Kumpulan Ayat-Ayat Alquran Tentang Yakin Akan Kepastian Janji Allah

0
379

Ayat alquran tentang yakin kepada janji Allah – Janji Allah itu bersifat pasti, karena Allah pasti akan menepati janji-Nya. Tidak seperti janji manusia yang kadang tertunda atau bahkan batal, karena memang manusia tidak sepenuhnya mampu mengendalikan keadaan dan kehidupannya. Misalnya saja ketika seseorang berjanji akan hadir di suatu acara, namun tiba-tiba ia gagal hadir karena ada keperluan mendesak yang harus segera diselesaikan atau karena adanya halangan lain. Tapi tidak dengan janji Allah, karena tidak ada sesuatu pun yang bisa menghalangi terwujudnya janji Allah. Janji Allah pasti dipenuhi, meskipun tampak di mata manusia seolah tertunda atau belum terwujud, namun itu hanyalah karena manusia belum melihatnya dari sudut pandang yang tepat.

Ada banyak sekali janji-janji Allah yang disebutkan dalam alquran. Di antaranya janji bahwa Allah akan senantiasa memberikan jalan keluar dan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka bagi hamba-Nya yang bertakwa, janji dicukupkan segala keperluan bagi orang yang bertawakal kepada-Nya, janji ditambahkannya nikmat bagi mereka yang senantiasa bersyukur kepada Allah, dan janji-janji Allah lainnya. Keyakinan kita akan kepastian janji-janji Allah tersebut perlu terus menerus dipupuk dengan sikap tawakkal, sabar, kemantapan hati, serta keberanian.

Meyakini akan kepastian janji Allah akan berdampak positif pada cara pandang kita terhadap masa depan. Perasaan-perasaan yang bisa melemahkan iman seperti takut dan sedih akan luntur dengan sendirinya, berganti menjadi kemantapan hati dalam melangkah.

Kumpulan Dalil Ayat Alquran Tentang Yakin dan Percaya Akan Janji Allah

Allah SWT menegaskan dalam beberapa ayat alquran agar hamba-hamba-Nya tidak perlu ragu dan senantiasa yakin akan kepastian janji Allah. Berikut ini beberapa ayat alquran tentang yakin kepada janji Allah yang penting untuk diketahui sebagai bekal untuk menguatkan serta mengokohkan iman.

مَنْ كَانَ يَظُنُّ أَنْ لَنْ يَنْصُرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ فَلْيَمْدُدْ بِسَبَبٍ إِلَى السَّمَاءِ ثُمَّ لْيَقْطَعْ فَلْيَنْظُرْ هَلْ يُذْهِبَنَّ كَيْدُهُ مَا يَغِيظُ

Barangsiapa menyangka bahwa Allah tidak akan menolongnya di dunia dan di akhirat, maka hendaklah dia merentangkan tali ke langit-langit, lalu menggantung (diri), kemudian pikirkanlah apakah tipu dayanya itu mampu melenyapkan apa yang menyakitkan hatinya. – (Q.S Al-Hajj: 15)

وَلَمَّا رَأَى الْمُؤْمِنُونَ الْأَحْزَابَ قَالُوا هَذَا مَا وَعَدَنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَصَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَمَا زَادَهُمْ إِلَّا إِيمَانًا وَتَسْلِيمًا

Dan ketika orang-orang mukmin melihat golongan-golongan (yang bersekutu) itu, mereka berkata, “Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita.” Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu menambah keimanan dan keislaman mereka. – (Q.S Al-Ahzab: 22)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

Wahai manusia, sesungguhnya janji Allah itu benar, maka janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan janganlah (setan) yang pandai menipu memperdayakan kamu tentang Allah. – (Q.S Fathir: 5)

قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ

Mereka berkata, “Celakalah kami, siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?” Inilah yang dijanjikan oleh (Allah) Yang Maha Pengasih dan benarlah rasul-rasul(-Nya). – (Q.S Yasin: 52)

وَلَقَدْ سَبَقَتْ كَلِمَتُنَا لِعِبَادِنَا الْمُرْسَلِينَ * إِنَّهُمْ لَهُمُ الْمَنْصُورُونَ * وَإِنَّ جُنْدَنَا لَهُمُ الْغَالِبُونَ

Dan sungguh, janji Kami telah tetap bagi hamba-hamba Kami yang menjadi rasul, (171) Sesungguhnya mereka itu pasti akan mendapat pertolongan. (172) Dan sesungguhnya bala tentara Kami itulah yang pasti menang. (173) – (Q.S As-Shaffat: 171-173)

جُنْدٌ مَا هُنَالِكَ مَهْزُومٌ مِنَ الْأَحْزَابِ

(Mereka itu) kelompok besar bala tentara yang berada di sana yang akan dikalahkan. – (Q.S Shad: 11)

إِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ

Sesungguhnya Kami akan menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang beriman dalam kehidupan di dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat). – (Q.S Ghafir: 51)

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar. Dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. – (Q.S Ghafir: 55)

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَإِمَّا نُرِيَنَّكَ بَعْضَ الَّذِي نَعِدُهُمْ أَوْ نَتَوَفَّيَنَّكَ فَإِلَيْنَا يُرْجَعُونَ

Maka bersabarlah engkau, sesungguhnya janji Allah itu benar, meskipun Kami perlihatkan kepadamu sebagian siksa yang Kami ancamkan kepada mereka, ataupun Kami wafatkan engkau (sebelum ajal menimpa mereka). Namun kepada Kamilah mereka dikembalikan. – (Q.S Ghafir: 77)

لَقَدْ صَدَقَ اللَّهُ رَسُولَهُ الرُّؤْيَا بِالْحَقِّ لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ فَعَلِمَ مَا لَمْ تَعْلَمُوا فَجَعَلَ مِنْ دُونِ ذَلِكَ فَتْحًا قَرِيبًا

Sungguh Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya bahwa kamu pasti akan memasuki Masjidilharam, jika Allah menghendaki dalam keadaan aman, dengan menggundul dan memendekkan rambut kepala, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tidak kamu ketahui, dan selain itu Dia telah memberikan kemenangan yang dekat. – (Q.S Al-Fath: 27)

كَتَبَ اللَّهُ لَأَغْلِبَنَّ أَنَا وَرُسُلِي إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

Allah telah menetapkan, “Aku dan rasul-rasul-Ku pasti menang.” Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa. – (Q.S Al-Mujadalah: 21)

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, untuk memenangkannya di atas segala agama, meskipun orang-orang musyrik tidak suka. – (Q.S As-Shaf: 9)

وَأُخْرَى تُحِبُّونَهَا نَصْرٌ مِنَ اللَّهِ وَفَتْحٌ قَرِيبٌ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Dan (ada lagi) karunia lain yang kamu sukai, (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang mukmin. – (Q.S As-Shaf: 13)

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah sesuai kemampuannya. Dan orang yang terbatas rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang Allah berikan kepadanya. Allah tidak membebani seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan. – (Q.S At-Thalaq: 7)

Semoga beberapa ayat alquran tentang yakin kepada janji Allah di atas bisa menguatkan iman dan keislaman kita, utamanya dalam meyakini kepastian janji-janji Allah yang telah disebutkan dalam alquran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here