60+ Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis Nabi (Bag. 1)

Kata mutiara islam penyejuk hati dari hadis – Hadis adalah salah satu dari dua sumber pokok dalam ajaran islam selain Alquran. Hadis merupakan perwujudan dari seluruh perkataan dan perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam berbagai hal, mulai dari masalah keyakinan atau akidah, moral atau akhlak, tata cara beribadah, hingga urusan muamalah duniawi tentang bagaimana berinteraksi sosial dengan sesama.

Alquran dan hadis adalah dua pusaka peninggalan Rasulullah kepada umatnya. Rasulullah sendiri telah menjamin bahwa siapa saja yang menjalani hidup dengan berpegang teguh kepada alquran dan hadis, maka ia tidak akan tersesat selama-lamanya. Maka penting bagi kita untuk mempelajari hadis, menggali petunjuk tentang bagaimana Rasulullah mengamalkan islam.

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis Rasulullah

Membaca hadis-hadis Nabi bukan hanya membuat kita tahu bagaimana mengamalkan ajaran islam sesuai petunjuk Rasulullah, tapi juga begitu menyejukkan hati menyimak kalimat-kalimat indah Rasulullah dalam bertutur kata. Berikut ini beberapa kata mutiara islam penyejuk hati yang diambil dari hadis-hadis Nabi. Cara Rasulullah memberi peringatan, menyampaikan nasehat, serta memotivasi umatnya sangatlah indah.

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Ayo Move on

Dunia dan segala isinya adalah terkutuk kecuali dzikir dan taat kepada Allah SWT, serta orang berilmu dan orang yang belajar. (HR Tirmidzi)

Tidaklah termsuk golongan kami, orang yang memukul-mukul pipinya dan mencabik-cabik bajunya ketika (tertimpa musibah), serta berseru dengan seruan jahiliyah. (HR Bukhari dan Muslim)

Barangsiapa datang kepada tukang ramal kemudian menanyakan sesuatu dan dia mempercayainya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari. (HR Muslim)

Barangsiapa membaca alquran dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?. (HR Abu Daud)

Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu. (HR Muslim)

Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya. (HR Bukhari dan Muslim)

Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan. (HR Tirmidzi)

Pupuslah keputusasaan karena apa yang ada pada diri orang lain. (HR Ibnu Majah)

Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan. (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Menebar Pesan Kedamaian Serta Mengingat Mati

Usaplah kepala anak yatim dan beri makan orang miskin. (HR Ahmad dan Baihaqi)

Celaka bagi orang yang membaca (ayat-ayat Allah) tetapi tidak memikirkannya. (HR Bukhari)

Tidak halal bagi seorang muslim tidak bertegur sapa dengan saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari. Yakni mereka bertemu saling membuang muka. Di antara mereka yang paling baik adalah yang lebih dahulu memberi salam. (HR Bukhari)

Seorang muslim adalah apabila seorang muslim lainnya selamat dari gangguan mulut dan tangannya. Dan seorang mukmin adalah apabila manusia merasa terpelihara darah dan harta kekayaan mereka dari kejelekannya. (HR Nasa’i)

Seorang bertanya, “Siapakah di antara orang-orang mukmin yang paling utama?” Nabi menjawab, “Yang paling mulia akhlaknya” orang itu bertanya lagi, “Lalu siapakah yang paling cerdas?” Nabi menjawab, “Yang paling banyak mengingat mati, dan yang paling banyak persiapannya untuk menghadapi kematian.” (HR Ibnu Abi Dunya, Ibnu Majah, dan Baihaqi)

Ya Allah, mudahkanlah bagiku sakaratul maut. Tiada Tuhan selain Allah. Sesungguhnya keadaan sekarat pasti menyertai maut. (HR Bukhari)

Tidaklah seorang muslim menanam tanaman kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia, ataupun hewa, kecuali baginya dengan tanaman itu adalah sedekah. (HR Bukhari dan Muslim)

Jauhilah tiga macam perbuatan yang dilakat; buang air besar di sumber air, di tengah jalan, dan di bawah pohon yang teduh. (HR Abu Daud)

Tiap-tiap manfaat yang diberikan kepada hewan hidup, Tuhan memberikan pahala. (HR Bukhari dan Muslim)

Barangsiapa menanam pepohonan dan menjaganya dengan sabar, serta merawatnya hingga berbuah, maka segala sesuatu yang menimpa buahnya menjadi sedekah di sisi Allah. (HR Ahmad)

Allah melaknat siapa saja yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran. (HR Abu Daud)

Barang siapa yang mempunyai kebun bersama tetangga atau bermitra, maka tidak boleh menjualnya hingga bermusyawarah dengannya. (HR Muttafaq Alaih)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Kita Hanya Hidup Sementara di Dunia Ini

Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan akhirat melainkan hanya seperti salah satu dari kalian mencelupkan tangannya ke dalam lautan, maka silahkan dilihat apa yang dibawa oleh jarinya. (HR. Muslim)

Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok. (HR. Ibnu Asakir)

Ya Allah, janganlah engkau jadikan dunia menjadi perhatian utama kami serta batas pengetahuan kami. (HR. Tirmidzi)

Jadilah di dunia ini bagai orang asing (yang sedang dalam perjalanan). (HR. Bukhari)

Sesungguhnya dunia adalah lahan yang hijau dan manis. Dan Allah menjadikan kalian pengelola di dalamnya. Maka Allah akan melihat apa yang akan kalian kerjakan. Ketahuilah, takutlah kalian terhadap (tipu daya) dunia dan takutlah kalian terhadap (tipu daya) wanita. (HR. Ibnu Majah)

Kata Allah dalam sebuah hadis qudsi, “Aku tergantung kepada sangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku bersamanya apabila dia mengingat-Ku. Jika dia mengingat-Ku di dalam hatinya, maka Aku mengingat dia di dalam hati-Ku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kata Allah dalam sebuah hadis qudsi, “Wahai anak adam, sesungguhnya selama kamu berdoa dan berharap kepada-Ku, maka Aku akan mengampuni dosa yang telah kamu kerjakan dan Aku tidak memedulikannya. Wahai anak adam, seandainya dosa-dosamu mencapai awan di langit kemudian kamu memohon ampunan kepada-Ku, maka Aku akan memberi ampunan kepadamu dan Aku tidak peduli akan hal itu.” (HR. Anas bin Malik)

Manfaatkanlah lima hal sebelum datangnya lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu. (HR. Ibnu Abi Dunya)

Orang yang cerdas adalah orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian. (HR. Tirmidzi)

Sesungguhnya dunia adalah rumah bagi orang yang tidak mempunyai rumah, dan harta bagi orang yang tidak mempunyai harta. Untuk dunia, orang yang tidak mempunyai akal mengumpulkan. Karena dunia, orang yang tidak berilmu menjadi bermusuhan. Karena dunia, orang yang tidak punya pemahaman saling mendengki. (HR. Ahmad)

Bermegah-megahan telah melalaikanmu. Anak adam berkata, “Hartaku, hartaku..” padahal kamu tidak memiliki dari hartamu kecuali apa yang telah kamu makan lalu sirna, atau apa yang telah kamu pakai lalu lapuk, atau apa yang telah kamu sedekahkan lalu kekal. (HR. Muslim)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Berjuang Memerangi Hawa Nafsu

Sungguh kamu sekalian akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga walaupun mereka masuk ke dalam sarang biawak, niscaya kamu sekalian akan mengikuti mereka. (HR. Muslim)

Seandainya anak cucu adam mempunyai harta sepuluh lembah, tentu dia masih ingin memiliki yang ketiga. Padahal yang mengisi perut anak cucu adam itu hanyalah tanah. (HR. Muslim)

Anak adam menjadi tua dan dua hal tetap menyertainya, yaitu ambisi serta angan-angan. (HR. Muslim)

Abu Darda berkata, “Aku bertanya, wahai Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku perbuatan yang akan memasukkanku ke dalam surga.” Nabi menjawab, “Janganlah kamu marah.” (HR. Ibnu Abi Dunya)

Apabila seseorang di antara kamu marah, maka hendaklah dia berwudhu dengan air, karena marah adalah bara api. (HR. Abu Daud)

Wahai para pemuda, barangsiapa yang telah memiliki kemampuan hendaknya segera menikah, hal itu akan lebih menjaga pandanganmu dan kemaluanmu. Barangsiapa yang belum mampu, hendaknya dia melakukan puasa, sesungguhnya puasa adalah benteng diri. (Al-Hadits)

Aku menjamin dengan sebuah istana di bagian tepi surga bagi orang yang meninggalkan debat, meskipun dia berada di pihak yang benar. Sebuah istana di bagian tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta, meski dia sedang bercanda. Dan istana di bagian atas bagi seseorang yang memperbaiki akhlaknya. (HR. Abu Daud)

Janganlah marah, maka bagimu surga. (HR. At-Thabrani)

Barangsiapa menahan amarah padahal dia mampu melakukannya, pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk, kemudian Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia sukai. (HR. Ahmad)

Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) apa yang ada di antara dua janggutnya (mulut) dan dua kakinya (kemaluan), maka kuberikan baginya jaminan masuk surga. (HR. Bukhari)

Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. (HR. Muslim)

Aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu, aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari jauh dengan-Mu. (HR. Muslim)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Cinta Kepada Rasulullah

Demi Allah, apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang karena ajaranmu, maka itu bagimu lebih baik daripada kekayaan ternak yang merah-merah. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya syafa’atku diperuntukkan bagi umat-Ku yang sama sekali tidak berbuat syirik kepada Allah. (HR. Ahmad)

Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya itu menghapusnya, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur. (HR. Tirmidzi)

Siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala sebanyak yang didapat oleh yang mengerjakannya. (HR. Muslim)

Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu kitabullah (Al-Qur’an) dan sunnah Rasulullah SAW. (HR. Muslim)

Hai sekalian manusia, bertaubatlah kamu dan mohonlah ampunan kepada Allah. Karena sesungguhnya aku bertaubat dan memohon ampun seratus kali dalam sehari. (HR. Muslim)

Malik bin Huwairits RA, ia berkata, “Aku menemui Rasulullah SAW. Saat itu kami masih muda. Aku tinggal di tempat beliau selama dua puluh malam. Rasulullah adalah seorang pemurah dan lembut. (HR. Muslim)

Tidak ada seorang Nabi, kecuali diberikan mukjizat kenabian yang sesuai, yang diimani manusia. Sedangkan yang diberikan kepadaku adalah wahyu yang diturunkan Allah. Aku berharap, akulah yang paling banyak pengikut dibanding mereka nanti di akhirat. (HR. Muslim)

Setiap Nabi mempunyai doa yang digunakan untuk kebaikan umatnya. Sesungguhnya aku menyimpan doaku sebagai syafa’at bagi umatku pada hari kiamat. (HR. Muslim)

Anas RA berkata, “Rasulullah minta diambilkan air, lalu diberikan kepada beliau satu wadah air, kemudian mulailah orang-orang berwudhu. Aku perkirakan jumlah mereka enam puluh sampai delapan puluh orang. Kemudian aku beralih memperhatikan yang mengalir dari sela-sela jari tangan beliau.” (HR. Muslim)

Orang yang paling berat cobaannya adalah para Nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya. (HR. Tirmidzi)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Berjuang dan Berkorban

Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari bani adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. (HR. Tirmidzi)

Hijrah adalah meninggalkan hal yang buruk. (HR. Ahmad)

Semua amal anak adam dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki. (HR. Muslim)

Seorang mukmin tidak boleh dua kali jatuh dalam lubang yang sama. (HR. Abu Hurairah)

Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka dia berjuang fi sabilillah hingga dia kembali. (HR. Tirmidzi)

Semoga beberapa kata mutiara islam dari hadis di atas bisa menjadi nasehat dan motivasi bagi kita untuk semakin berbenah diri menjadi pribadi muslim yang lebih baik dengan meneladani Rasulullah. Lebih lanjut lagi simak di Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis bagian kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here