuburit

Di tengah masyarakat kita, ada tradisi menarik selama bulan Ramadhan, yaitu ngabuburit menjelang buka puasa. Kata mutiara islami tentang ngabuburit ini bisa kamu gunakan sebagai caption ataupun status untuk menemani waktu ngabuburitmu.

Pengen merit

Ngeliat kamu bawaannya pengen ngabuburit (ngajak buru-buru merit).

Kayak adzan

Kamu itu seperti adzan maghrib, yang selalu kutunggu-tunggu. Selamat ngabuburit.

Ngajakin merit

Daripada kamu ngajakin aku ngabuburit, lebih baik kamu ngajakin aku merit.

Kata Mutiara Islami Tentang Lailatul Qadar

kata mutiara islami tentang lailatul qadar

Berikut ini kami sajikan beberapa kata mutiara islami tentang lailatul qadar yang memuat nasehat agar kita menyambut malam lailatul qadar dengan benar serta memahami hikmah yang terkandung di dalamnya.

Bagaimana Menyambut Malam Lailatul Qadar?

“Tugas pada malam lailatul qodar adalah sholat malam dan yang terkait dengannya seperti baca Quran, dzikir dan doa. Barangsiapa menghidupkan malam lailatul qodar dilandasi keimanan dan berharap pahala maka terampunilah dosa dosanya yang telah lalu. Oleh karena itu janganlah disibukkan dengan selain itu.” – Dr. Ahmad Al Qadhi

Hikmah Malam Lailatul Qadar

Di antara barokahnya malam Lailatul Qodar, bahwa amalan pada malam itu lebih utama daripada amalan 1000 bulan (83 tahun, 4 bulan). Pada waktu itu diturunkan al-Quran, turun pula malaikat yang sangat banyak membawa rahmat dan kebaikan.

Barang siapa yang shalat pada malam itu karena keimanan kepada Allah, dan keimanan kepada apa yang Allah siapkan bagi mereka, karena mencari balasan pahala dari Allah. Maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Pada malam itu juga amat diharapkan terkabulnya doa “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”. – Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid

Pencari Akhirat & Pencari Dunia Di Malam Lailatul Qadar

pencari akhirat vs pencari dunia

“Pada waktu di mana orang-orang shalih berlomba-lomba untuk shalat mencari malam lailatul qadar, kita dapatkan para pengikut dunia sedang dalam puncak aktivitas mereka. Para pedagang sibuk dengan jual-beli nya, yang wanita sibuk dengan bersolek dan belanja, yang laki-laki sibuk dengan urusannya.” – Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid

Tanda-tanda Lailatul Qadar

tanda tanda lailatul qadar

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” – (HR. Ath-Thayalisi dan Al-Baihaqi, Shahihul Jami’ no. 5475)

Meraih keutamaan Lailatul Qadar

meraih keutamaan lailatul qadar

Keutamaan Lailatul Qadar akan didapatkan oleh setiap mereka yang ikhlas dan benar dalam beribadah di malam tersebut. Karena malam itu berpindah-pindah, maka semangatlah untuk seluruh malam di 10 akhir Ramadhan kita.

Kata Mutiara Islami di Penghujung Ramadhan

kata mutiara islami di penghujung ramadhan

Kata mutiara islami di penghujung ramadhan ini memuat kata kata perpisahan dengan bulan Ramadhan serta nasehat-nasehat berharga yang memotivasi kita untuk menjadi pribadi yang semakin meningkat keimanan dan ketaatannya usia Ramadhan.

Istiqamahlah Setelahnya

“Wahai mereka yang telah terbiasa pergi ke masjid dan memakmurkan rumah Allah di bulan Ramadhan dengan berdzikir dan shalat. Tetaplah di atas jalanmu itu, Istiqamahlah dan jagalah kebersamaan dan shalat jamaah.” – Dr. Abdul Aziz al Fauzan

Ketika Kita Meninggalkannya

ketika kita meninggalkan ramadhan

“Masalahnya bukan ketika Ramadhan meninggalkanmu, masalahnya adalah ketika engkau yang meninggalkan Ramadhan. Ramadhan kalau pergi, dia akan kembali lagi. Tapi, kalau engkau yang pergi, kau tak akan kembali. Maka tambahlah perbekalanmu!.” – Prof. Dr Riyadh al Musaimiry

Jangan Menukar Taat Dengan Maksiat!

menukar taat dengan maksiat

فأما مقابلة نعمة التوفيق لصيام شهر رمضان بارتكاب المعاصي بعده، فهو من فعل من بدل نعمة الله كفراً

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah berkata, “Menukar nikmat taufiq semisal puasa di bulan Ramadhan dengan melakukan maksiat setelahnya, maka itu termasuk perbuatan mengganti nikmat Allah dengan kekufuran!” – (Latha’iful Ma’arif, hal. 244)

Tetaplah Berdoa Kepada-Nya

Siapa yang memperhatikan kondisi dirinya sendiri dan kondisi orang-orang di sekitarnya pasca Ramadhan, maka dia akan berkesimpulan bahwa dia sangat butuh dengan doa yang diajarkan Nabi

أللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

(Ya Allah berilah aku pertolongan untuk berdzikir mengingatMu, bersyukur kepadaMu dan beribadah dengan baik kepadaMu)

Sebab, kemampuan untuk beribadah hanyalah berasal dari taufik yang Allah berikan.

(Prof. Dr. Saleh Sindi)

Ciri-Ciri Ibadah Ramadhan Seseorang Diterima

ciri ibadah ramadhan diterima

Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata,

ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺗﻘﺒﻞ ﻋﻤﻞ ﻋﺒﺪ ﻭﻓﻘﻪ ﻟﻌﻤﻞ ﺻﺎﻟﺢ ﺑﻌﺪﻩﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ: ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ ﺑﻌﺪﻫﺎ

“Sesungguhnya Allah apabila menerima amalan seorang hamba, maka Allah akan memberikan kemampuan kepadanya untuk melakukan amal shalih lagi setelahnya. Sebagaimana ucapan sebagian salaf, ‘Ganjaran kebaikan adalah kebaikan lagi setelahnya.” – (Latha’iful Ma’arif, hal. 244)

27 Ramadhan

هِىَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِى صَبِيحَةِ يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لاَ شُعَاعَ لَهَا

“Itulah malam yang cerah yaitu malam kedua puluh tujuh (bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” – (HR. Muslim)

Semangat Ramadhan

Let the spirit of Ramadan remain in your hearts and light up your souls from within. Ramadan Kareem.

Biarkan semangat Ramadhan tetap tinggal di hatimu dan menerangi jiwamu dari dalam. Ramadhan bulan yang mulia.

Berjanji

Promise yourself that once Ramadan is over, you won’t go back to old habits. Try to sustain where you left off and be determined to carry on. – Mufti Ismail Menk

Berjanjilah pada diri sendiri bahwa setelah Ramadan selesai, kamu tidak akan kembali ke kebiasaan lama. Cobalah untuk mempertahankan di mana kamu telah berhenti (dari kebiasaan lama) dan bertekad untuk melanjutkan. – Mufti Ismail Menk

Orang miskin

orang miskin di bulan ramadhan

Poor is he who leaves ramadan the way he was before.

Orang miskin adalah dia yang meninggalkan ramadhan masih sama seperti sebelumnya.

Pasca ramadhan

keadaan setelah ramadhan

If you are going back to sinful life after Ramadhan, then you gained nothing but hunger.

Jika setelah bulan Ramadhan kamu kembali menjalani kehidupan yang penuh dosa, maka sesungguhnya kamu tidak mendapatkan apapun dari puasamu kecuali hanya rasa lapar.

Bukan akhir

kata mutiara islam tentang puasa ramadhan

For a true muslim ,end of Ramadan is not the end, but start of a new journey leading towards the jannah.

Bagi seorang muslim sejati, berakhirnya Ramadhan bukanlah akhir, tetapi awal dari perjalanan baru menuju surga.

Fenomena akhir ramadhan

Ramadhan semakin berlalu, akan tetapi masjid semakin kelabu, pusat perbelanjaan dan restoran semakin laku.

Belum tentu berjumpa lagi

Meski sekarang zaman sedang edan, namun ibadah di bulan ramadhan harus tetap habis-habisan, karena tahun depan belum tentu merasakan.

Ramadhan segera pergi

Kulihat ramadhan sedang berkemas. Aku tanya ia, “Hendak kemana engkau?”. Dengan lembut ia menjawab, “Aku akan pergi jauh, sangat jauh. Selama sebelas bulan ke depan aku akan menghilang darimu. Sampaikan pesanku pada semua. Terimakasih karena telah menyambut kehadiranku dengan gembira serta menghiasi hari-hariku dengan sabar dan istiqamah. Jika engkau merindukanku, maka perbanyaklah doa semoga kita bertemu lagi pada ramadhan yang akan datang.”

Itulah beberapa koleksi kata mutiara islami tentang puasa dan Ramadhan yang semoga bisa menjadi motivasi diri dalam menjalankan ibadah puasa dan semakin bersemangat untuk meraih kebaikan selama bulan ramadhan.

3 Comments

    1. Fathurrohim says:

      iya silahkan.. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button